Gejala Penyakit Bronkitis Kronis pada Anak

Post On: 6 January 2016
July 30, 2016

Bronkitis merupakan salah satu penyakit pernapasan yang sering sekali menyerang anak-anak. Penyakit ini tergolong penyakit berbahaya dan bisa menimbulkan kematian. Oleh karena itu, untuk tindak pencegahan, kenali tanda-tanda dan gejala bronkitis sedini mungkin.

Penyakit ini sendiri disebabkan oleh suatu infeksi saluran udara utama paru-paru. Infeksi tersebut mengakibatkan peradangan saluran udara dalam tubuh. Bronkitis sendiri masuk dalam kategori penyakit pernapasan.

Anak-anak sangat rentan terserang penyakit ini. Oleh karena itu, bagi Anda yang sudah memiliki buah hati, ada baiknya untuk mengenali gejala bronkitis pada anak. Dengan begitu, kita bisa menanggulangi penyakit ini secepat mungkin agar tidak bertambah parah.

Gejala Penyakit Bronkitis Kronis Pada Anak

gejala-penyakit-bronkitis-pada-anak-yg-kronis

Banyak faktor yang menjadi penyebab munculnya penyakit pernapasan ini. Faktor pertama adalah infeksi yang disebabkan oleh virus. Kebiasaan merokok juga sangat berpengaruh terhadap munculnya penyakit ini. Selain itu, kondisi iklim udara tempat tinggal juga mempengaruhi kemunculan penyakit berbahaya ini.

Agara tetap waspada terhadap penyakit ini, kita harus bisa mengetahui tanda-tanda atau gejala penyakit bronkitis ini. Berikut ini beberapa gejala umum dari penyakit bronkitis yang banyak ditemui. Jika Anda atau buah hati Anda mengalami gejala-gejala di bawah ini, segeralah berkonsultasi dengan dokter.

  1. Batuk-batuk disertai dahak

Gejala awal dari penyakit bronkitis ini adalah batuk-batuk disertai dengan dahak atau lendir. Lendir yang muncul pada gejala batuk tersebut biasanya berwarna hijau atau kuning. Kita patut curiga jika mengalami batuk terus menerus yang disertai dengan munculnya lendir berwarna hijau atau kuning tersebut. Sakit seperti ini juga bisa menjadi pertanda gejala bronkitis pada anak. Jika ini terjadi segera periksakan diri ke dokter untuk mengetahui masalah yang sebenarnya.

  1. Tenggorokan sakit

Gejala dari bronkitis selanjutnya adalah tenggorokan yang sakit. Seperti yang sudah disebutkan di awal, bronkitis termasuk dalam penyakit pernapasan. Salah satu organ pernapasan yang terserang adalah tenggorokan. Jika tenggorokan terasa sakit, Anda patut waspada.

  1. Sering terserang flu
BACA  Obat Batuk Tradisional Atasi Batuk Pada Anak

Kadang kita bisa dengan mudah terserang flu yang mengakibatkan hidung tersumbat. Jangan remehkan flu yang biasa Anda alami tersebut. Ingus yang keluar dari dan membuat hidung menjadi tersumbat adalah salah satu tanda dari bronkitis. Bukan tidak mungkin flu yang Anda alami tersebut adalah gejala awal dari penyakit bronkitis. Oleh karena itu, jangan anggap remeh flu tersebut.

  1. Sesak napas

Gejala selanjutnya adalah sesaknya napas. Sesak napas bisa menjadi tanda atau gejala bronkitis kronis. Masalah sesak pernafasan ini sangat mempengaruhi kondisi paru-paru. Serangan infeksi yang sudah mencapai paru-paru ini harus sangat kita waspadai. Jika Anda merasa dada terasa sesak dan sulit bernafas, langsung pergi ke dokter atau klinik terdekat untuk mendapatkan pertolongan. Sesak napas merupakan gejala bronkitis tingkat akut.

  1. Batuk berdarah

Gejala yang semakin parah akan membuat penyakit ini lebih mudah diketahui. Salah satu gejala akut dan paling berbahaya adalah batuk berdarah. Batuk terus menerus adalah gejala awal. Jika batuk terus terjadi hingga 2 sampai 3 minggu Anda wajib waspada dan bisa mulai berkonsultasi dengan dokter. Dan yang terparah batuk-batuk tersebut disertai dengan darah. Jika batuk Anda disertai dengan munculnya darah, bergegaslah ke dokter akan bisa cepat ditangani.

Demikian tadi beberapa gejala bronkitis yang bisa kita amati dan waspadai. Bronkitis merupakan penyakit yang cukup berbahaya. Jika merasa mengalami gejala-gejala di atas, segeralah periksakan diri Anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan. Untuk tindak pencegahan, Anda bisa mengkonsumsi obat-obatan alami dan juga membiasakan diri dengan pola hidup sehat.

Related to Gejala Penyakit Bronkitis Kronis pada Anak