Ciri Ciri Terkena Alergi Terhadap Obat pada Kulit

Post On: 22 November 2015
July 30, 2016

Pernahkah tubuh anda menunjukkan reaksi tertentu yang tidak wajar setelah mengkonsumsi sebuah obat? Misalnya seperti demam atau gatal-gatal? Jika iya, maka kemungkinan anda mengalami alergi obat.

Ciri ciri alergi obat bisa menunjukkan seberapa sensitif tubuh seseorang terhadap sebuah obat. Semakin berat gejalanya, maka semakin sensitif tubuh terhadap obat yang diminumnya. Jika anda mengalami ciri-ciri alergi terhadap obat maka secepatnya tulis dan catat apa obat yang menyebabkan alergi agar suatu saat anda tidak menerima obat yang serupa.

Ciri Ciri Alergi Karena Obat pada Kulit Manusia

Berikut ini adalah ciri ciri alergi karena obat yang perlu anda ketahui:

  • Ruam pada kulit

ciri-ciri-alergi-obat-pada-kulitIni adalah ciri ciri alergi obat pada kulit yang mungkin akan muncul pertama kali. Ruam akan terjadi lebh cepat jika seseorang pernah terpapar obat yang bisa menyebabkan alergi. Biasanya ruam akan muncul satu sampai dua hari sejak obat diminum. Tapi bisa saja reaksi muncul 8 sampai 10 hari setelah minum obat.

  • Gatal

Selain terjadi ruam, kulit juga akan terasa gatal. Gatal-gatal ini akan terlihat seperti biduran (urtikaria). Jika ini terjadi, maka olesi kulit dengan lotion atau bedak gatal. Ini adalah salah satu ciri ciri terkena alergi obat.

  • Demam

ciri ciri orang yang alergi obat salah satunya adalah terkena demam meskipun ini jarang terjadi. Suhu tubuh akan meningkat beberapa jam setelah mengkonsumsi obat tertentu.

  • Wajah bengkak
  • Sesak nafas
  • Syok anafilaksis yang dapat mengancam nyawa

Jika terjadi gejala anafilaksis maka harus segera mendapatkan penanganan medis. Hal ini dikarenakan syok anafilaksis dapat mengancam jiwa seseorang. Jika tidak mendapatkan penanganan, bisa jadi korban akan kehilangan nyawanya. Anafilaksis merupakan ciri ciri alergi obat yang paling berbahaya karena disertai dengan sesak nafas dan hilang kesadaran.

BACA  Cara Mengatasi Penyakit Tulang Osteoporosis Dini Secara Alami

Tanda-tanda syok anafilaksis yang harus diwaspadai antara lain

  • Sulit bernafas karena adanya penyempitan saluran nafas
  • Penurunan tekanan darah akibat shock
  • Nadi melemah
  • Gangguan pencernaan seperti muntah, mual atau diare
  • Hilang kesadaran atau pusing
  • Serum sickness

Serum sickness merupakan jenis reaksi alergi yang jarang terjadi. Biasanya muncul satu sampai tujuh hari setelah konsumsi obat. Bahkan juga terjadi meskipun belum pernah menggunakan obat yang menyebabkan alergi tersebut. Reaksi alergi terkadanh bisa menyebabkan sel darah merah pecah dan hal ini biasanya disebut dengan anemia hemolitik.

Obat – Obatan yang bisa Memicu terjadinya Alergi

Antibiotik

Obat antiobiotik yang paling menyebabkan alergi adalah penisilin, antibiotik yang berhubungan dengan penisilin, serta antibiotik yang mengandung sulfonamid dan sering disebut sebagai alergi sulfa. Terkadang, antibiotik ini bisa menyebabkan seseorang mengalami reaksi nonallergic seperti gangguan pencernaan semisam diare atau mual.

Vaksin

Meskipun jarang tetapi vaksin juga bisa menyebabkan alergi obat pada manusia. Alergi pada vaksin maksudnya reaksi alergi yang terjadi setelah dilakukan vaksinasi. Beberapa kasus alergi vaksin disebabkan oleh vaksin itu sendiri tetapi sebagian besar disebabkan karena bahan-bahan lain yang terdapat dalam vaksin seperti neomycin. Reaksi nonalergi pada vaksin ditandai dengan kulit yang kemerahan, gatal-gatal dimana gejalanya tidak terlalu parah dan bisa kembali dengan cepat.

Reaksi obat non allergic

Sesuai dengan namanya, gejala non alergi ini sama sekali tidak melibatkan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh. Kelihatannya seperti gejala alergi obat tetapi bukan melainkan efek samping dari obat itu sendiri atau gejala kepekaan terhadap obat. Reaksi non alegic ini memang mirip dengan ciri ciri terkena alergi obat secara umum.

Tags: , , , , , , , ,

Related to Ciri Ciri Terkena Alergi Terhadap Obat pada Kulit