Daftar Jenis Makanan Penyebab Asam Urat Tinggi

Post On: 23 November 2015
November 23, 2015

Asam urat sering diderita oleh kalangan dewasa maupun manula. Tanda gejala asam urat atau penyakit gout ini antara lain rasa nyeri pada persendian atau pada bagian tubuh tertentu. Pengidap penyakit asam urat tidak boleh sembarangan mengkonsumsi makanan. Jika salah makan sedikit saja, dapat memperparah penyakit asam urat.

Berikut ini makanan penyebab asam urat yang harus dihindari:

Daging merah

daging merah mengandung banyak putin sehingga tidak perlu dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Daging putih memiliki dampak yang lebih baik daripada daging merah. Boleh-boleh saja mnegkonsumsi daging merah asalkan tidak terlalu sering. Kalau terlalu banyak daging merah bisa menjadi makanan penyebab asam urat tinggi.

makanan-daging-penyebab-asam-urat-kolesterol

Jeroan sapi

Sebenarnya, jeron sapi memiliki manfaat bagi tubuh kalau tidak dikonsumsi secara berlebihan. Jerohan sapi sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu sering oleh penderita asam urat karena mengandung kolestrol yang tinggi.

Daging domba

Penderita asam urat sebaiknya menghindari makanan berupa daging domba sebab daging domba mengandung zat purin yang tinggi. Zat purin ini akan dipaparkan menjadi asam urat.

Daging ayam dan daging angsa

Kedua jenis daging ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi penderita asam urat terlalu sering.Karena keduanya mengandung zat purin yang tergolong tinggi. Daging ayam mengandung zat purin sebesar 169 mg/ 100 g sedangkan daging angsa mengandung 165 mg/ 100 g. Mengkonsumsi daging ayam dan daging unggas terlalu sering dapat meningkatkan resiko terkena asam urat.

Hati ayam

Hati ayam mengandung kolesterol yang tinggi sehingga dapat menyebabkan penyakit jantung dan asam urat. Dalam hati ayam juga terkandung bakteri campylobacter. Penderita asam urat sebaiknya membatasi konsumsi hati ayam yang berlebihan.

Lidah sapi

Sama seperti jerohan sapi yang lainnya, lidah sapi sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu sering karena mengandung zat purin yang sangat tinggi.

BACA  Penyebab Alergi Udara Dingin Pada Kulit Manusia

Ikan bandeng

Ikan bandeng sebaiknya tidak dikonsumsi lebih dari 50 gram per hari. Memakan ikan bandeng tidak terlalu berbahaya bagi penderita asam urat jika masih dalam batasan tersebut. Ikan bandeng termasuk jenis makanan penyebab asam urat.

Seafood

Makanan laut atau seafood sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi orang yang memiliki kadar asam urat yang tinggi. Seafood mungkin masuk peringkat pertama dalam daftar makanan penyebab asam urat. Misalnya udang, lobster, kerang. Udang dan cumi mengandung lemak yang tinggi dan berpotensi menjadi penyebab asam urat dalam tubuh.

Lobster mengandung lemak jenuh dalam jumlah yang cukup tinggi. Kadar lemak jenuh pada lobster dapat menyumbat pembuluh darah. Begitu pula dengan kerang yang memiliki lemak jenuh cukup tinggi sehingga tidak dianjurkan makan kerang terlalu banyak.

Makanan Penyebab Asam Urat dan Kolesterol

Asparagus

asparagus tidak dianjurkan untuk dimakan oleh penderita asam urat karena aspragus mengandung zat purin yang lebih tinggi dibandingkan sayuran jenis lainnya.

Kangkung

Sayur kangkung mungkin menjadi makanan sehari-hari anda. Tapi ternyata kangkung ini bisa meningkatkan kadar asam urat dalam darah yang kemudian menyerang persendian. Jika jarang bergerak, maka asam urat akan menjadi linu dan sulit dirasakan.

Makanan olahan

Ragi

Ragi merupakan makanan hasil perkembangbiakan mikroorganisme. Terlalu banyak memakan ragi dapat menyebabkan peradangan asam urat. Ragi digunakan untuk membuat roti dan membuat bir atau minuman beralkohol lain.

Roti manis

Roti manis masuk dalam makanan penyebab asam urat. Untuk penderita asam urat yang terbiasa memakan roti manis sebaiknya kurangi jumlah konsumsi roti manis mulai dari sekarang sebab roti manis memiliki kadar purin 100 hingga 1000 mg zar purin dalam setiap 100 gram. Roti manis bisa diganti dengan roti gandum.

Tags: , , , , , ,

Related to Daftar Jenis Makanan Penyebab Asam Urat Tinggi