Ciri Ciri Autis dan Hiperaktif pada Bayi Usia 5 Bulan

Post On: 21 January 2016
July 30, 2016

Semua orang tua di dunia ini tentu menginginkan agar anaknya bisa lahir dengan normal. Namun, kuasa Tuhan membuat banyak bayi yang mengidap autis. Autis sendiri merupakan gangguan syaraf yang biasanya terjadi pada bayi hingga balita. Sebagai orang tua, patutnya kita mengetahui ciri ciri bayi autis.

Dengan mengetahui ciri-ciri anak autis sejak bayi, kita bisa langsung melakukan berbagai macam penanganan awal. Ciri-ciri bayi autis sendiri sebenarnya bisa dilihat dari berbagai macam cara. Mulai dari ciri fisik, perkembangan motorik hingga perkembangan dalam berkomunikasi.

Autis atau autisme adalah kelainan atau gangguan pada perkembangan sistem saraf yang membuat penderitanya mengalami masalah dalam hal komunikasi dan perilaku. Gejala autis bisa diketahui sejak dini, karena mayoritas penderitanya adalah balita atau anak-anak.

Ciri Ciri Anak Autis Sejak Bayi

ciri-ciri-autis-pada-bayi

Menurut para ahli dan peneliti, autis bisa disebabkan oleh faktor genetik maupun non-genetik. Faktor genetik ciri ciri anak autis sejak bayi sangat terkait dengan gen atau keturunan. Jadi, orang tua bisa menjadi penyebab dari  terjadinya autisme pada bayi yang baru lahir.

Sedangkan faktor non-genetik berkaitan dengan lingkungan sekitar. Bayi yang baru dilahirkan mungkin belum menderita autisme. Namun berbagai macam pengaruh lingkungan sekitar seperti cara merawat atau polusi di tempat tinggal dapat menjadikan bayi yang tadinya normal tersebut menjadi penderita autisme.

Bisakah autisme diobati? Belum ada obat yang bisa membuat penderita autisme menjadi normal. Namun, para orang tua bisa mendampingi para anaknya yang mengidap autisme dengan terapi atau cara-cara tertentu agar anak penderita autisme tersebut bisa sedikit menyesuaikan diri.

Kembali kepada ciri ciri anak autis dari bayi. Banyak sekali ciri-ciri fisik maupun perilaku yang bisa kita amati untuk mengetahui apakah seorang anak atau bayi menderita autisme. Berikut ini beberapa ciri-ciri bayi yang mengidap autisme yang bisa kita amati dan lihat dengan mata telanjang.

  1. Ciri Fisik
BACA  Cara Menangani Anak Yang Rewel Dengan Mudah

Ada beberapa ciri fisik yang bisa kita amati dari bayi atau balita penderita autisme. Beberapa gejala ini merupakan ciri ciri bayi autis usia 5 bulan hingga 1 tahun. Pertama adalah jarak mata. Jika jarak antar kedua mata lebih lebar daripada jarak mata normal.

Ciri kedua bisa dilihat pada daerah pipi dan juga hidung. Bayi atau balita penderita autis memiliki jarak antara pipi dan hidung dengan bagian tengah wajah yang lebih dekat. Dan ketiga adalah jarak antara hidung dan bibir yang lebih lebar daripada jarak normal.

  1. Menghindari Kontak Mata

Salah satu ciri ciri anak autis dari bayi yang sangat mudah untuk dikenali oleh penderita autis adalah selalu menghindari kontak mata. Bayi penderita autis yang usianya lebih dari satu tahun biasanya sangat menghindari kontak mata dengan orang lain.

Jika diajak berbicara, mata bayi penderita autis biasanya tak melihat kepada si pembicara melainkan melihat ke tempat lain. Hal ini sangat berkaitan dengan perkembangan motorik anak. Selain menghindari kontak mata, mata dari anak penderita autis juga sering tidak fokus

  1. Gangguan dalam Berkomunikasi

Salah satu gejala atau ciri anak autis adalah kesulitan berkomunikasi dengan orang lain. Kesulitan ini juga akibat dari terlambatnya kemampuan berbicara bayi penderita autis. Bayi atau balita penderita autis biasanya telat dalam kemampuan berbicara.

Banyak kasus memperlihatkan bahwa bayi penderita autis yang berumur 1-3 tahun tak bisa mengucapkan satu patah kata. Seiring berjalannya waktu, penderita autis sangat sulit diajak berbicara karena umumnya mereka akan berbicara semaunya sendiri.

Nah, itu dia beberapa ciri-ciri bayi autis yang bisa diamati dengan mudah. Jika buah hati Anda memperlihatkan gejala-gejala seperti di atas, segeralah bawa ke dokter anak untuk diperiksa. Anak adalah anugerah Tuhan. Jadi, kita wajib merawatnya dengan baik meskipun dia tidak sempurna.

Related to Ciri Ciri Autis dan Hiperaktif pada Bayi Usia 5 Bulan