Faktor Penyebab Timbulnya Penyakit Ambeien

Post On: 14 January 2016
July 30, 2016

Penyakit yang menginfeksi kulit dan organ luar tubuh memang menjadi masalah tersendiri bagi banyak orang. Salah satu penyakit infeksi pada organ luar tubuh yang cukup menyiksa adalah ambeien. Ambeien adalah sebuah penyakit infeksi pada bagian dubur yang juga biasa disebut dengan wasir.

Penyebab penyakit ambeien ini sendiri cukup beragam. Ambeien bisa menyerang siapa saja, tak mengenal umur maupun gender. Penyakit satu ini muncul akibat terjadinya infeksi pada pembuluh darah di bagian dubur yang membuat area dubur atau anus kita mengalami infeksi berupa pembengkakan seperti bisul.

Jangan remehkan penyakit satu ini, karena jika tak segera ditangani bisa semakin parah dan bisa memunculkan komplikasi dari penyakit-penyakit lain. Ambeien akan sangat mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Bahkan, ambeien yang sudah masuk dalam tahap kritis hanya bisa ditangani dengan operasi.

Penyebab Penyakit Ambeien dan Cara Mengatasinya

Banyak hal yang harus kita ketahui tentang penyebab penyakit ambeien dan cara mengatasinya  ini. Dengan mengetahui banyak hal tentang penyakit ini kita bisa melakukan berbagai tindakan pencegahan. Salah satu hal yang mesti kita ketahui tentang ambeien adalah tentang penyebab penyakit ambeien.

penyebab-penyakit-ambeien-mengatasi-mengobati

Banyak sekali faktor penyebab penyakit ambeien ini, mulai dari faktor intern maupun faktor ekstern. Untuk mencegah penyakit ini, ada baiknya jika kita mengetahui beberapa penyebab utama dari ambeien atau wasir. Nah, berikut ini beberapa penyebab penyakit ambeien dan cara mengobatinya.

  1. Duduk Terlalu Lama

Salah satu penyebab utama dari ambeien adalah kebiasaan duduk yang terlalu lama. Hal sepele memang, namun duduk terlalu lama memang menjadi pemicu dari penyakit ambeien. Aktivitas sehari-hari kita memang tak terpisahkan dari yang namanya duduk. Entah duduk di depan televisi, duduk di depan layar komputer atau berbagai macam pekerjaan yang mengharuskan kita untuk duduk lama selama berjam-jam.

Baca Juga :

Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan Pencernaan dan Diet

Kandungan Nutrisi dan Gizi Beras Merah

Penyebab Bau Badan pada Pria dan Wanita

Contoh Makanan Penurun Asam Urat Tinggi

Kebiasaan duduk yang terlalu lama itulah yang bisa membuat pembuluh darah di sekitar dubur menjadi bermasalah dan menjadi penyebab timbulnya penyakit ambeien. Untuk mengantisipasi hal tersebut, ada baiknya jika jangan duduk terus menerus selama berjam-jam. Selingi dengan berdiri atau berjalan-jalan selama 5 hingga 15 menit. Dengan begitu, kita bisa mencegah penyakit ini menyerang.

  1. BAB yang Dipaksakan
BACA  Cara Mengatasi Penyakit Gagal Ginjal Secara Alami

Memaksakan buang air besar juga bisa menjadi faktor penyebab penyakit ambeien. Terkadang kita mengalami yang namanya kesulitan buang air besar. Hal tersebut membuat kita memaksakan diri untuk membuang air besar tersebut sampai keluar semua. Pemaksaan tersebut bisa berdampak langsung kepada peredaran darah di luabang anus. Jika susah buang air besar dan terus dipaksakan maka ambeien bisa menyerang.

Agar bisa buang air besar dengan lancar, konsumsilah makanan yang mengandung serat seperti Pepaya. Konsumsi serat yang cukup akan melancarkan sistem pencernaan kita. Buah-buahan atau makanan yang mengandung banyak serat memang cara yang paling tepat untuk mencegah penyakit ambeien.

  1. Kurang Minum Air Putih

Percayakah jika kurang mengkonsumsi air putih bisa menyebabkan ambeien? Percaya atau tidak percaya namun penelitian sudah membuktikan bahwa kurangnya mengkonsumsi air putih bisa menjadi penyebab munculnya penyakit ambeien. Air putih memang sangat dianjurkan untuk kesehatan. Mengkonsumsi air putih secara teratur sangat berguna untuk menyehatkan sistem pencernaan kita. Oleh karena itu, minumlah minimal 8 gelas air putih setiap harinya.

Nah, itu dia beberapa faktor yang menjadi penyebab penyakit ambeien. Dengan mengetahui berbagai penyebab penyakit ambeien, kita bisa melakukan tindakan pencegahan agar bisa terhindar dari penyakit tersebut. Jika Anda atau kerabat Anda telah terserang penyakit ini, segeralah bawa ke dokter kulit untuk dilakukan tindakan pertolongan pertama.

Related to Faktor Penyebab Timbulnya Penyakit Ambeien