Cara Mengatasi Sulit Tidur di Malam Hari pada Ibu Hamil

Post On: 11 April 2016
July 30, 2016

Tidur membantu memulihkan keoptimalan kerja tubuh setelah beraktifitas seharian. Fungsinya yang penting bagi tubuh membuat kita harus selalu memenuhi kebutuhan tidur harian. 8 jam perhari adalah waktu tidur yang disarankan bagi orang dewasa, namun bagi beberapa orang, mendapatkan 8 jam waktu tidur tidak semudah yang dibayangkan.

Berbagai faktor menjadi pemicu terjadinya kesulitan tidur pada malam hari, akibatnya kualitas tidur menjadi menurun. Tetapi hal ini tidak perlu menyita banyak kekhawatiran karena berbagai cara mengatasi sulit tidur dimalam hari bisa anda lakukan untuk mendapatkan kualitas dan waktu tidur yang baik dan sesuai dengan anjuran. Berbagai obat tidur bisa digunakan untuk memulihkan kesulitan tidur anda, tetapi tetaplah untuk selalu mengonsultasikan penggunaan obat anda dengan dokter.

Cara Mengatasi Sulit Tidur Malam pada Ibu Hamil

Meskipun ampuh, mengonsumsinya obat tidur secara terus menerus juga tidak dianjurka kren akan mempengaruhi kesehatan. Akan lebih baik jika anda memilih menggunakan cara mengatasi sulit tidur malam secara alami dengan trik dan tips yang aman dan tidak mempengaruhi kesehatan anda, misalnya dengan mengubah pola tidur atau dengan meminum susu hangat sebelum kita tidur.

Kesulitan tidur ini bisa dialami oleh siapapun termasuk ibu hamil terutama saat hamil tua. Kesulitan tidur yang dialami oleh ibu hamil ini dipicu oleh beberapa gangguan pada malam hari seperti rasa tidak nyaman karena perut semakin besar, kram pada kaki, rasa panas pada dada, hidung tersumbat serta semakin sering buang air kecil. Semua kondisi ini tentu akan membuat ibu hamil kerap mengalami kesulitan tidur.

cara-mengatasi-sulit-tidur-malam-hari-saat-hamil

Cara mengatasi sulit tidur pada ibu hamil dapat dilakukan dengan memperhatikan beberapa hal yang beberapa terkadang tidak terpikirkan seperti berikut ini :

1. Memperhatikan posisi tidur

Posisi tidur pada ibu hamil menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Pada saat hamil terutama pada usia kehamilan tua, disarankan untuk tidur miring dengan menekuk lutut. Sementara itu rasa panas pada dada dapat diatasi dengan posisi setengah duduk dan punggung bersandar pada tumpukn bantal. Dengan menposisikan tubuh senyaman mungkin bisa membantu mengatasi kesulitan tidur ketika hamil.

BACA  Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Makanan Pedas?

2. Mempertahankan rutinitas waktu tidur

Membiasakan diri tidur pada waktu yang sama akan membantu mengatasi kesulitan tidur. Jika tidur malam anda terasa kurang, anda bisa melakukannya pada siang hari. Dengan begitu, kebutuhan tidur anda akan terpenuhi.

3. Cukupi asupan nutrisi

Memastikan nutrisi yang diperoleh tepat dan seimbang juga bisa menjadi solusi cara mengatasi sulit tidur saat hamil. Makanan yang mengandung tinggi protein dapat mencegah mimpi buruk, sementara makanan tinggi karbohidrat akan membantu tidur menjadi lebih nyenyak. Sebelum tidur, sebaiknya minum susu hangat terlebih dahulu, namun hindari minum terlalu banyak sebelum tidur karena akan membuat frekuensi buang air kecil juga meningkat.

4. Bergerak aktif

Bergerak dapat membantu mengurangi gejala kram kaki yang mungkin terjadi ketika hamil. Dengan bergerak juga akan mengurangi stress, menjaga kelebihan berat badan dan menambah energi. Lakukan olah raga yang ringan sesuai dengan kemampuan. Anda bisa mengonsultasikannya dengan dokter atau instruktur olah raga khusus untuk wanita hamil.

Beberapa hal kecil seperti mandi air hangat sebelum tidur atau mendengarkan musik yang tenang dapat membantu merilekskan tubuh dan membuat tidur menjadi lebih nyaman. Tidur menjadi rutinitas penting yang harus dipenuhi setiap harinya. Apabila kesulitan tidur menjadi problema anda, beberapa cara mengatasi sulit tidur di atas dapat menjadi solusi tepat untuk anda.

Related to Cara Mengatasi Sulit Tidur di Malam Hari pada Ibu Hamil