Cara Mudah Mengatasi Sembelit Pada Anak Secara Alami

Post On: 26 August 2016
August 10, 2016

Cara Mudah Mengatasi Sembelit Pada Anak Secara Alami – Sembelit adalah gangguan sistem pencernaan yang umum terjadi pada setiap orang. Tak terkecuali pada anak kecil maupun bayi. Kondisi ini dapat terjadi karena pengerasan tinja sehingga sulit untuk dikeluarkan dari anus. Sebaiknya sembelit harus segera diatasi lantaran akan sangat menganggu pada anak-anak, dimana mampu memberikan rasa sakit di bagian perut si kecil tersebut.

Cara Mudah Mengatasi Sembelit Pada Anak Secara Alami

Adapun penyebab dari sembelit bermacam-macam, seperti terlalu banyak makan berlemak serta kurang mengkonsumsi buah, sayuran dan air putih. Karena itulah, memastikan si kecil menerapkan pola makan yang sehat sangat penting. Misalnya memperbanyak asupan nutrisi dan mineral dalam menu hariannya. Sebelum anda membawa ke dokter, ada baiknya coba dulu cara mudah mengatasi sembelit pada anak secara alami berikut ini.

Cara Mudah Mengatasi Sembelit Pada Anak Secara Alami

  1. Menggunakan Asam Trengguli

Anda cukup membuat racikan tradisional untuk mengobati sembelit anak. Siapkan dahulu bahan-bahannya seperti asam trengguli 50 gram, semanggi 25 gram, temulawak 4 gram, papare 5 gram, pupus pepaya 5 gram, lempuyang pahit 20 gram untuk diparut, daun saga manis 15 gram dan pegangan secukupnya diparut. Kemudian campurkan dengan bahan pelengkap, yakni daun meniran 10 gram, kalembak 30 gram dan daun jintan 20 gram. Semua bahan tersebut direbus ke dalam 3 gelas dan tunggu hingga mendidih. Konsumsi pada anak dua kali dalam setiap harinya.

  1. Menggunakan Lempuyang

Jika anda merasa repot dengan menggunakan cara yang pertama, sebaiknya gunakan cara ini untuk mengatasi sembelit si kecil. Namun, sebelumnya sediakan dahulu lempuyang 1 jari, bangle dan kencur sebanyak 1 jari juga, serta jahe cukup setengahnya. Semua bahan tadi diris hingga halus, kemudian campurkan dengan 1 cangkir yang telah masak. Berikan untuk anak sebelum tidur malam sampai habis.

  1. Menggunakan Temulawak

Masih dirasa merepotkan pada cara kedua, ada baiknya menerapkan cara yang ketiga ini. Dijamin tidak akan menyiapkan bahan terlalu banyak, ada hanya perlu mengambil 1 rimpang temulawak lalu dicuci sampai bersih. Selanjutnya anda tinggal memarutnya dan memeras ke dalam suatu wadah. Hasil air perasan tadi ditambahkan dengan sedikit asam jawa dan gula aren. Barulah anda mengaduknya dan saring kembali untuk dikonsumsi sekali dalam sehari.

  1. Menggunakan Kulit Nanas

Inilah cara yang dianggap lebih simpel dan sederhana dari metode sebelumnya. Dimana anda harus menyediakan kulit buah nanas dan mengkupasnya. Namun, anda harus mencucinya dahulu bahan tersebut sampai bersih. Setelah itu, diperas hingga keluar airnya. Aplikasin pada anak anda untuk meminumnya setiap dua kali sehari.

  1. Mengkonsumsi Buah dan Sayuran

Mendapatkan buah-buahan dan sayuran segar untuk mencukupi kebutuhan menu harian si anak. Beberapa buah dan sayur yang bisa dikonsumsi anak dalam mengatasi masalah sembelih, misalnya buah apel, pir, kurma, aprikot, pepaya, pisang dan sayuran jenis kubis, selada, kembang kol serta kacang polong. Selain itu,  juga perlu asupan makanan yang tinggi akan kandungan serat sepertu sereal, gandum, dan roti.

BACA  Atasi Batuk Berdahak Pada Anak. Susah Ga?

Dengan cara mudah mengatasi sembelit pada anak secara alami, kami harapkan semoga buah hati anda cepat sembut dari sembelit yang dideritanya. Anda juga bisa mengolesi minyak kayu putih pada perut anak sambil memijat lembut supaya mengurangi rasa sakit yang berlebih.

Tags: , , ,

Related to Cara Mudah Mengatasi Sembelit Pada Anak Secara Alami