Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

Post On: 31 December 2015
July 30, 2016

Meski banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau mulut dengan cepat, yakni dengan menutupi bau tidak sedap tersebut dengan aroma yang segar, seperti permen karet dan  permen mints yang dapat merangsang produksi air liur, namun cara menghilangkan bau mulut secara alami tetap menjadi pilihan utama banyak orang, karena disamping aman, efek yang ditimbulkannya juga berlangsung lama. Disamping itu, terlalu sering mengunyah permen dampaknya juga tidak baik bagi kesehatan gigi.

Persoalan bau mulut memang cukup mengganggu pergaulan dan kerapkali dapat mengurangi rasa percaya diri. Itu sebabnya, upayakan sedini mungkin untuk menjaga kesehatan mulut, seperti gusi dan gigi, karena penyebab utama bau mulut seringkali ditimbulkan oleh gigi dan gusi yang tidak sehat. Gigi yang berlubang misalnya, dapat membuat sisa-sisa makanan yang tertinggal pada lubang gigi membusuk sehingga menimbulkan bau tidak sedap.

Cara Utama dan Efektif Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

cara-menghilangkan-bau-mulut-secara-alami

Selain itu, gigi yang jarang dibersihkan dapat membuat bakteri-bakteri jahat bertumpuk yang dapat menyebabkan mulut berbau busuk. Dengan rajin menggosok gigi, bakteri-bakteri jahat akan dapat ditumpas, mulut terasa fresh, dan enzim penghasil air liurpun akan bekerja secara maksimal untuk mengatasi bau mulut. Itu sebabnya, rajin menggosok gigi bisa dibilang sebagai cara utama menghilangkan bau mulut secara alami.

Selain itu, masih banyak cara lain untuk menghilangkan bau mulut secara alami, diantaranya adalah:

  • Menjaga Kondisi Mulut Agar Senantiasa Lembab

Mulut yang kering merupakan salah satu penyebab dari bau mulut. Banyak hal yang menjadi penyebab mulut kering, seperti menderita penyakit tertentu atau mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Jika hal tersebut yang Anda alami, coba konsultasikan dengan dokter, agar terhindar dari bau mulut.

Sebab kurangnya produksi air liur akan membuat mulut menjadi kering dan air liur sendiri merupakan enzim yang berfungsi sebagai antiseptik untuk membunuh bakteri-bakteri jahat yang membuat napas mengeluarkan bau tidak sedap.

Baca Juga :

Penyebab Bau Badan pada Pria Wanita dan Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Bau Badan Pria Wanita dan Anak Secara Alami

Ciri Ciri Penderita Terkena Penyakit Batu Ginjal

Penyebab Asam Urat Tinggi pada Manusia

Untuk membantu melembabkan kondisi mulut sementara waktu, dapat dilakukan dengan mengulum permen karet atau permen mint, serta berkumur dengan air putih. Cara ini hanya berlaku untuk sementara waktu, karena terlalu sering mengulum permen tidak baik bagi kesehatan gigi, sementara berkumur dengan air tidak selamanya dapat meningkatkan produksi air liur.

  • Rawat Gigi dan Gusi dengan Seksama
BACA  Daftar Jenis Makanan Penyebab Asam Urat Tinggi

Sebagaimana disebutkan di atas, kesehatan gigi dan gusi merupakan faktor utama yang menjadi penyebab bau mulut. Itu sebabnya, cara efektif menghilangkan bau mulut secara alami adalah dengan merawat gigi dan gusi secara seksama.

Menggosok gigi dengan teratur minimal sehari dua kali memang merupakan cara yang tepat dalam memelihara kesehatan gigi dan gusi, namun cara tersebut sebenarnya masih harus ditambah dengan beberapa cara perawatan yang lain, agar hasilnya dapat lebih maksimal.

Cara yang lain tersebut diantaranya adalah menggunakan benang gigi untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi yang tidak dapat dijangkau oleh bulu-bulu sikat gigi. Benang gigi juga berfungsi untuk menghilangkan plak dan karang gigi yang menjadi penyebab gigi berlubang.

Untuk membersihkan gigi dapat pula ditambah dengan obat kumur atau mouthwash sehabis menggosok gigi, agar bakteri-bakteri jahat yang masih tertinggal di sela-sela gigi dapat dibasmi dengan tuntas, disamping untuk mengurangi plak serta karang gigi.

  • Bersihkan Bakteri Pada Lidah

Bau mulut dapat juga terjadi karena adanya bakteri yang menempel pada lidah, karena lidah juga merupakan tempat yang cocok bagi bakteri. Tumpukan bakteri pada lidah itulah yang lama-lama akan membentuk lapisan pada lidah dan lapisan bakteri tersebut dapat menimbulkan bau busuk.

Karena itu,  pada saat menggosok gigi, usahakan pula untuk menyikat seluruh permukaan lidah secara perlahan. Bila perlu, gunakan alat khusus untuk membersihkan lidah yang dapat dibeli di apotek.

Itulah cara menghilangkan bau mulut secara alami yang wajib dilakukan jika tidak ingin dikucilkan dalam pergaulan karena mulut menebarkan bau yang tidak sedap.

Related to Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami