Contoh Makanan Penurun Asam Urat Tinggi dengan Cepat

Post On: 23 November 2015
November 23, 2015

Mungkin anda sudah pernah mendengar tentang penyakit asam urat. Penyakit yang ditandai dengan rasa nyeri pada persendian ini disebabkan kandungan asam urat yang sangat tinggi.

Untuk meredakan gejala penyakit gout atau asam urat, maka penderita wajib mengkonsumsi makanan penurun asam urat. Berikut ini adalah contoh makanan penurun asam urat yang mudah ditemukan:

Makanan Sehat Penurun Asam Urat

Bawang putih

Mengkonsumsi bawang putih secara rutin trenyata bisa menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

Buah tomat

Tomat termasuk makanan penurun asam urat dan kolesterol. Buah tomat bisa langsung dimakan atau dikonsumsi dengan dibuat jus. Buah tomat efektif menurunkan asam urat sehingga cocok disantap oleh penderita asam urat.

buah-tomat-makanan-penurun-asam-urat

Teh hijau

Teh hijau memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah menurunkan kadar asam urat. Untuk mendapatkan khasiat yang maksimal, minumlah teh hijau 3-4 cangkir setiap hari.

Makanan berbahan kedelai

Penderita asam urat seharusnya tidak melewatkan makanan yang mengandung kedelai sebab berguna menurunkan asam urat dalam tubuh. Makanan berbahan kedelai yang sering ditemukan adalah tahu dan tempe.

Buah alpukat

Buah berwarna hijau ini ternyata ampuh menurunkan kadar asam urat. Untuk mendapatkan hasil terbaik konsumsilah buah alpukat secara rutin setiap hari. Buah alpukat selain lezat juga merupakan makanan penurun asam urat tinggi.

Buah anggur

Selain buah alpukat, buah anggur juga bisa menurunkan kadar asam urat. Buah ini bisa efektif menurunkan asam urat jika dikonsumsi 2 gelas setiap harinya.

Sayur bayam

Siapa sangka bahwa sayur bayam pun ternyata bisa menurunkan kadar asam urat. Sayur bayam sebaiknya dikonsumsi secara rutin sebagai teman terbaik saat makan besar.

Ikan salmon

Ikan salmon mengandung omega 3 dan asam lemak yang cukup tinggi. Keduanya dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh dan bisa mengobati penyakit asam urat. Tak hanya itu, salmon juga membantu mengurangi pembengkakan sendi dan peradangan.

BACA  Cara Membuat Badan Kurus Menjadi Gemuk Alami Ideal

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung antioksidan dan omega 3 yang sangat baik menurunkan kadar asam urat.

Sayuran mentah

Sayuran mentah dapat menurunkan kadar kolesterol dan asam urat seperti kentang atau jagung. Jika anda tidak bisa memakannya mentah-mentah, lebih baik ditim terlebih dahulu.

Makanan rendah purin dan tinggi protein

Salah satu jenis makanan yang mengandung purin rendah dan protein tinggi adalah yogurt yang merupakan olahan makanan dari susu. Purin yang rendah akan mengurangi jumlah kadar asam urat dalam tubuh. Yogurt dan produk olahan susu termasuk makanan penurun asam urat dengan cepat.

Enam dari sepuluh penderita menderita serangan asam urat yang tinggi secara berulang setiap kurun satu tahun. Kadang ada yang kambuh dalam hitungan bulan, minggu bahkan tahun tetapi waktu tepatnya terjadi serangan penyakit ini sulit diprediksi.

Gejala berkembang secara cepat dalam waktu beberapa jam kemudian berlangsung dalam waktu tiga sampai sepuluh hari. Setelah itu, rasa sakit dan tidak nyaman akan muncul tetapi berangsur-angsur menghilang kemudian akan normal kembali

Beberapa penderita mungkin akan merasakan serangan pertama asam urat satu kali dalam hidup tetapi sebagian besar penderita lainnya serangannya akan meningkat dari waktu ke waktu bahkan bisa menyerang sendi-sendi yang baru. Karena itu, penderita harus bisa mengontrol makanannya.

Mereka seharusnya memperbanyak makanan penurun asam urat dan menghindari sejumlah makanan yang dapat menaikkan kadar asam urat. Ternyata, menurunkan asam urat bisa dilakukan dengan mudah jika sudah tahu makanan apa saja yang membantu mengurangi kadar asam urat.

Tags: , , , , , , , ,

Related to Contoh Makanan Penurun Asam Urat Tinggi dengan Cepat