Cara Mengatasi Sinusitis Akut yang Kambuh secara Alami

Post On: 11 April 2016
July 30, 2016

Sinusitis atau peradangan pada dinding sinus kerap kali dialami oleh sebagian orang. Peradangan ini diakibatkan oleh infeksi virus atau bakteri dan dipicu oleh beberapa kondisi seperti polusi atau cuaca. Sinus sendiri merupakan rongga kecil berisi udara yang terletak di belakang tulang pipi dan dahi.

Saat anda mengalami sinusitis, biasanya akan muncul gejala berupa sakit kepala, demam, hidung tersumbat dan berair, nyeri pada bagian wajah dan terasa sakit bila ditekan, kehilangan kemampuan indera penciuman bahkan hingga mengalmai batuk – batuk.

Cara Mengatasi Penyakit Sinusitis secara Alami

Bila gejala – gejala tersebut kerap anda alami, saatnya anda untuk mencari alternatif cara mengatasi penyakit sinusitis supaya peradangan ini tidak mengganggu kesehatan dan keoptimalan aktivitas harian anda. Dalam keadaan normal, sinus membantu mengatur suhu dan kelembapan udara yang masuk ke paru – paru. Ketika mengalami peradangan, fungsi tersebut juga akan terganggu

Sinusitis biasanya diakibatkan karena infeksi virus dan bisa saja disertai dengan infeksi bakteri sekunder yang mengakibatkan sinus mengalami peradangan. Kebanyakan kasus sinusitis bisa dipulihkan dengan beberapa pilihan cara mengatasi sinusitis secara alami namun pada kasus – kasus yang berlanjut dan semakin parah, disarankan untuk segera memeriksakannya ke dokter spesialis THT untuk mencari tahu penyebab sinusitis yang dialami.

Cara Mengatasi Sinusitis Akut yang Kambuh

cara-mengatasi-penyakit-sinusitis-akut-kambuh-alami

Sinusitis bisa berlangsung selama kurang dari 4 minggu atau bahkan lebih dari 12 minggu. Supaya kondisi ini tidak mengganggu aktifitas anda dalam waktu lama, beberapa cara mengatasi sinusitis akut ini dapat anda lakukan sebelum sinusitis anda berkembang menjadi lebih parah

1. Minyak kayu putih

Bila anda menderita sinusitis, anda bisa mencoba meminum minyak kayu putih dengan dosis 200 mg 3 kali sehari. Minyak kayu putih ini berkhasiat melawan infeksi sinus dan bersifat sebagai antibakteria dan membersihkan lendir dari saluran pernafasan.

BACA  Beberapa Penyebab Asam Urat Tinggi Dalam Tubuh

2. Menggunakan minyak atsiri

Minyak atsiri sudah dikenal ampuh menyembuhkan berbagai gangguan saluran pernafasan termasuk sinusitis

3. Air garam

Air garam memang memiliki banyak khasiat dalam memulihkan berbagai gangguan kesehatan. Menggunakan air garam dalam terapi menyembuhkan infeksi sinus dapat dilakukan untuk mencuci hidung karena dapat mengeluarkan lendir dan bakteri dari dalam hidung. Dalam menggunakannya biasanya akan digunakan media netipot. Netipot ini berbentuk seperti ceret hanya saja memiliki ukuran yang lebih kecil.

Membersihkan lubang hidung dengan air garam menggunakan netipot ini bisa menjadi pilihan tepat cara mengatasi sinusitis yang kambuh.

Menggunakan uap air garam juga bisa menjadi pilihan mudah. Cukup dengan menghirup uap air hangat yang dicampur garam. Cara ini bisa membantu melegakan saluran pernafasan anda ketika gejala sinusitis anda kambuh.

Selain menggunakan beberapa cara alami di atas, anda bisa meminta dokter meresepkan obat – obatan yang dapat menyembuhkan sinusitis anda. Biasanya dokter akan meresepkan antibiotik atau obat lain yang dapat mengurangi gejala sinusitis. Pada beberapa kasus yang kronis atau yang sudah parah, biasanya dokter akan menyarankan untuk dilakukan operasi BSEF yang umum dilakukan sebagai terapi pembedahan terhadap sinusitis.

Pada operasi ini, dokter akan menggunakan alat endoskopi untuk melihat keadaan bagin dalm saluran pernafasan atas anda, baru setelahnya dokter akan melakukan tindakan lanjutan seperti pengangkatan jaringan dn pemompan balon kecil untuk membuka saluran drainase dari sinus. Operasi ini bertujuan untuk mengembalikan fungsi sinus yang terhambat ketika terjadi peradangan.

Terapi pembedahan ini dilkukan pada kasus sinusitis yang tidak dapat sembuh dengan menggunkan terapi bahan – bahan alami atau obat – obatan, jadi apabila sinusitis anda belum berada dalam kategori yang parah, sebaiknya menggunakan beberapa pilihan cara mengatasi sinusitis di atas.

Sharing is caring!

Related to Cara Mengatasi Sinusitis Akut yang Kambuh secara Alami