Kandungan Nutrisi dan Gizi pada Beras Merah

Post On: 6 January 2016
January 6, 2016

Bagi orang yang sedang menjalani program diet, beras merah sangat disarankan untuk dikonsumsi. Kandungan beras merah dapat membantu program diet kita karena cepat mengenyangkan. Selain itu banyak manfaat lain dari makanan ini untuk kesehatan.

Lalu, apa perbedaan beras merah dengan beras biasa? Selain perbedaan pada warna, beras merah dan beras biasa juga berbeda dalam kandungan gizi dan nutrisi. Beras biasa dari segi rasa juga lebih enak dibandingkan dengan beras merah. Tapi untuk kesehatan, beras merah lebih direkomendasikan untuk dikonsumsi.

Warna merah pada beras merah didapat dari antosanin yang didalamnya banyak terdapat antioksidan dan juga antikanker. Kandungan gizi beras merah terdiri dari beberapa macam nutrisi yang menyehatkan. Maka tak heran jika banyak dokter yang menyarankan untuk mengkonsumsi beras merah dibandingkan dengan beras putih biasa.

Kandungan Nutrisi Pada Beras Merah

kandungan-gizi-nutrisi-beras-merah

Kandungan nutrisi beras merah mempunyai sifat yang rendah kalori. Dalam porsi beras merah yang sedikit, sudah terkandung kalori yang dibutuhkan tubuh dalam satu hari. Oleh karena itu, dengan porsi sedikit, kita bisa cepat kenyang. Sangat berbeda jika dibandingkan dengan beras putih biasa.

Karena memiliki jumlah kalori yang cukup meski porsinya sedikit, beras merah sangat disarankan bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan atau diet. Sekedar informasi, beras merah ini merupakan makanan wajib bagi para binaragawan dan sebagian atlet.

Baca Juga :

Ciri Ciri Penyakit Batu Ginjal

Penyebab Asam Urat Tinggi

Pantangan Bagi Penderita Batu Ginjal

Gejala Penyakit Asam Urat Tinggi

Selain itu kandungan gizi pada beras merah juga berkhasiat dalam mengatasi beberapa masalah penyakit dalam tubuh. Berbagai macam vitamin yang baik bagi tubuh yang terkandung dalam beras merah bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam penyakit mematikan.

Khasiat yang pertama adalah mengontrol kadar gula darah. Kadar gula darah yang berlebihan akan membuat penyakit diabetes menyerang kita. Nah, beras merah adalah makanan yang bisa dikonsumsi para penderita diabetes. Dengan konsumsi yang cukup, beras merah dapat mengatur kadar gula darah dalam tubuh kita.

BACA  Contoh Makanan Penurun Asam Urat Tinggi dengan Cepat

Khasiat selanjutnya adalah menurunkan kolesterol. Kolesterol adalah masalah besar bagi sebagian besar orang Indonesia. Mengkonsumsi junk food atau makanan berlemak menjadi salah satu penyebab utama kolesterol.

Kandungan Gizi dalam Beras Merah

Mengganti nasi yang dikonsumsi dengan nasi merah dapat menurunkan kolesterol. Nasi merah bisa menjadi asupan karbohidrat utama pengganti nasi biasa. Beras merah juga berkhasiat untuk melancarkan pencernaan. Seperti yang diketahui, kandungan gizi beras merah mengandung banyak serat, sehingga mampu mengatasi berbagai macam masalah pencernaan seperti sembelit, perut kembung, maag dan lain-lain. Jika Anda bermasalah dengan pencernaan, beras merah bisa menjadi solusi.

Khasiat lain dari beras merah adalah menangkal radikal bebas. Jika tubuh terserang radikal bebas, berbagai penyakit ganas bisa menyerang tubuh kita mulai dari kanker dan jantung koroner. Untuk menangkal radikal bebas diperlukan antioksidan.

Nah, beras merah mempunyai kandungan dalam beras merah yang berupa anti-oksidan yang cukup tinggi. Tingginya kandungan antioksidan pada beras merah sangat berguna untuk mencegah radikal bebas yang membawa aneka ragam penyakit yang mematikan.

Selanjutnya ada khasiat dari beras merah yang mungkin belum banyak yang tahu. Ternyata, beras merah juga berkhasiat untuk memelihara kecantikan kulit. Zat antioksidan dan vitamin B menjadikan beras merah sangat bagus untuk memelihara kesehatan kulit kita. Dengan konsumsi yang teratur, kulit kita bisa menjadi lebih cerah dan juga sehat.

Kebanyakan dari kita mungkin hanya mengetahui jika beras merah dapat membantu program diet. Padahal banyak sekali manfaat dari beras merah untuk kesehatan yang bisa kita dapat. Kandungan beras merah yang beraneka ragam menjadikan bahan pangan ini sangat cocok sebagai pengganti beras biasa. Jadi, jangan ragu untuk mengkonsumsi beras merah sebagai makanan sehari-hari Anda.

Related to Kandungan Nutrisi dan Gizi pada Beras Merah