Cara Mengatasi Sakit Gigi dan Gusi Bengkak Bernanah

Post On: 23 February 2016
July 30, 2016

Jangan sampai gusi bengkak menghalangi aktifitas keseharian anda. Sama halnya dengan sakit gigi, rasa nyeri yang ditimbulkan akibat gusi bengkak kerap kali menjadi momok bagi sebagian orang. Gusi memang merupakan salah satu bagian tubuh paling paling rentang terhadap gangguan kesehatan.

Tidak hanya karena makanan, bahkan ketika menggososk gigi pun, kita bisa melukai gusi kita secara tidak sengaja. Rasa nyeri yang ditimbulkannya pun, aduhai rasanya. Cara mengatasi gusi bengkak ini akan sangat bermanfaat bagi anda yang kerap kali bermasalah dengan gusi anda.

Cara Mengatasi Sakit Gigi dan Gusi Bengkak Bernanah

Gusi bengkak itu sendiri dapat disebabkan oleh banyak hal, misalnya karena tumbuh gigi, gigi berlubang atau karena adanya infeksi yang sampai membuat gusi anda bengkak dan bernanah. Apabila anda sedang mengalaminya, tidak ada salahnya mencoba beberapa pilihan alternatif cara mengatasi sakit gigi dan gusi bengkak ini :

– Minyak cengkeh

Minyak cengkeh dikenal ampuh dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit di mulut. Cara penggunaannya pun mudah, cukup dengan mengoleskan minyak cengkeh pada bagian gusi yang sakit secara teratur. Bisa anda lakukan 3 kali sehari setelah makan. Lakukan hingga gusi bengkak anda benar – benar sembuh.

cara-mengatasi-gusi-bengkak-bernanah-gigi-berlubang

– Lemon dan air hangat

Peras air lemon secukupnya lalu campurkan dengan setengah gelas air putih hangat. Gunakan untuk berkumur. Lakukan cara ini 2 kali sehari hingga masalah gusi bengkak anda teratasi.

– Air garam hangat

Campuran air hangat dan garam juga bisa menjadi alternatif dalam cara mengatasi gusi yang bengkak. Gunakan air garam ini untuk berkumur, lakukan 2 kali sehari hingga gusi bengkak anda sembuh.

– Baking soda

Berkumur dengan menggunakan campuran air dan baking soda juga dapat dilakukan. Campuran ini efektif digunakan sebagai obat kumur alami.

– Bayam duri

Bayam duri juga bisa anda gunakan sebagai obat bagi gusi anda yang bengkak. Caranya adalah dengan membakar daun bayam duri dengan genteng lalu ditumbuk hingga halus. Olehkan ramuan ini pada bagian gusi anda yang bengkak.

BACA  Penyebab Bau Badan pada Pria Wanita dan Cara Mengatasinya

– Kantong teh celup

Bagi anda yang mengalami gusi bengkak dan bernanah,kantong teh celup dapat anda gunakan sebagai cara mengatasi gusi bengkak bernanah anda. Cukup dengan menempelkan kantong teh celup di bagian gusi anda yang bernanah. Menurut penelitian, cara ini dapat mengurangi tingkat infeksi pada gusi bengkak anda.

Cara Mengatasi Gusi Bengkak Akibat Gigi Berlubang

Keenam cara tadi dapat anda pilih untuk mengatasi sakit pada gusi anda. Dapat juga menjadi cara mengatasi gusi bengkak akibat gigi berlubang anda. Masalah gigi berlubang sangat sering dialami oleh banyak orang dewasa atau anak – anak. Nah, untuk mencegahnya, bisa dilakukan beberapa tips ini :

– Rajinlah menggosok gigi terutama setelah makan dan menjelang tidur. Hal ini sudah sangat sering di anjurkan, namun beberapa orang kerap kali tidak menggosok giginya saat menjelang tidur.

– Periksalah secara rutin, keadaan gigi anda ke dokter gigi setidaknya enam bulan sekali

– Perbanyak mengonsumsi buah dan makanan yang mengandung vitamin C untuk mencegah kebangkakan pada gusi anda.

– Perbanyak minum air putih, karena air putih juga berfungsi membersihkan gigi anda. Gigi yang bersih tentu saja akan mengurangi resiko anda mengalami gusi bengkak.

Itu tadi beberapa tips cara mengatasi gusi bengkak yang dapat anda pilih ketika anda mengalaminya. Beberapa orang mengatasi rasa sakit pada gusi bengkak dengan menggunakan obat penghilang nyeri. Cara ini dapat dilakukan meski efeknya hanya akan menghilangkan rasa nyeri anda untuk sementara. Gunakan antibiotika sebagai anti bakteri apabila diperlukan, namun tetaplah untuk selalu mengonsultasikan penggunaan obat anda dengan dokter.

Sharing is caring!

Related to Cara Mengatasi Sakit Gigi dan Gusi Bengkak Bernanah