Cara Meningkatkan Kecerdasan Pada Anak Anak

Post On: 14 September 2016
August 31, 2016

Cara Meningkatkan Kecerdasan Pada Anak Anak – Taukah anda jika keadaan rumah yang berantakan mempengaruhi pikiran anak semakin kacau. Pasalnya intelektual pada anak hanya berkembang dalam lingkungan yang rapi dan terstruktur baik. Dengan begitu akan mengarah pada daya pikir yang lebih cemerlang dan tetap fokus. Para orangtua juga harus berperan untuk meningkatkan kemampuan berpikir sang anak.

Cara Meningkatkan Kecerdasan Pada Anak Anak

Membangun kecerdasan dan kreativitas si kecil memang kewajiban yang harus dilakukan orangtua. Setidaknya anda bisa membiarkan anak untuk mengakraban diri terhadap alam. Dengan menghabiskan waktu di luar rumah maka mampu merangsang fungsi otak anak anda. Alam baik sekali untuk meremajakan otak sehingga mental otot dapat beristirahat. Berikut ini cara tepat meningkatkan kecerdasan pada anak-anak.

Cara Meningkatkan Kecerdasan Pada Anak Anak

  1. Memenuhi Asupan Omega-3

Sebaiknya penuhi asam lemak berupa omega-3 pada anak. Pasalnya asam lemak tersebut sangat berguna baik bagi otak yang bekerja dengan mengaktifkan area otak, sehingga berpotensi untuk meningkatkan memori maupun aspek kognitif. Untuk itu, berikan makanan yang kaya akan omega-3 dan DHA seperti ikan salmon, telur, serta suplemen minyak ikan.

  1. Memberikan Sarapan Sehat

Saat anak anda pergi ke sekolah, ada baiknya menyediakan sarapan sehat di pagi hari. Mengawali makan pagi akan meningkatkan memori yang lebih tajam pada anak-anak. Setidaknya sediakan sarapan yang banyak mengandung karbohidrat kompleks, sehingga dapat membantu anak untuk mempertahankan kinerja mental. Untuk mendapatkan sumber utama yang dibutuhkan tubuh, maka berikan sarapan sehat  seperti sereal gandum, susu rendah lemak, kacang-kacangan, telur serta buah.

  1. Mengajak Anak Berolahraga

Seperti yang sering kita dengar bahwa aktifitas fisik berolahraga dengan teratur dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh termasuk fungsi otak. Ajaklah anak dengan kegiatan olahraga seperti bersepeda atau berlari di pagi hari selama 20 atau 40 menit. Hal ini bertujuan untuk memperbaiki kognitif otak setelah menjalankan rutinitas harian. Di samping itu, juga mampu mengaktifkan daerah penting di otak yang berpengaru besar terhadap daya pikir anak.

  1. Memainkan Alat Musik
BACA  Penyebab Penyakit Bronkitis Kronis pada Anak dan Bayi

Mengajarkan anak untuk bermain alat musik sangat tepat untuk dilakukan oleh para orang tua. Pelatihan musik itu sendiri akan mendorong pengembangan pada sistem saraf, sehingga dapat mencerminkan pola tertenti dari adanya gelombang otak. Hal ini dibuktikan secara langsung oleh peneliti Perancis, dimana mengungkapkan bahwa berlatih alat musik selama 6 bulan mampu memicu kemampuan kognitif pada anak. Tak hanya itu, anak juga menjadi lebih senang untuk membaca dan membuatnya semakin mudah untuk berinteraksi dengan orang lain.

  1. Mengenalkan Permainan Edukatif

Masih ada satu lagi cara meningkatkan kecerdasan pada anak anak anda. Mungkin cara ini dianggap kurang efektif, namun sebenarnya mengenalkan anak dengan permainan sangat baik untuk otak asalkan masih bersifat edukatif. Bermain teka-teki misalnya yang mampu membantu otak anak untuk menjalin hubungan dengan saraf baru. Pasalnya di dalam permainan tersebut memerlukan ketrampilan, memori otak dan strategi untuk menyelesaikannya.

Mungkin hanya itu saja yang bisa dibagikan dari tulisan artikel ini. Bangunlah suasana keluarga yang hangat agar emosional si kecil tetap stabil dalam mengembangkan fungsi kognitif dan ketrampilan.

 

Sharing is caring!

Tags: ,

Related to Cara Meningkatkan Kecerdasan Pada Anak Anak