Cara Mengobati dan Penyebab Bisul di Kelopak dan Mata

Post On: 26 January 2016
July 30, 2016

Bagi sebagian orang, bisul adalah musuh besar. Penyakit kulit ini memang tak kenal tempat. Semua anggota badan seseorang bisa terserang bisul. Mulai dari tangan, kaki, perut, punggung, wajah, hingga kepala. Bahkan ada pula bisul yang muncul di tempat yang sangat terlihat seperti bisul di mata.

Penyakit ini terjadi karena infeksi pada peredaran darah yang berakibat munculnya benjolan kecil yang lama-lama akan membesar. Benjolan tersebut biasanya berisi darah kotor atau nanah. Jangan sekali-kali memecahkan bisul secara sembarangan. Bukannya hilang, bisul malah akan membesar dan meninggalkan bekas.

Penyebab Bisul di Kelopak dan Mata

Seperti yang sudah disebutkan di awal, bisul bisa muncul dimana saja. Memang ada beberapa penyebab bisul di mata. Penyakit ini memang biasa menyerang daerah-daerah lipatan tertentu. Namun tak menutup kemungkinan menyerang bagian-bagian terbuka yang bisa dilihat oleh orang lain.

penyebab-cara-mengobati-bisul-kelopak-mata

Jika bisul tumbuh di tempat-tempat yang mudah terlihat oleh orang lain, hal itu tentu akan sangat mengganggu penampilan kita. Selain itu, kepercayaan diri kita bisa saja menghilang akibat munculnya bisul di sembarang tempat tersebut.

Salah satu bagian tubuh yang bisa terserang penyakit bisul adalah area sekitar mata. Kebanyakan kasus, bisul yang tumbuh di mata berada di bagian kelopak mata atau di sekitar pelipis mata. Bisul di kelopak mata tak hanya membuat penampilan kita kurang menarik, tapi juga bisa mengganggu penglihatan. Oleh sebab itu, bisul yang ada di sekitar mata harus segera diatasi.

Cara Mengobati Bisul di Kelopak dan Mata

Ada beberapa cara menghilangkan bisul di mata yang bisa dipilih jika Anda mempunyai masalah bisul di bagian mata. Nah, berikut ini beberapa cara pengobatan yang ampuh dan direkomendasikan bagi penderita bisul di area sekitar mata.

  1. Obat dari Dokter

Pengobatan yang sangat direkomendasikan adalah obat-obatan dari dokter. Jika Anda mengalami serangan bisul yang tumbuh di mata, segera periksakan diri ke dokter kulit. Dokter kulit akan memberikan resep ampuh yang akan menyembuhkan penyakit bisul tersebut. Berobat ke dokter memang cara yang paling tepat dalam mengatasi berbagai macam penyakit, termasuk bisul. Pemberian obat seperti kapsul atau tablet menandakan bahwa penyakit bisul masih belum sampai tahap serius.

  1. Salep Antibiotik
BACA  Pengobatan Batu Ginjal Secara Tradisional

Obat yang diberikan dokter jenisnya sangat bermacam-macam. Ada yang berbentuk pil, tablet atau kapsul. Tapi tak sedikit pula yang diberi salep. Semua ini bergantung pada jenis bisul dan parah tidaknya bisul tersebut bagi penderitanya. Jika pergi ke dokter kulit, tak ada salahnya untuk meminta salep antibiotik. Salep biasanya lebih cepat menyembuhkan bisul dibandingkan dengan obat-obatan yang diminum.

Konsultasikan dulu ke dokter, apakah perlu atau tidak dalam menggunakan salep. Jika dibolehkan, maka mintalah resep salep dari dokter kulit bersangkutan. Cara penggunaannya pun cukup mudah dan efeknya lebih terasa. Kita hanya tinggal mengoleskan salep tersebut pada bisul yang ada di sekitar area mata. Konsultasi ke dokter memang hal terpenting untuk hal yang tidak biasa sebagai cara mengobati bisul di kelopak mata, agar diketahui cara yang paling baik.

  1. Obat-obatan Tradisional

Obat atau ramuan herbal tradisional memang sudah dikenal sebagai cara untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Untuk mengatasi penyakit bisul sendiri ada beberapa macam ramuan yang bisa dicoba. Mulai dari ramuan bawang, ramuan mengkudu, daun sirih, cuka apel, parutan mentimun, hingga temulawak. Semua bisa Anda pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan masing-masing. Ada baiknya untuk konsultasi ke pakar pengobatan tradisional atau ke dokter, agar tak salah pilih.

Itu tadi beberapa cara mengobati bisul di mata yang bisa Anda coba. Jangan khawatir terhadap penyakit bisul yang menyerang tubuh kita. Bisul bisa disembuhkan sampai tak berbekas. Jika mengalami bisul yang tak kunjung sembuh, ada baiknya untuk pergi memeriksakan diri ke dokter.

Related to Cara Mengobati dan Penyebab Bisul di Kelopak dan Mata