Cara Menghilangkan Bau Mulut Akibat Gigi Berlubang

Post On: 27 January 2016
July 30, 2016

Tidak sedikit orang yang mencari cara menghilangkan bau mulut akibat gigi berlubang, karena diantara berbagai faktor penyebab bau mulut, yang paling banyak disebabkan karena gigi berlubang yang menurut istilah medis disebut halitosis.

Sebab dengan adanya lubang pada gigi, sisa-sisa makanan akan masuk ke dalam lubang tersebut yang jika tidak segera dibersihkan akan membusuk dan menebarkan bau mulut tidak sedap.

Cara untuk menghilangkan bau mulut akibat gigi berlubang yang paling utama tentunya dengan mencegah agar gigi tidak berlubang. Untuk mencegahnya, beberapa cara yang harus dilakukan adalah:

Cara Mengatasi Bau Mulut Akibat Gigi Berlubang

–  Menggosok gigi secara rutin minimal 2 kali dalam sehari pada saat mandi, bila perlu ditambah satu kali pada saat akan berangkat tidur. Karena di saat tidur, mulut cenderung berhenti beraktifitas, sehingga produksi air liur yang mengandung enzim yang bersifat antiseptik untuk menangkal bakteri dan kuman juga ikut terhenti. Akibatnya, jika mulut dalam keadaan tidak bersih maka gigi rentan diserang oleh bakteri dan kuman karena tidak adanya enzim yang melindungi.

cara-menghilangkan-bau-mulut-akibat-gigi-berlubang

– Gunakan obat kumur atau moutwash yang memiliki kandungan antiseptik untuk menghilangkan bakteri dan kuman yang terdapat di sela-sela gigi yang tidak terjangkau oleh bulu sikat gigi serta di bawah lidah.

– Untuk menjaga munculnya karang gigi yang menjadi penyebab gigi berlubang, gunakan benang gigi.

–  Lakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi setidaknya sekali dalam 6 bulan untuk membersihkan plak serta karang gigi.

– Hindari rokok, minuman beralkohol, serta makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin, karena dapat menjadi penyebab pengeroposan gigi.

Baca Juga :

Penyebab Bau Badan pada Pria dan Wanita

Penyebab dan Cara Mengatasi Bisul di Ketiak

Cara Menyembuhkan Bisul Secara Alami

Jika gigi sudah terlanjur berlubang, cara pencegahan sebagaimana tersebut di atas masih tetap harus dilakukan, hanya saja harus ditambah dengan tindakan yang lain sebagai  salah satu cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang, yakni dengan tidak memberi kesempatan kepada sisa-sisa makanan untuk menempel pada gigi dan menjadi tempat bertumbuhkembangnya bakteri. Cara tersebut tidak lain adalah menambal gigi yang berlubang.

BACA  Contoh Makanan Penurun Asam Urat Tinggi dengan Cepat

Cara di atas merupakan cara primer atau cara utama, karena jika cara-cara tersebut tidak dikerjakan, maka upaya lain yang dilakukan untuk mengusir bau mulut akibat gigi berlubang, tidak akan ada manfaatnya. Karena itu, aplikasikan terlebih dahulu cara-cara tersebut di atas, baru disusul dengan cara sekunder untuk mempercepat hilangnya  mulut.

Cara mengusir  bau mulut akibat gigi berlubang yang sifatnya hanya sekedar pendukung untuk mempercepat proses penyembuhan diantaranya adalah:

  • Memperbanyak minum air putih

Air putih selain dapat membantu sistem metabolism tubuh untuk mencegah bau mulut yang disebabkan oleh produksi asam lambung yang berlebihan pada saluran pencernaan, juga dapat membantu membersihkan kuman dan bakteri yang terdapat di dalam mulut.

  • Memperbanyak Konsumsi Sayuran dan Buah-buahan

Buah dan sayuran dapat merangsang produksi air  liur yang memiliki sifat antiseptik untuk membunuh kuman dan bakteri di dalam mulut.  Dengan produksi air liur yang meningkat, membuat kuman dan bakteri tidak memiliki kesempatan untuk berkembangbiak di dalam gigi yang berlubang,  karena sebelum berkembangbiak sudah dibasmi oleh zat antiseptic yang terkandung dalam air liur.

  • Meminum Teh

Teh juga sangat efektif untuk mengatasi bau mulut akibat gigi berlubang, karena the mengandung polifenol yang fungsinya hamper sama dengan antiseptik dan antioksidan,yakni membasmi kuman dan bakteri yang terdapat di dalam mulut.

  • Memanfaatkan Ramuan Herbal

Beberapa jenis tanaman herbal yang memiliki kandungan Vitamin C yang tinggi, seperti jeruk nipis dan jambu biji, serta tanaman herbal yang mengandung antiseptik, antioksidan dan antibakteri seperti daun sirih dan bawang putih, juga dapat dijadikan sebagai salah satu cara menghilangkan bau mulut akibat gigi berlubang.

Related to Cara Menghilangkan Bau Mulut Akibat Gigi Berlubang