Inilah Pentingnya Kebutuhan Karbohidrat Saat Hamil

Post On: 11 December 2016
December 8, 2016

Kebutuhan Karbohidrat Saat Hamil – Ibu hamil sering dipusingkan dengan asupan makanan apa yang dapat menunjang kesehatan untuk dirinya beserta janinnya. Kali ini kami akan membahas salah satu nutrisi penting bagi Ibu hamil yaitu Karbohidrat. Memang ada beberapa Ibu hamil yang menghindari asupan makanan yang mengandung karbohidrat karena takut jika berat badannya akan semakin melonjak.

Inilah Pentingnya Kebutuhan Karbohidrat Saat Hamil

Namun sebenarnya Ibu hamil sangat memerlukan karbohidrat untuk menambah energi dalam tubuhnya dan baik bagi pertumbuhan janin.
Kita ketahui bersama jika karbohidrat sangatlah diperlukan sebagai energi utama, dapat menjaga kesehatan syaraf dalam pembentukan sel, mengatur metabolisme di dalam lemak, menghemat protein, membantu mengeluarkan feses, dan meningkatkan pertumbuhan bakteri yang memproduksi vitamin dan sebagai efek pencahar. Untuk memperoleh karbohidrat, Anda dapat mengkonsumsi nasi putih, nasi merah, roti, bihun, mie, tepung, maupun sirup, namun disarankan bagi Ibu hamil mengkonsumsi nasi merah maupun oat dari gandum utuh.

Di masa kehamilan kebutuhan kalori akan bertambah sekitar 45%, tak sampai di situ saja karena akan semakin bertambah sampai 450 kalori perhari di trimester kedua. Sebanyak 60% dari karbohidrat merupakan kalori yang dibutuhkan oleh Ibu hamil. Jika kalori terpenuhi dengan baik maka dapat membantu pembentukan plasenta, pertumbuhan janin, pembuluh darah, perubahan metabolisme, dan cadangan lemak. Untuk itu konsumsilah karbohidrat sesuai kebutuhan agar tumbuh kembang janin dapat berjalan dengan baik dan tentunya berat badan tidak akan melonjak tajam. Mengkonsumsi makanan yang seimbang akan menambah kesehatan Anda dan janin terjaga dengan maksimal.

Untuk ibu hamil dengan riwayat kadar gula darah rendah harus menambah konsumsi karbohidrat sehingga terhindar dari gangguan janin, gangguan imunitas, gangguan produksi kerja pada ibu hamil dan gangguan fungsi otak. Namun ada bahayanya pula jika mengkonsumsi banyak karbohidrat secara berlebihan yang akan membuat kadar gula darah meningkat sehingga resiko diabetes gestasional yang terjadi pada Ibu hamil bisa terjadi. Untuk itu aturlah pola makan dengan sangat tepat dimana pagi sarapan, siang makan dan cemilan, sore cemilan, dan malamnya makan. Porsi makan pun harus sangat diperhatikan, jadi makan dalam porsi kecil namun sering bagi Ibu hamil dengan gangguan morning sickness, mual, dan muntah.

BACA  Cara Mengatasi Panas Dalam pada Anak, Bayi , Ibu Hamil Secara Alami

Demikianlah tadi ulasan kita kali ini mengenai Kebutuhan Karbohidrat Saat Hamil. Semoga saja dapat memberikan informasi yang bermanfaat. Salam sehat!

Tags: ,

Related to Inilah Pentingnya Kebutuhan Karbohidrat Saat Hamil