Ciri Ciri Anak Autis dan Hiperaktif Ringan Sejak Bayi

Post On: 21 January 2016
July 30, 2016

Autis memang menjadi momok tersendiri bagi para orang tua. Semua orang tua tentu tak mau buah hati kesayangannya mengidap autisme. Oleh karena itu, ada baiknya jika para orang tua mengetahui ciri ciri anak autis agar bisa segera melakukan tindakan tertentu.

Autisme sendiri adalah sebuah kelainan perkembangan saraf yang terjadi pada seseorang. Umumnya, autisme sudah bisa terlihat sejak masa bayi. Hingga sekarang, belum ada penelitian yang menyebutkan bahwa autisme bisa disembuhkan. Tapi, penderita autisme bisa diberikan terapi tertentu agar bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya.

Ciri Ciri Autis Ringan pada Anak Sejak Bayi

Orang tua harus paham betul tentang autisme ini. Jangan sampai orang tua tidak mengetahui ciri ciri anak autis sejak bayi. Karena jika mendapatkan penanganan yang terlambat, anak autisme akan menjadi masalah yang sangat menyusahkan Anda.

ciri-ciri-anak-autis-hiperaktif-ringan-sejak-bayi

Ada beberapa ciri ciri autis pada anak yang bisa kita ketahui secara kasat mata. Kebanyakan ciri-ciri tersebut berupa perilaku yang mudah dikenali. Nah, berikut ini beberapa ciri-ciri autis pada anak yang bisa terlihat pada tingkah polahnya sehari-hari.

  1. Tidak Bisa Bicara Hingga Usia Tertentu

Salah satu ciri yang bisa kita kenali terhadap anak yang menderita autis adalah kurangnya kemampuan mengucapkan kata atau kalimat pada usia tertentu. Jika Anda mempunyai anak yang tidak bisa mengucapkan kata atau kalimat hingga usia 16 bulan, maka kemungkinan besar anak tersebut mengidap autisme. Kebanyakan bayi penderita autis tidak bisa mengucapkan kata atau berbicara hingga usia tertentu. Kemampuan dalam berbicara harus dilatih agar penderita autis bisa berkomunikasi dengan baik dengan orang lain.

  1. Tidak Menyukai Kontak Fisik

Umumnya, anak yang menderita autis tidak menyukai kontak fisik seperti pelukan, ciuman atau berbagai macam sentuhan lainnya. Anak autis akan merasa tidak nyaman jika orang lain melakukan kontak fisik dengan tubuhnya. Oleh karena itu, jika anak Anda tidak suka dipeluk atau dicium mungkin anak tersebut mengidap autisme. Ini adalah ciri-ciri anak autis ringan.

  1. Tidak Suka Suara Keras
BACA  Cara Sederhana untuk Mengatasi Anak Autis Hiperaktif Ringan

Ciri umum lainnya dari anak penderita autis adalah kurang suka mendengar suara keras. Penderita autis sangat terganggu dan merasa tidak nyaman dengan suara bising yang mengagetkan. Jika mendengar suara yang bising, mereka biasanya langsung marah atau menangis. Jadi, jika anak Anda mudah menangis jika mendengar suara bising, bisa saja anak Anda menderita autisme.

  1. Melakukan Hal Sama Berulang-ulang

Tanda ini juga menjadi tanda yang paling umum dijumpai oleh para penderita autis. Anak-anak penderita autis sangat suka melakukan sesuatu yang sama berulang-ulang. Misalnya, bergoyang-goyang dengan gerakan sama yang terus menerus atau berulang-ulang. Dalam bahasa psikologi medis, hal tersebut bernama stimulating activities. Penderita autisme memang sangat suka melakukan suatu aktivitas yang sama dan berulang-ulang.

  1. Sulit Diajak Berkomunikasi

Kebanyakan anak penderita autis sangat sulit untuk diajak berkomunikasi. Pandangan yang tak fokus dan kadang menghindari kontak mata membuat kita akan kesulitan mengajak berbicara anak autis. Jikapun berhasil, pembicaraan kita akan terlihat tidak nyambung karena anak penderita autis menanggapi lawan bicara sesukanya.

Jika buah hati Anda sangat sulit diajak berkomunikasi atau jawaban yang diberikan tidak nyambung saat ditanya, maka bisa jadi anak Anda menderita autisme. Berbeda dengan anak hiperaktif yang memiliki interaksi komunikasi yang baik. Sehingga ciri ciri anak autis dan hiperaktif sangatlah berbeda.

Baca Juga :

Cara Mengatasi Bau Badan pada Anak Secara Alami

Obat Bisul Alami untuk Bayi

Obat Batuk Alami untuk Anak Balita

Nah, itu tadi ciri-ciri anak autis yang bisa kita lihat secara kasat mata. Mengetahui gejala autisme pada anak sejak dini memang sangat penting. Dengan tahu lebih awal, kita bisa melakukan penanggulangan sejak dini pada buah hati kita. Jika anak Anda mengidap autisme, Anda sebagai orang tua harus sabar dan tidak putus asa dalam mendidik darah daging Anda tersebut.

Related to Ciri Ciri Anak Autis dan Hiperaktif Ringan Sejak Bayi