Cara Menghilangkan Penyakit Bengkak Asam Urat Secara Alami

Post On: 23 December 2015
July 30, 2016

Rasa nyeri pada bagian persendian yang terkadang disertai dengan radang atau pembengkakan di sekitar sendi, menjadi siksaan tersendiri bagi penderita gout atau asam urat tinggi. Itu sebabnya harus dicarikan solusi atau cara menghilangkan asam urat, sebab meski tidak berisiko terhadap keselamatan jiwa namun serangan asam urat dapat menurunkan produktifitas kerja.

Cara menghilangkan penyakit asam urat sebenarnya tidak sulit, cukup dengan mengetahui penyebabnya, dan mengatasi penyebab tersebut lewat penerapan pola hidup dan pola makan yang sehat. Sebagaimana diketahui, penyebab dari asam urat yang tinggi adalah terlalu banyaknya zat purin yang masuk ke dalam tubuh, sehingga ginjal tidak mampu meluruhkannya secara keseluruhan, dan meninggalkan sisa-sisa purin yang mengendap di sela-sela persendian.

Cara Alami Menghilangkan Sakit Asam Urat

cara-menghilangkan-asam-urat-minum-air-putih

Itu sebabnya, untuk menghilangkan asam urat langkah yang paling utama adalah dengan membatasi atau bahkan menghindari asupan makanan yang mengandung kadar purin yang tinggi (150 – 800 mg/100 gram makanan), seperti: daging dari semua jenis hewan darat utamanya bagian jeroan (hati, usus, paru, otak, ginjal), udang, lobster, kepiting, kerang, minuman beralkohol, serta yang lainnya.

Cara menghilangkan sakit asam urat yang lainnya adalah dengan memperbanyak mengkonsumsi makanan yang bersifat basa, seperti sayuran, buah-buahan, serta biji-bijian rendah lemak. Sebab, makanan yang bersifat basa berfungsi menetralkan asam tubuh yang terdapat pada urine dan darah, sehingga membantu kerja ginjal dalam melakukan metabolisme dan mengeluarkan zat purin yang berlebihan.

Selain kedua cara tersebut, dapat pula lewat cara medis dengan datang ke rumah sakit atau ke tempat praktek dokter, serta lewat cara alami. Beberapa cara menghilangkan asam urat secara alami diantaranya adalah:

  • Mengkonsumsi jus buah cerry secara rutin. Hal ini disebabkan karena buah cerry mengandung nutrisi dan kalium yang bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri yang disebabkan oleh asam urat. Selain itu, dengan sifat basa yang dimilikinya membuat buah cerry dapat membantu menetralkan asam tubuh yang terdapat pada urine dan darah.
  • Mengkonsumsi jahe efektif untuk penyembuhan secara alami, karena sifat anti-inflamantasi yang terdapat pada jahe dapat mengurangi rasa sakit. Caranya dengan meminum wedang jahe secara rutin sehari sekali, atau menjadikan jahe sebagai bumbu masakan. Cara menghilangkan bengkak asam urat juga bisa dilakukan dengan jahe, dengan cara menggerus jahe hingga lembut dan menempelkannya pada bagian di sekitar persendian yang mengalami pembengkakan akibat asam urat. Biarkan gerusan jahe tersebut menempel pada bagian yang membengkak selama kurang lebih 30 menit, agar nutrisi yang dikandungnya dapat lebih meresap melalui pori-pori kulit.
  • Perbanyak meminum air putih, setidaknya 8 – 10 gelas dalam sehari, sebab air putih dapat membantu menggelontorkan purin serta menambah volume urine yang merupakan sarana untuk membuang purin yang berlebihan.
  • Cuka Sari Apel yang selama ini dikenal sebagai herbal untuk menyembuhkan asam lambung dan sakit kepala, juga dapat dijadikan sarana untuk menyembuhkan asam urat, karena kadar keasamannya yang tinggi dapat mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh serangan asam urat. Untuk hasil yang lebih maksimal, Cuka Sari Apel dapat dicampur dengan madu yang berfungsi meningkatkan daya kerja anti-inflamasi tubuh, kemudian dilarutkan ke dalam air putih. Takaran keduanya sama yakni satu sendok teh untuk setiap satu gelas air putih. Minum ramuan tersebut 2 – 3 kali sehari.
BACA  Penyebab dan Cara Menyembuhkan Bisul di Telinga

Demikian beberapa cara menghilangkan asam urat yang dapat dicoba, sebelum memutuskan untuk memeriksakan diri ke rumah sakit atau ke tempat praktek dokter. Jika cara-cara tersebut dilakukan secara rutin, penyakit asam urat akan dapat diatasi tanpa perlu penanganan medis.

Related to Cara Menghilangkan Penyakit Bengkak Asam Urat Secara Alami