Cara Mengatasi Terlambat Datang Bulan / Haid / Menstruasi

Post On: 23 February 2016
February 23, 2016

Siklus haid yang tidak lancar menjadi masalah bagi kebanyakan perempuan. Secara normal, rata – rata siklus haid terjadi setiap 28 hingga 30 hari dengan kisaran jarak antara 21 hingga 35 hari. Haid atau datang bulan yang terlambat tidak selalu menjadi indikasi kehamilan anda.

Ketidakteraturan siklus menstruasi dapat mengindikasikan adanya gangguan pada sistem tubuh anda baik secara fisiologis atau psikologis. Deteksi dini akan gangguan sistem reproduksi sangat dianjurkan untuk dilakukan sehingga dapat dipilih cara mengatasi terlambat datang bulan yang sesuai dengan penyebabnya.

Cara Mengatasi Terlambat Haid Menstruasi

Apa saja sih penyebab keterlambatan siklus menstruasi anda? Siklus menstruasi normal akan terjadi pada setiap bulannya. Apabila normal, berarti tidak ada masalah, namun apabila sebaliknya, ada beberapa hal yang perlu anda waspadai. Berikut adalah beberapa faktor yang mengakibatkan siklus menstruasi anda tidak normal dan teratur :

– Masalah psikis

Hal pertama yang mungkin bisa diperhitungkan sebagai penyebab keterlambatan siklus menstruasi anda adalah karena masalah psikis. Stress yang di alami ketika anda beraktivitas dapat mengakibatkan ketidakseimbangan hormonal anda sehingga mengganggu siklus menstruasi anda. Ada banyak hal yang dapat memicu terjadinya stress, seperti tekanan kerja, lingkungan, atau karena faktor kelelahan.

Ada baiknya apabila anda meluangkan waktu anda untuk menghindari beban pikiran yang mengganggu anda setiap hari. Atur waktu istirahat anda, sesuai dengan beban aktifitas harian anda. Hal ini bisa menjadi cara mengatasi terlambat menstruasi anda.

cara-mengatasi-telat-datang-bulan-haid-menstruasi

– Berat badan

Berat badan anda yang tidak ideal, bisa jadi merupakan penyebab keterlambatan siklus menstruasi anda. Fungsi sistem tubuh yang tidak optimal juga akan mempengaruhi sistem kerja organ reproduksi anda. Aturlah pola makan dan pola hidup anda. Perbanyak makan – makanan yang mengandung vitamin E karena berfungsi baik bagi sistem reproduksi anda. Lakukan olah raga yang cukup dan pastikan menjaga berat badan anda tetap ideal agar program cara mengatasi telat haid berjalan dengan benar .

BACA  Pantangan Bagi Penderita Penyakit Batu Ginjal

– Usia

Pada awal usia remaja, tubuh sedang menyesuaikan hormon reproduksi sehingga kerap menyebabkan keterlambatan haid. Juga pada usia awal memasuki fase menopause, tubuh akan kembali mengalami tahap penyesuaian. Hal ini juga patut dipertimbangkan sebagai penyebab keterlambatan siklus haid anda.

Baca Juga :

Penyebab Bau Badan pada Wanita dan Cara Mengatasinya

Penyebab Sakit Batu Ginjal pada Wanita

– Penyakit

Keterlambatan haid juga dapat mengindikasikan adanya gangguan pada organ reproduksi anda. Ketidak seimbangan hormon yang berlangsung lama akan dapat memicu terjadinya cyctic pada organ reproduksi anda. Apabila siklus anda mengalami gangguan dalam waktu yang lama, tidak ada salahnya untuk memeriksakan kondisi organ reproduksi anda ke dokter.

Cara Mengatasi Telat Datang Bulan

Cara mengatasi telat menstruasi dapat anda lakukan dengan mengubah pola hidup anda. Dapat dibarengi dengan beberapa ramuan solusi cara mengatasi telah haid berikut ini.

Cara pertama adalah dengan menggunakan daun iler. Selain sebagai tanaman hias, daun iler juga bisa anda manfaatkan ketika anda mengalami terlambat haid. Caranya adalah dengan merebus enam lembar daun iler dalam dua gelas air. Tunggu hingga mendidih, lalu dinginkan. Saring air rebusan tadi lalu minum.

Cara kedua dalam cara mengatasi terlambat datang bulan adalah dengan menggunakan daun alpukat. Caranya sama, yaitu dengan merebusnya lalu meminumnya.

Pola hidup yang sehat serta olah raga yang cukup kan sangat membantu memulihkan ketidakseimbangan hormonal anda sehingga menjadi pilihan tepat dan sehat cara mengatasi terlambat haid anda. Pastikan anda selalu memiliki waktu istirahat yang cukup karena tubuh anda juga memiliki batasan kemampuan kerja.

Cara – cara sederhana tersebut dapat anda pilih sebagai cara mengatasi telat datang bulan yang mudah. Jaga dan kenali tubuh anda sebaik mungkin dan mulailah pola hidup yang sehat mulai dari sekarang.

Related to Cara Mengatasi Terlambat Datang Bulan / Haid / Menstruasi