Cara Mengatasi Radang Tenggorokan pada Orang Dewasa, Anak dan Bayi

Post On: 25 February 2016
July 30, 2016

Apakah tenggorokan anda terasa sakit ? atau anda sedang mengalami kesulitan menelan ? bisa jadi anda sedang mengalami radang tenggorokan. Mulailah mencari beberapa pilihan cara alami mengatasi radang tenggorokan.

Radang tenggorokan merupakan kondisi peradangan yang terjadi pada pita suara. Hal ini dapat disebabkan oleh beban kerja berlebih pada pita suara anda, kondisi ini biasanya terjadi karena anda terlalu sering berteriak atau berbicara.

Cara Mengatasi Radang Tenggorokan pada Orang Dewasa

Kondisi lain yang dapat memicu terjadinya radang tenggorokan adalah karena jenis makanan anda yang terlalu pedas dan manis, karena alergi, polusi udara serta beberapa penyakit seperti batuk, pilek atau flu. Pada kondisi ini, radang tenggorokan biasanya ditimbulkan oleh bakteri streptococcus. Bakteri ini dapat menular melalui udara, jadi berhati – hatilah dengan lingkungan sekitar anda.

Tidak hanya pada orang dewasa. Radang tenggorokan juga bisa menyerang anak anda. Terdapat beberapa cara alami yang bisa anda pilih untuk mengatasi radang tenggorokan anda, diantaranya adalah dengan menggunakan:

– Teh

cara-mengatasi-radang-tenggorokan-dewasa-anak-bayi

Apabila anda mengalami radang tenggorokan, cobalah mengatasinya dengan menggunakan teh. Teh hangat dapat membantu mengatasi radang tenggorokan anda. Teh bunga chamomile dapat anda pilih karena dapat mengurangi rasa sakit pada tenggorokan anda. Selain teh bunga chamomile, teh jahe juga bisa menjadi obat alami bagi radang tenggorokan.

Jahe memiliki sifat ekspektoran yang membantu mengeluarkan lendir pada saluran pernafasan anda. Jahe mampu meningkatkan sirkulasi oksigen ke sel, membilas racun dan mempercepat proses penyembuhan anda.

– Madu dan lemon

Mencampurkan madu dan lemon ke dalam minuman anda bisa menjadi pilihan terapi lain ketika radang tenggorokan terjadi. Kedua bahan ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh termasuk mempercepat penyembuhan radang pada tenggorokan anda.

– Bawang putih

Menggunakan bawang putih sebagai pilihan terapi memang terdengar tidak lazim. Disamping karena rasanya yang aneh jika dimakan mentah, bawang putih juga dapat menimbulkan bau mulut yang tidak sedap. Akan tetapi, kandungan acilin yang terdapat pada bawang putih dapat berfungsi sebagai pembunuh bakteri penyebab radang pada tenggorokan anda. Penggunaan bawang putih ini sangat mudah, cukup dengan menggigit bawang putih dan menghisap sarinya. Lakukan secukupnya hingga radang tenggorokan anda hilang.

BACA  Cara Sederhana untuk Mengatasi Anak Autis Hiperaktif Ringan

Pilihan bahan di atas dapat anda gunakan sebagai cara mengatasi radang tenggorokan pada orang dewasa.

Lalu bagaimana bila anak anda yang mengalami radang tenggorokan ? tidak berbeda dengan yang dialami orang dewasa, radang tenggorokan yang dialami oleh balita atau bayi anda juga diakibatkan karena hal yang sama. Bakteri atau virus yang menginfeksi tenggorokan dapat menimbulkan peradangan. Beberapa gejala yang sering muncul ketika buah hati anda mengalami peradangan pada tenggorokan adalah :

– Kemerahan pada pangkal tenggorokan

– Rasa sakit ketika menelan

– Pembengkakan pada tonsil

– Demam

Cara Mengatasi Radang Tenggorokan pada Anak dan Bayi

Apabila beberapa kondisi di atas dialami oleh anak anda, segera tangani dengan penanganan yang tepat. Memberikan air hangat yang telah di campur dengan lemon atau madu bisa menjadi pilihan cara mengatasi radang tenggorokan pada anak anda. Kebiasaan memakan makanan yang terlalu manis juga dapat memicu terjadinya radang tenggorokan, karenanya tetap awasi si kecil ketika jajan.

Apabila radang tenggorokan di alami oleh bayi anda. Cobalah untuk menggosokkan minyak mustard pada leher bayi, hal ini akan memberikan kenyamanan pada bayi anda. Berikan air rebusan bawang putih hangat kepada bayi anda atau dengan parutan jahe yang dicampur dengan madu.

Beberapa cara tersebut dikenal ampuh sebagai cara mengatasi radang tenggorokan pada bayi. Apabila si kecil mengalami kenaikan suhu atau demam, ada baiknya untuk segera memeriksakan keadaan si kecil ke dokter.

Nah, sudah tau kan beberapa cara mengatasi radang tenggorokan secara mudah dan sederhana. Jangan biarkan hal ini menjadi penghalang anda untuk beraktifitas, tetaplah menjaga kesehatan dan selalu luangkan waktu anda untuk beristirahat secara cukup dan berkualitas.

Related to Cara Mengatasi Radang Tenggorokan pada Orang Dewasa, Anak dan Bayi