Ciri Ciri Penyakit Bronkitis Kronis Pada Anak dan Bayi

Post On: 14 January 2016
July 30, 2016

Penyakit organ dalam memang menjadi momok tersendiri bagi banyak orang. Penyakit organ dalam masih menjadi pembunuh nomor satu di Indonesia. Salah satu penyakit organ dalam yang cukup ditakuti adalah bronkitis. Penyakit ini menyerang organ dalam, tepatnya paru-paru.

Banyak gejala atau ciri ciri penyakit bronkitis yang bisa diketahui secara kasat mata. Mengetahui ciri-ciri penyakit brokitis sangat berguna untuk tindakan pencegahan. Dengan mengetahui ciri-ciri dari penderita bronkitis, kita bisa melakukan tindakan pencegahan atau pertolongan pertama. Namun, ada baiknya jika kita mengenal lebih dekat terlebih dahulu dengan penyakit yang satu ini.

Bronkitis merupakan penyakit yang terjadi pada paru-paru akibat infeksi pada saluran udara utama dari organ paru-paru. Infeksi tersebut membuat paru-paru mengalami peradangan dan membuat penderitanya bisa meninggal dunia akibat masalah dalam hal pernapasan.

Ciri Ciri Penyakit Bronkitis Pada Bayi dan Anak

ciri-ciri-penyakit-bronkitis-kronis-pada-anak-bayi

Tingkatan penyakit ini bisa dikelompokkan menjadi tiga, yaitu ringan, sedang dan berat. Pada tingkat ringan, penderita bisa diperiksakan ke klinik atau mengkonsumsi obat yang dianjurkan dokter. Di tingkat sedang, biasanya penderita harus menjalani rawat jalan. Sedangkan pada level berat penderita harus menjalani perawatan intensif di rumah sakit.

Ciri-ciri orang yang terkena penyakit bronkitis sendiri bisa dilihat dan diamati dengan mudah. Mengetahui ciri-ciri atau gejala penderita bronkitis sejak dini memang harus dilakukan agar bisa dilakukan tindakan secara cepat dan tepat.

Lalu, apa saja ciri-ciri atau gejala penyakit bronkitis yang tampak dengan jelas? Berikut ini beberapa gejala atau ciri-ciri penyakit bronkitis kronis hingga bronkitis ringan.

  1. Batuk Terus-menerus

Jangan remehkan serangan batuk-batuk. Kita perlu waspada jika serangan batuk tersebut berlangsung sangat lama dan tidak sembuh-sembuh. Jika dalam kurun waktu satu hingga 3 minggu penyakit batuk tersebut tidak segera sembuh bisa jadi batuk tersebut diakibatkan oleh peradangan paru-paru penyebab bronkitis.

BACA  Penyebab Autis Hiperaktif pada Anak dalam Kandungan

Batuk-batuk memang menjadi gejala atau ciri-ciri yang sangat umum dan mudah dikenali pada penyakit bronkitis. Oleh karena itu, jangan pandang sebelah mata serangan batuk yang terus-menerus. Segera periksakan ke dokter untuk menjalani perawatan dan pengobatan lebih lanjut.

  1. Flu

Penderita bronktis biasanya juga mengalami serangan flu yang cukup lama. Hal ini masih berkaitan dengan peradangan pada bagian paru-paru penyebab bronkitis. Flu juga bisa dibilang sebagai ciri ciri penyakit bronkitis pada anak.

Anak-anak yang terkena bronkitis biasanya berawal dari serangan flu yang tak kunjung sembuh.  Jika Anda mempunyai buah hati yang mengalami flu berkepanjangan ada baiknya untuk segera memeriksakan anak tersebut ke dokter. Bukan tidak mungkin anak tersebut telah mengidap penyakit bronkitis yang diawali dengan flu berkepanjangan tersebut.

  1. Sesak atau Sulit Bernapas

Ciri-ciri selanjutnya dari bronkitis adalah penderita yang mengalami sesak napas. Bronkitis sangat berkaitan dengan sistem pernapasan. Orang yang sudah terkena penyakit ini akan mengalami efek-efek tertentu. Sesak napas atau kesulitan dalam bernapas menjadi salah satu gejala bronkitis kronis atau berat. Kesulitan bernapas tersebut karena infeksi pada saluran pernapasan di paru-paru sudah cukup parah. Tanda ini juga bisa menjadi ciri-ciri penyakit bronkitis pada bayi.

Infeksi tersebut membuat penderitanya akan mengalami berbagai macam efek, seperti cepat lelah, sesak napas hingga mudah berkeringat pada malam hari. Sesak napas yang berkelanjutan sebaiknya segera diperiksakan ke dokter untuk memastikan penyakit apa yang menyerang. Dengan demikian pertolongan pertama bisa langsung dilakukan.

Demikian tadi ciri-ciri penyakit bronkitis yang bisa dilihat dan diamati pada penderitanya. Dengan mengetahui gejala atau ciri-ciri penderita bronkitis bisa membuat kita lebih waspada terhadap penyakit organ dalam ini. Jadi, perhatikan selalu gejala atau ciri-ciri dari penyakit bronktis agar kita bisa selalu waspada.

Related to Ciri Ciri Penyakit Bronkitis Kronis Pada Anak dan Bayi