Ciri Ciri Gejala Orang Penyakit Anemia dan Penyebabnya

Post On: 22 November 2015
July 30, 2016

Anemia atau yang lebih dikenal sebagai kekurangan darah merah memang seringkali menyerang sebagian orang. Ciri-ciri anemia yaitu tubuh lemas dan pusing serta tanda lainnya. Ini dapat mengganggu aktivitas seseorang dan menyebabkan orang tidak bisa bekerja atau belajar dengan baik.

Anemia bisa disebabkan karena beberapa hal bisa kekurangan nutrisi, kehilangan banyak darah baik karena kecelakaan maupun menstruasi dan bisa juga karena bentuk sel darah yang tidak normal. Anemia dalam tingkatan yang ringan memang tidak terlalu berbahaya tetapi kalau berat maka membahayakan nyawa seseorang. Karena itu, kenali tanda-tanda anemia.

Ciri Ciri dan Gejala Penyakit Anemia

ciri-ciri-penyakit-anemia

ciri ciri penyakit anemia yang biasa terjadi antara lain :

  • Mata cenderung lebih cekung dan kantung mata bagian dalam bawah akan terlihat warna merah agak keputihan
  • Mata terasa kunang-kunang
  • Pusing dan sakit kepala
  • Muncul gejala 5 L (lelah, letih, lunglai, lesu dan lemah)
  • Tidak bisa berdiri atau duduk terlalu lama karena kepala yang berkunang-kunang
  • Wajah terlihat pucat seperti habis sakit
  • Bagian tubuh seperti lidah, kulit, telapak tangan dan bibir terlihat pucat

Itu adalah tanda-tanda anemia yang umum. Selain ada tanda umum, ada juga tanda spesifik.

ciri ciri penyakit anemia spesifik yang perlu dikenali yaitu

  • stomatitis angular atau sariawan biasanya terjadi pada penderita anemia yang kekurangan zat besi
  • kekuningan terjadi pada anemia hemolisis
  • ulserasi di kaki terjadi pada anemia dengan sickle cell
  • deformitas tulang terjadi pada talasemia
  • splenomegali terjadi akibat hemolisis
  • glossitis terjadi pada pasien anemia megaloblastik atau kekurangan zat besi

Jika terjadi ciri ciri gejala anemia seperti di atas, maka hampir dapat dipastikan orang tersebut terkena anemia. Maka harus segera mendapatkan penanganan. ciri-ciri anemia dan penyebabnya harus diketahui dengan baik supaya memperoleh tindakan yang tepat.

BACA  Faktor Penyebab Timbulnya Penyakit Ambeien

ciri-ciri orang anemia yang sering dirasakan oleh penderitanya antara lain

merasa cepat lelah

jumlah sel darah merah yang berkurang menyebabkan oksidasi dalam tubuh juga berkurang. Hal ini dikarenakan jumlah oksigen yang diangkut ke seluruh tubuh jumlahnya tidak mencukupi. Oksidasi ini mempengaruhi energi tubuh yang digunakan untuk beraktivitas. Kalau tidak mencukupi jumlahnya maka seseorang akan kelelahan.

Sakit kepala

Selain oksidasi yang berkurang, sakit kepala juga bisa menyertai penderita anemia sebab kurangnya oksigen yang diedarkan ke seluruh tubuh. Biasanya penderita akan merasa sakit pada bagian kepala seperti pusing-pusing.

Palpitasi

Palpitasi merupakan bahasa medis yang berarti denyut jantung yang tidak beraturan. Kecepatan denyut jantung juga tidak normal atau terlalu kuat. Kurangnya oksigen dalam tubuh dapat meningkatkan denyut jantung serta denyut jantung menjadi lebih cepat serta tidak teratur.

Sesak Nafas

Salah satu gejala dari anemia adalah sesak nafas. Ini terjadi karena pasokan oksigen dalam tubuh yang berkurang sehingga ketika melakukan aktivitas sehari-hari terkadang mengalami sesak nafas. Hal ini wajib diwaspadai.

Mual

Penderita anemia akan merasakan mual atau dikenal dengan morning sickness karena gejala mual ini akan muncul pada pagi hari.

Daya tahan tubuh yang menurun

Asupan energi yang kurang dapat menyebabkan turunnya kekebalan tubuh. Penderita anemia akan mudah sekali terserang sakit dan merasa lelah karena kekebalan tubh yang berkurang.

Rambut rontok

Ini adalah salah satu ciri-ciri anemia. Penderita anemia juga rentan menderita kerontokan rambut. Hal ini disebabkan kulit kepala kurang pasokan nutrisi sehingga rambut mengalami penipisan.

Tags: , , , , , , ,

Related to Ciri Ciri Gejala Orang Penyakit Anemia dan Penyebabnya