Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan Secara Alami dengan Cepat

Post On: 25 February 2016
July 30, 2016

Sakit tenggorokan. Sangat umum anda alami bukan? Sakit tenggorokan merupakan salah satu gejala penyakit yang sering dialami oleh kebanyakan orang. Cara mengatasi tenggorokan yang sakit pun dapat dilakukan dengan banyak cara, bahkan tanpa menggunakan obat sekalipun.

Sakit pada tenggorokan anda dapat disebabkan oleh banyak hal, kebanyakan karena infeksi dari kuman atau karena alergi. Sakit tenggorokan biasanya terjadi bersamaan dengan gejala penyakit lain seperti batuk, pilek dan demam.

Cara Alami Mengatasi Sakit Tenggorokan

Seperti yang sudah dilakukan oleh kebanyakan orang, sakit tenggorokan dapat diatasi dengan beberapa pilihan cara alami mengatasi sakit tenggorokan, sebagai berikut :

– Air garam

Penggunaan air garam sebagai obat kumur alami sudah sangat umum digunakan. Pada kenyataannya, larutan air garam ini memang dapat membantu meredakan nyeri pada tenggorokan karena dapat menetralkan asam di tenggorokan serta membantu proses penyembuhan saluran tenggorokan anda.

Pembuatan larutan inipun sangat mudah dilakukan, cukup dengan melarutkan ¼ sendok teh garam dalam air hangat. Namun perlu diingat bahwa larutan ini digunakan sebagai obat kumur, jadi sangat sampai tertelan ya..

– Air lemon

Air lemon dikenal dapat mengatasi peradangan yang terjadi pada tenggorokan anda. Kandungan astringen dalam buah lemon dapat menjadi obat alami bagi sakit tenggorokan, jadi cobalah untuk mencampurkan 1 sendok teh perasan lemon ke dalam minuman anda.

cara-alami-mengatasi-sakit-tenggorokan-dg-cepat

– Madu

Khasiat madu sebagai obat alami telah banyak dibuktikan. Dipercaya bahwa madu mengandung sifat antibakteri sehingga sangat efektif digunakan sebagai pilihan obat alami ketika anda mengalami sakit tenggorokan. Campurkan 1 sendok makan madu ke dalam segelas air matang, atau ke dalam air teh atau perasan lemon. Bukan hanya rasanya yang enak, meminum madu juga akan meningkatkan daya tahan tubuh anda.

– Air cengkeh

Selain madu, cengkeh juga sudah banyak dikenal karena khasiatnya sebagai obat alami. Ketika sakit tenggorokan melanda anda, cobalah untuk berkumur dengan menggunakan air cengkeh. Obat kumur alami ini dapat dibuat dengan mencampurkan 1 – 3 sendok teh serbuk cengkeh ke dalam air matang, lalu gunakan untuk berkumur.

BACA  Gejala Penyakit Asam Urat Tinggi dan Pengobatannya

– Perbanyak minum air putih

Ingatlah untuk selalu menjaga asupan air putih yang anda minum setiap hari. Memastikan bahwa tubuh anda tidak mengalami kekurangan cairan juga merupakan cara mengatasi sakit tenggorokan dengan cepat. Minum air putih sesuai anjuran tidak hanya berfungsi mengobati sakit tenggorokan anda, karena air putih sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh anda serta membantu mengoptimalkan kerja organ tubuh anda.

Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan Saat Menelan

Ketika tenggorokan anda terasa sakit, kerap kali anda akan mengalami kesulitan menelan akibat rasa sakit yang ditimbulkan. Sakit ketika menelan disebut sebagai Odynophagia atau Phagadynia. Kondisi ini merefleksikan bahwa sedang ada proses peradangan yang terjadi pada tenggorokan anda. Cara mengatasi sakit tenggorokan saat menelan dapat anda lakukan dengan beberapa tips mudah dibawah ini :

– Berkumurlah dengan cairan antiseptik 2 hingga 3 kali sehari.

– Minumlah minuman yang hangat, hindari meminum air es atau minuman yang mengandung alkohol

– Hindari mengonsumsi gorengan, makanan yang pedas dan makanan yang berpengawet.

– Cobalah untuk memakan makanan yang lunak sehingga memudahkan anda untuk menelan makanan anda.

Beberapa cara mengatasi sakit tenggorokan di atas dapat anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan kondisi anda. Apabila sakit tenggorokan anda tidak kunjung membaik, periksakan kondisi kesehatan anda ke dokter karena bisa jadi gejala sakit tenggorokan yang anda alami merupakan refleksi dari gangguan sistem tubuh lain yang patut diwaspadai. Jaga pola hidup anda tetap sehat

Sharing is caring!

Related to Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan Secara Alami dengan Cepat