Ini Dia 6 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Trimester Ke-3

Post On: 26 November 2016
November 2, 2016

6 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Trimester Ke-3 – Pada kehamilan trimester ketiga, kondisi fisik ibu hamil mulai berubah ditandai dengan perut yang kian membesar, kesulitan bergerak, maupun bernafas. Rasa letih dan lesu semakin dirasakan berkat berat tubuhnya yang naik, tak sedikit ibu hamil mencoba membatasi asupan makanan yang dikonsumsinya guna membuatnya agar masih bisa bergerak bebas. Namun, hal ini salah jika dilakukan, karena di trimester ketiga Ibu hamil justru harus menjaga asupan makanan yang bergizi dan sehat guna menambah tenaga untuk proses persalinan nantinya. Bukan berarti segala makanan dapat dikonsumsi, namun Anda harus tetap selektif dalam memilih karena ada beberapa makanan yang mengandung zat maupun senyawa yang tidak baik bagi kesehatan Ibu hamil.

6 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Trimester Ke-3

6 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Trimester Ke-3

Cermati kandungan gizi dalam makanan dan konsumsilah dengan porsi yang cukup. Berikut ini beberapa makanan yang dianjurkan saat memasuki kehamilan trimester ketiga, yakni:

1. Omega 3

Persiapan fisik maupun psikis memang harus senatiasa terjaga dengan baik sebelum proses persalinan tiba. Khususnya nutrisi Omega 3 yang akan sangat bermanfaat bagi perkembangan bayi dan penyempurnaan bayi selama dalam kandungan. Omega 3 dapat Anda peroleh dengan mengkonsumsi ikan salmon, ikan tuna, kembang kol, kedelai, buah alpukat, bayam, telur, dan ikan lele.

2. Protein

Protein bermanfaat untuk membentuk darah, cairan ketuban, dan plasenta. Protein yang dimaksud di sini terdapat dalam susu yang juga bermanfaat bagi pembentukan sistem imunitas. Selain protein terdapat pula kandungan vitamin yang dapat membantu menyerap kalsium dimana kalsium sangat dibutuhkan bagi Ibu hamil.

3. Pepaya

Konsumsi buah pepaya secara teratur dapat membantu dalam proses pencernaan, mengurnagi pengeluaran asam hidroklorat lambung, dan mencegah heartburn atau rasa panas maupun perih saat hamil trimester ketiga. Namun pepaya yang dimaksud di sini adalah konsumsi pepaya yang benar-benar matang, karena pepaya muda akan mengganggu perkembangan janin bahkan bisa menyebabkan keguguran.

BACA  Ini Dia Manfaat Sayuran Untuk Ibu Hamil

6 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Trimester Ke-3

4. Sayuran

Sayuran berwarna hijau memang selalu bermanfaat baik bagi tubuh karena mengandung vitamin A, C, dan K, serta asam folat yang dapat menjaga kesehatan mata.

5. Daging tanpa lemak

Protein tinggi dalam daging merah tanpa lemak dapat Anda konsumsi asal mengolahnya harus benar-benar matang untuk menghindari bakteri yang akan mengganggu kesehatan janin.

6. Buah

Tak lengkap rasanya jika tak mengkonsumsi buah segar yang beraneka warna yang juga memiliki kandungan nutrisi sehat bagi kesehatan jika mengolahnya dengan tepat.

Demikianlah tadi 6 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Trimester Ke-3. Tak perlu takut dengan kenaikan berat badan, selagi naik di angka yang normal atau kenaikan masih bersifat stabil. Jadi tetaplah menjaga asupan makanan yang akan menunjang kesehatan Ibu dan janinnya.

Tags: ,

Related to Ini Dia 6 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Trimester Ke-3