Cara Mengatasi Varises Ringan di Betis Kaki secara Alami

Post On: 6 April 2016
July 30, 2016

Varises kerap dilami oleh wanita, selain mengganggu penampilan kondisi ini juga dapat mengganggu kesehatan sehingga orang – orang terutama para wanita yang mnegalaminya mencoba mencari berbagai cara mengatasi varises di kaki. Varises sebenarnya merupakan kondisi melemah atau rusaknya katup pada vena sehingga pembuluh darah menjadi renggang. Hal ini dipicu oleh berbagai kondisi seperti umur, kehamilan, genetika, kebiasaan berdiri terlalu lama, obesitas atau masalah kesehatan lainnya.

Wanita memang memiliki potensi lebih besar untuk mengalami varises. Sebagian besar kasus varises terjadi pada kaki tetapi pada beberapa wanita kondisi ini bisa terjadi pada pembuluh darah di sekitar panggul, area kewanitaan, anus, rahim atau kerongkongan. Secara langsung, varises bisa dilihat dengan membengkaknya pembuluh darah dan venan akan tampak berwarna biru hingga ungu tua dan menyerupai kawat berpilin.

Cara Mengatasi Varises Ringan di Betis dan Kaki Secara Alami

Pada kondisi lanjut, varises bisa memicu terjadinya komplkasi seperti thrombophlebitis atau peradangan pada vena, ulkus vena dan pendarahan. Pada varises dalam kasus yang berat, biasanya dokter akan menyarankan penanganan dengan injeksi skleroterapi, radiofrekuensi, laser atau bedah phlebotomy.

Pada kasus – kasus yang masih ringan, cara mengatasi varises ringan dapat dilakukan dengan beberapa cara sederhana berikut ini :

1. Mengurangi waktu duduk dan berdiri

cara-mengatasi-varises-ringan-betis-kaki-alami

Pada penderita varises, duduk dan berdiri terlalu lama dapat memicu timbulnya varises baru, sehingga akan lebih baik jika mengatur waktu duduk dan berdiri, misalnya ketika anda harus duduk dalam waktu lama, anda bisa menyelinginya dengan berdiri sesekali atau sebaliknya.

2. Hindari penggunaan sepatu berhak tinggi

Heels atau sepatu berhak tinggi memang akan membuat wanita tampak anggun, namun bagi anda penderita varises sebaiknya menghindari hal ini. Gunakan alas kaki dengan hak yang rendah sehingga kaki akan lebih rileks dan pembuluh vena tidak mengalami penekanan.

BACA  Penyebab Batuk Berdahak Berdarah Berkepanjangan

3. Lakukan latihan ringan

Melakukan latihan ringan pada kaki juga menjadi cara mengatasi varises di betis. Lakukan olah raga ringan seperti berjalan kaki tanpa alas selama kurang lebih 30 menit setiap pagi. Beberapa orang akan meninggikan kaki dengan menyandarkannya di tembok selama 30 menit sebelum tidur, dan terbukti efektif menghilangkan atau mengurangi varises pada betis.

4. Menjaga berat badan

Berat badan yang berlebih akan membuat kaki anda menumpu beban lebih berat sehingga pembuluh darah akan mendapat tekanan lebih besar karenanya selalu jaga berat badan tetap ideal atau kurangi berat badan anda sehingga pembuluh darah tidak semakin membengkak.

5. makanan

Memilih makanan bisa menjadi cara mengatasi varises secara alami. Biasanya dokter atau ahli kesehatan akan menganjurkan mengonsumsi suplemen untuk membantu menghilangkan varises atau mengonsumsi lemak omega-3 100 mg perharinya. Cara yang lebih mudah biasanya dengan mengatur makanan anda terutama yang rendah kolesterol.

Jika varises mengganggu penampilan anda sehari – hari, anda bisa mengatasinya dengan menggunakan stocking ketika bekerja atau beraktivitas. Hindari menggunakan celana yang terlalu ketat karena akan menghambat aliran darah pada kaki anda terlebih untuk celana jeans model skinny. Pada tahan pengobatan sebaiknya celana jeans model skinny dihindari untuk beberapa waktu.

Pastikan juga anda tidak berdiri atau berjalan terlalu lama, jika pekerjaan anda mengharuskan anda untuk berjalan atau berdiri dalam waktu lama, sebaiknya sesekali diselingi dengan waktu istirahat sehingga pembuluh darah vena pada kaki tidak mendapat tekanan berat dan sirkulasi darah menuju jantung tetap lancar.

Beberapa cara mengatasi varises diatas dapat anda coba untuk membantu mengurangi varises anda. Namun apabila kondisi varises anda telah parah, pastikan anda selalu mengonsultasikan penanganan yang anda lakukan dengan dokter atau ahli kesehatan.

Related to Cara Mengatasi Varises Ringan di Betis Kaki secara Alami