Cara Mengatasi Tekanan Darah Tinggi Usia Muda dan Ibu Hamil

Post On: 11 April 2016
July 30, 2016

Anda pernah mendengr tentang tekanan darah tinggi atau hipertensi? Gangguan kesehatan ini sudah sangat umum dan banyak ditemukan pada semua kalangan masyarakat. Hipertensi atau tekanan darah tinggi itu sendiri merupakan kondisi medis yang dimana tekanan darah pada arteri meningkat. Secara normal, manusia memiliki tekanan darah 120/80 mmHg menyatakan besar gaya dorong darah terhadap dinding pembuluh darah.

Ketika anda mengalami tekanan darah tinggi biasanya akan muncul gejala seperti sakit kepala, mengantuk, gelisah hingga kesulitan bernafas. Meski terdapat banyak cara mengatasi masalah tekanan darah tinggi tetapi piihan terbaik adalah menghindari kesalahan pola hidup yang bisa memicu terjadinya tekanan darah tinggi seperti merokok, kurang bergerak dan berolahraga, kelebihan berat badan, kurangnya konsumsi sayuran dan buah serta konsumsi garam berlebih.

Cara Alami Mengatasi Masalah Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi dapat dipicu oleh pola hidup yang kurang tepat, tetapi tidak hanya itu karena pada sebagian orang, tekanan darah tinggi atau hipertensi terjadi sebagai faktor genetik atau faktor keturunan. Tetapi untuk mengatasinya, ada beberapa pilihan cara mengatasi tekanan darah tinggi secara alami yang bisa anda coba ketika gangguan hipertensi menyerang anda, yaitu dengan beberapa pilihan cara berikut ini :

1. Mengkudu

cara-mengatasi-masalah-tekanan-darah-tinggi-alami

Mengkudu telah dikenal masyarakat luas sebagai obat tradisional alami yang mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan. Mengkudu mengandung banyak kandungan nutrisi seperti vitamin C, A, B, potasium, kalsium, serat dan berbagai kandungan zat gizi lain.

Untuk memanfaatkannya, cuci terlebih dahulu beberapa buah mengkudu lalu parut. Setelah diparut anda bisa mengambil sarinya dan langsung meminumnya. Penelitian awal terhadap khasiat buah mengkudu terhadap hipertensi dilakukan dengan meminum empat ons jus mengkudu selama sebulan dan terbukti dapat mengurangi resiko tekanan darah tinggi. Andapun juga perlu mencobanya.

2. Mentimun

Mentimun biasanya merupakan salah satu pantangan bagi penderita hipotensi atau tekanan darah rendah, namun bagi penderita hipertensi, mentimun bisa menjadi obat alami yang manjur. Untuk memanfaatkannya anda bisa memarut 2 buah mentimun lalu mengambil sarinya dan meminumnya secara rutin 2 hingga 3 kali sehari.

3. Seledri

Kalau biasanya tanaman ini digunakan sebagai bahan pelengkap makanan, kini seledri bisa anda gunakan untuk mengatasi hipertensi. Caranya adalah dengan memotong 16 batang seledri lalu merebusnya bersama 2 gelas air. Biarkan hingga hanya tersisa kurang lebih setengah gelas lalu minum. Jika anda mampu, anda bisa memakan seledri secara langsung, tentu akan lebih praktis.

BACA  10 Nutrisi Yang Baik Bagi Ibu Hamil

4. Belimbing

Buah manis dan segar yang satu ini bisa menjadi pilihan nikmat menurunkan hipertensi. Anda tidak perlu mengolahnya, cukup dengan memakannya secara langsung karena rasanyapun enak.

Cara Mengatasi Tekanan Darah Tinggi di Usia Muda dan Ibu Hamil

Meski juga dipengaruhi oleh usia tua, kini tekanan darah tinggi juga banyak menyerang pada usia muda karena pola hidup yang semakin tidak teratur, ditambah lagi dengan berbagai jenis makanan yang walaupun enak tetapi kurang sehat bagi tubuh. Pada usia muda yang mengalami hipertensi dapat mencoba cara mengatasi tekanan darah tinggi di usia muda dengan beberapa hal sederhana seperti mengontrol berat badan, melakukan olah raga secara teratur, melakukan olah raga teratur dan menghindari stress.

Memperbanyak konsumsi potasium juga bisa menjadi pilihan cara mengatasi hipertensi. Potasium sendiri bisa didapatkan dari berbagai jenis bahan makanan seperti kacang polong, bayam, pisang, pepaya dan kurma. Sebaiknya mulai dengan mengubah jenis makanan, sebisa mungkin hindarilah berbagai jenis junk food karena kurang sehat bagi tubuh.

Tekanan darah tinggi bisa dialami oleh siapa saja termasuk ibu hamil. Pada ibu hamil tekanan darah tinggi terjadi sebagai tanda awal dri pre-eklampsia yang muncul setelah melewati pertengahan masa kehamilan. Cara mengatasi tekanan darah tinggi pada ibu hamil bisa dilakukan dengan mengatur pola makan sehat yang tinggi omega-3, kalsium dan magnesium, menghindari stress dan melakukan olah raga ringan secara teratur.

Bagi para ibu hamil sebaiknya selalu menjaga berat badan sehingga akan mengurangi resiko obesitas terutama setelah melahirkan. Pada saat hamil, beberapa jenis makanan seperti semangka, mentimun dan bayam sangat disarankan untuk menurunkan resiko tekanan darah tinggi. Cara mengatasi tekanan darah tinggi di atas dapat menjadi pilihn alami mengatasi gangguan kesehatan ini. Pastikan anda selalu menjaga kesehatan untuk meningkatkan kualitas hidup anda.

Related to Cara Mengatasi Tekanan Darah Tinggi Usia Muda dan Ibu Hamil