Gejala Penyakit Asam Urat Tinggi dan Pengobatannya

Post On: 23 November 2015
July 30, 2016

Mungkin orang-orang usia lanjut sekitar anda atau bahkan anda sendiri pernah mengalami nyeri pada persendian. Nyeri ini sayangnya tidak hanya terjadi satu atau dua kali tetapi sering tiba-tiba menyerang tanpa bisa diprediksi.

Jika demikian, maka kemungkinan besar anda atau orang-orang lanjut usia tersebut menderita asam urat. Rasa nyeri yang anda rasakan kemungkinan adalah gejala asam urat tinggi. Ini biasanya disebabkan karena kadar asam urat dalam tubuh meningkat dan lebih tinggi dari jumlah normal.

Gejala Penyakit Asam Urat dan Kolesterol Tinggi

gejala-asam-urat-tinggi-kolesterol

Gejala asam urat dan kolesterol tinggi memang sangat mengganggu walaupun berlangsung dalam durasi yang terbilang singkat. Meskipun demikian, penyakit asam urat dapat diredakan gejalanya dengan mengkonsumsi obat-obatan dan mengatur pola makan.

Berikut ini adalah gejala penyakit asam urat dan kolesterol tinggi yang sering menyerang penderita asam urat:

  • persendian terasa nyeri, ngilu, linu dan kesemutan bahkan sampai bengkak
  • nyeri pada persendian di pagi hari khususnya setelah bangun pagi
  • nyeri pada sendi berulang kali
  • nyeri pada sendi tangan, tumit, kaki sampai siku
  • kulit di atas sendi terlihat mengkilap dan memerah
  • rasa sakit yang tidak tertahankan terutama ketika sendi tersentuh benda apapun bahkan selembar kain
  • ketika radang pada sendi mereda, kulit pada area tersebut mengelupas dan terasa gatal
  • jika nyerinya sudah parah, penderita akan kesulitan bergerak

Penyakit asam urat atau penyakit gout disebabkan pengkristalan natrium urat di dalam atau sekitar sendi. Gejala sakit akan muncul selama tiga hingga sepuluh hari dengan puncak sakit yang akan dimulai dalam enam hingga dua puluh empat jam setelah serangan pertama dimulai.

Tanda Gejala Asam Urat Tinggi dan Pengobatan

Diagnosis pada penyakit gout ini :

  • Lokasi sendi mana saja yang terasa sakit
  • Gejala muncul dengan cepat atau muncul lambat
  • Frekuensi mengalami gejala-gejala asam urat tinggi
  • Sedang Konsumsi obat-obatan tertentu atau tidak
  • Apakah ada riwayat keluarga yang menderita gout
BACA  Cara Mengatasi Badan Lemas dan Pusing Kepala

Tanda gejala asam urat tinggi ini biasanya disebabkan karena zat purin yang mengkristal pada bagian tubuh tertentu. Zat purin dapat berasal dari makanan yang dikonsumsi baik hewan-hewanan maupun tumbuh-tumbuhan.

Jika makanan yang dimakan mengandung banyak zat purin maka kemungkinan menderita asam urat semakin tinggi. Gejala asam urat yang meningkat dapat diringaknkan dengan obat yang alami seperti ramuan ubi jalar dan cengkeh, daun salam dan buah pare.

Gejala asam urat tinggi dan pengobatannya secara alami yaitu:

Daun salam

10 lembar daun salam dan 2 gelas air. Cara membuat obatnya yaitu rebus 10 lembar daun salam yang telah dicuci bersama dengan 2 gelas air putih lalu didihkan sampai airnya hanya tersisa 1 gelas. Minumlah airnya secara rutin sebanyak 2 kali sehari.

Ramuan cengkeh dan ubi jalar

Bahan-bahan yang harus disiapkan yaitu 5 butir cengkeh, kapulaga 5 butir, kayu manis 1 jari, biji pala 5 gram, air 1000 ml, jahe merah 15 gram dan ubi jalar 200 gram. Cara membuatnya yaitu merebus semua bahan-bahan tersebut dalam 1000 ml air dan didihkan sampai airnya hanya tersisa setengah. Saring dan minum airnya. Kalau ubi jalar bisa dikonsumsi secara langsung.

Buah pare

Bahannya yaitu 1 buah pare dan 2 gelas air. Caranya sangat sederhana yaitu buang biji pare dan cuci buah pare sampai bersih kemudian potong-potong lalu rebus dengan air sebanyak 2 gelas. Didihkan sampai tersisa hanya setengah kemudian minum air rebusan dan minum secara teratur sebanyak 1 kali sehari. Dengan konsumsi pare, gejala asam urat tinggi bisa dikurangi.

Tags: , , , , , , , ,

Related to Gejala Penyakit Asam Urat Tinggi dan Pengobatannya