Cara Mengatasi Sakit Mata Merah Anak, Balita dan Bayi

Post On: 5 April 2016
July 30, 2016

Mata anda terasa sakit dan merah ? bisa jadi mata anda sedang mengalami iritasi atau gangguan lain. Problem ini memang sangat sering dialami oleh kabanyakan orang, tetapi jangan anggap sepele kondisi ini, karena menjaga mata anda tetap sehat adalah hal penting yang wajib untuk dilakukan semua orang. Beberapa obat menawarkan cara mengatasi sakit mata merah dalam bentuk obat tetes mata atau obat pencuci mata.

Menggunakan pengobatan sejenis itu bisa menjadi pilihan yang tepat tetapi selalu perhatikan penggunaannya karena walau bagaimanapun mata juga merupakan salah satu organ sensitif yang rentan akan gangguan dari luar. Sakit yang dialami pada mata dapat terjadi karena beberapa hal berikut :

Cara Mengatasi Sakit Mata Anak , Balita dan Bayi

1. Bintitan atau hordeolum

Merupakan kondisi dimana kelopak mata bagian atas atau bawah mengalami pembengkakan yang terasa keras dan sakit. Kondisi ini sebenarnya terjadi akibat debu atau bakteri yang menginfeksi mata.

2. Belekan

Mata yang merah dan gatal kerap akan mengeluarkan cairan kental atau sering disebut belek. Kondisi ini sebenarnya merupakan infeksi yang diakibatkan oleh karena bakteri.

3. Alergi

Beberapa alergen bisa mengiritasi mata anda yang sensitif, seperti debu benda lain yang kerap masuk ke mata anda dan mengakibatkannya menjadi merah serta gatal.

cara-mengatasi-sakit-mata-merah-anak-bayi-balita

Tidak hanya pada orang dewasa, kondisi ini juga kerap dialami oleh anak anda. Cara mengatasi sakit mata pada anak haruslah tepat dan aman mengingat mata si kecil masih sangat sensitif. Jika anda memilih untuk menggunakan produk tetes mata, pastikan untuk terlebih dahulu mengonsultasikannya dengan dokter. Biasanya dokter akan meresepkan obat tetes mata yang mengandung antibiotik seperti chloramphenicol dan asam fusidat.

Obat ini biasanya juga bisa diperoleh dalam bentuk salep. Tetapi apapun bentuk sediaan obatnya, pastikan obat tersebut aman bagi anak anda. Penggunaan obat – obat mata mengandung antibiotik biasanya akan menimbulkan rasa perih ringan pada mata sehingga untuk mengaplikasikannya juga harus sangat berhati – hati.

Apabila sakit mata menyerang balita anda, anda bisa memilih cara mengatasi sakit mata pada balita yang menggunakan bahan – bahan alami, seperti :

BACA  Perawatan Khusus Untuk Anak Autisme

– Irisan mentimun dan kentang

Pilihan bahan tersebut bisa anda gunakan untuk mengobati sakit mata pada balita anda. Caranya adalah dengan menempelkan irisan mentimun atau kentang tersebut pada mata balita anda selama beberapa saat. Kandungn anti bakteri serta rasa dingin yang ditimbulkan mampu memulihkan sakit mata sekaligus memberikan sensasi sejuk yang juga akan merilekskan mata.

– Air mawar

Menggunakan campuran air dan mawar yang diperas bisa menjadi pilihan cara alami lain. Campurkan mawar dan sedikit air lalu gunakan airnya untuk membersihkan mata anak anda. Lakukan secara rutin setidaknya 3 kali sehari dan pastikan untuk melakukannya dengan hati – hati

– Air sirih

Selain air mawar, air sirih juga bisa anda gunakan untuk membersihkan mata balita anda yang sakit. Rebuslah terlebih dahulu beberapa helai daun sirih dalam air bersih lalu diamkan sejenak hingga menjadi hangat atau dingin dan gunakan untuk membersihkan mata yang teriritasi atau sakit.

Jika sakit mata mengganggu bayi anda, tentunya diperlukan perawatan yang sangat berhati – hati. Cara mengatasi sakit mata pada bayi dapat dilakukan dengan membersihkan mata menggunakan air dan kain yang sangat lembut. Jangan menggunakan air hangat karena mata bayi yang masih sangat sensitif bisa teriritasi karenanya.

Namun jika cara ini tidak berhasil dan mata bayi anda masih terus mengeluarkan air mata, lakukan pengompresan dengan menggunakan air hangat dan kapas. Kedua cara ini bisa menjadi cara yang tepat dan pastikan untuk tidak menggunakan obat pembersih mata apapun tanpa terlebih dahulu mengonsultasikannya dengan dokter.

Pilihan cara mengatasi sakit mata di atas bisa menjadi pilihan cara anda mengatasi problem sakit mata yang kerap menganggu anda atau anak anda. Selalu perhatikan kebersihan di lingkungan rumah dan lingkungan bermain anak anda sehingga tidak akan membiarkan berbagai agen infeksi menyerang kesehatan mata anak anda.

Sharing is caring!

Related to Cara Mengatasi Sakit Mata Merah Anak, Balita dan Bayi