Ini Dia Manfaat Sayuran Untuk Ibu Hamil

Post On: 17 December 2016
December 9, 2016

Manfaat Sayuran Untuk Ibu Hamil – Makanan memang tak lepas dari kehidupan manusia, karena tak ada manusia yang dapat tumbuh dan berkembang tanpa mengkonsumsi makanan. Hal ini juga berkaitan dengan Ibu hamil, karena Ibu hamil harus mengkonsumsi makanan yang dapat menunjang kesehatan dirinya sendiri sekaligus janin yang ada dalam kandungan. Kehamilan itu terjadi selama 9 bulan lamanya, masing-masing usia kehamilan selalu berlangsung proses tumbuh kembang janin yang berbeda, untuk itu nutrisi makanan juga sangat berperan penting bagi proses tumbuh kembang janin agar berjalan dengan sebagaimana mestinya.

Ini Dia Manfaat Sayuran Untuk Ibu Hamil

Namun tak jarang juga Ibu hamil mengalam gangguan morning sickness, mual, bahkan muntah sehingga kerap kali terjadi penolakan terhadap makanan yang smestinya harus dikonsumsi. Gangguan lainnya adalah rasa pegal, heartburn, dan kekenyangan terjadi pada kehamilan di usia trimester kedua. Namun menginjak trimester ketiga, Anda harus bertambah memperhatikan asupan nutrisi yang wajib terpenuhi tiap harinya. Beberapa Ibu hamil juga memiliki makanan yang pantang untuk dikonsumsi selama kehamilan karena terdapat zat maupun senyawa yang dapat mengganggu perkembangan janin. Jadi Ibu hamil lebih dianjurkan sering mengkonsumsi sayuran dan buah segar di masa kehamilan.

Manfaat 4 Jenis Sayuran Untuk Ibu Hamil

Berikut ini beberapa sayuran yang bermanfaat bagi kehamilan, yakni:

1. Jipang

Mungkin masih asing dengan kata Jipang, Jipang merupakan labu siam yang kaya akan serat sehingga masalah pencernaan dapat diatasi dengan mengkonsumsi Jipang. Jipang juga mengandung asam folat yang dapat mengurangi resiko kelahiran bayi cacat.

2. Kacang Panjang

Kalori dalam kacang panjang rendah namun gizinya sangatlah baik untuk Ibu hamil. Serat yang terkandung dapat melancarkan pencernaan dan mengandung sumber folat yang baik. Tak hanya itu saja, kacang panjang juga mengandung vitamin C dimana jika dikonsumsi selagi mentah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan zat besinya juga baik bagi kesehatan Ibu dan janinnya.

BACA  Ini Dia Manfaat Bayam Untuk Ibu Hamil

3. Jagung

Jagung merupakan makanan yang enak dikonsumsi dengan beragam olahan. Kandungan vitamin B12 pada jagung dapat mencegah anemia dan dapat mempertahankan keseimbangan tubuh agar organ tubuh menjalankan fungsinya dengan tepat. Kandungan lain dalam jagung yakni asam folat, protein yang dapat membentuk jaringan otot baru agar sistem imunitas meningkat.

4. Terong Ungu

Terong ungu yang biasa dimasak dengan bumbu balado ini memiliki kandungan asam folat yang dapat mencegah kerusakan otak bayi. Kandungan lainnya juga terdapat zat besi, serat kalori, vitamin B1, B2, C dan protein yang baik bagi Ibu hamil.

Demikianlah tadi ulasan kita kali ini mengenai Manfaat Sayuran Untuk Ibu Hamil. Masih banyak sebenarnya sayuran lain yang memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan Ibu hamil. Apabila Anda mengkonsumsi sayuran maupun buah segar dengan olahan yang tepat maka kesehatan Anda beserta janin dapat terjaga dengan sangat baik.

Tags: ,

Related to Ini Dia Manfaat Sayuran Untuk Ibu Hamil