Cara Sederhana untuk Mengatasi Anak Autis Hiperaktif Ringan

Post On: 27 January 2016
July 30, 2016

Autis atau autisme adalah gangguan pada perkembangan syaraf pada anak. Gejala ini biasa dialami oleh bayi atau anak yang lahir secara premature. Jika Anda adalah orang tua yang memilik anak yang mengidap autisme, ada baiknya untuk mengetahui beberapa cara mengatasi anak autis.

Autisme bisa disebabkan oleh beberapa macam hal. Seperti kelahiran yang prematur, kondisi lingkungan yang tidak sehat, hingga usia ibu melahirkan yang sudah terlalu tua. Anak yang mengidap autisme perkembangan motoriknya sedikit terganggu.

Akibat terganggunya perkembangan syaraf dan motorik, anak autisme akan mengalami kesulitan dalam berkomunikasi dengan orang lain. Misalnya, anak autisme sangat menghindari kontak mata kepada orang lain. Selain itu, anak autisme juga mengalami masalah pada kemampuan dalam berbicara.

Banyak gejala-gejala awal yang bisa kita amati terhadap buah hati yang dianggap mengidap autisme. Selain menghindari kontak mata dan sulit berbicara di usia tertentu, penderita autis juga bisa dilihat lewat beberapa gejala khusus.

Cara Menangani Anak Autis Hiperaktif

cara-mengatasi-anak-autis-hiperaktif-ringan

Beberapa gejala khusus yang bisa dilihat diantaranya; suka melakukan aktivitas sama secara berulang-ulang, tidak suka kontak fisik, hingga suka menyendiri. Tanda atau gejala tersebut bisa kita amati terhadap buah hati kita yang diduga mengidap autisme.

Lalu, bisakah autisme disembuhkan? Belum ada obat atau cara yang bisa digunakan untuk menyembuhkan sepenuhnya gejala autisme. Cara menangani anak autis yang bisa dilakukan adalah membimbing penderita atuisme tersebut agar bisa berbaur dengan masyarakat umum.

Ada beberapa cara menangani anak autis agar bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Dengan ketelatenan dan kesabaran, orang tua yang memiliki anak autis bisa mendidik anak tersebut agar bisa berkembang dengan baik. Berikut ini beberapa cara mengatasi anak autis hiperaktif agar bisa berkembang dengan baik.

Cara Mengatasi Anak Autis Ringan yang Marah

  1. Terapi

Salah satu cara agar orang tua bisa memaksimalkan perkembangan anak autis adalah dengan terapi. Terapi digunakan agar anak penderita autis mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar. Penggunaan terapi juga bermanfaat bagi orang tua agar bisa lebih memahami cara berpikir atau tingkah laku dari anak autis.

BACA  Beberapa Tanda Si Kecil Memiliki Tubuh yang Sehat

Terapi autisme sendiri cukup beragam, mulai dari terapi melibatkan dokter anak, terapi psikolog, terapi lumba-lumba, terapi pendengaran, terapi musik hingga terapi fisik. Semua bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat autisme pada buah hati. Terapi sangat bermanfaat untuk mengembangkan daya sosialisasi dan kepekaan terhadap lingkungan sekitar sebagai cara mengatasi anak autis ringan.

  1. Makanan Bergizi

Ada beberapa pantangan makanan bagi anak autisme. Makanan yang dianggap akan menghambat perkembangan anak autis memang sangat tidak disarankan untuk anak autis. Makanan yang sangat diharamkan bagi anak yang mengidap autisme adalah makanan olahan atau makanan yang mengandung banyak MSG. Kandungan MSG yang berlebih sangat berbahaya bagi perkembangan motorik dan non-motorik anak autis. Anak autis juga tidak disarankan untuk mengkonsumsi aneka daging merah seperti daging sapi dan daging ayam negeri.

  1. Dukungan Lingkungan Sekitar

Agar perkembangan anak autis bisa maksimal, dibutuhkan dukungan dari lingkungan sekitar seperti keluarga dekat, teman, saudara hingga tetangga. Bersama-sama ciptakanlah lingkungan yang kondusif dan sehat sebagai cara mengatasi anak autis yang marah agar bisa membantu perkembangan anak autis. Interaksi dan komunikasi terus menerus menurut penelitian mampu mengembangkan daya motorik dari anak autis. Oleh sebab itu, ajaklah lingkungan sekitar untuk membantu menangani buah hati yang mengidap autis.

Nah, itu tadi beberapa cara mengatasi anak autis yang bisa kita coba. Perlu kesabaran dan ketelatenan dalam menangani anak autis. Oleh sebab itu, besarkan hati Anda jika mempunyai anak yang mengidap gangguan autis. Anak adalah anugerah dari yang Maha Kuasa dan kita wajib menjaganya.

Related to Cara Sederhana untuk Mengatasi Anak Autis Hiperaktif Ringan