Macam – Macam Anemia dan Penyebabnya Pada Kehamilan Ibu Hamil

Post On: 23 November 2015
July 30, 2016

Anemia atau kelainan karena kekurangan darah bisa disebabkan oleh beberapa hal dan ini menjadi dasar dalam menentukan macam-macam anemia. Kekurangan darah merah bisa digolongkan menjadi berbagai macam tergantung penyebabnya.

Macam-Macam Anemia dan Penyebabnya

Anemia karena perdarahan

anemia bisa disebabkan karena seseorang kehilangan banyak darah atau mengalami perdarahan. Misalnya saat terjadi kecelakaan, operasi atau perdarahan karena penyakit. Tubuh sebenarnya sudah berusaha mengganti kekurangan sel darah merah.

macam-macam-anemia-dalam-kehamilan-ibu-hamil

Tubuh mengeluarkan cairan atau plasma dalam jumlah yang banyak. Meskipun tubuh memiliki banyak plasma, tetapi sel darah merahnya masih tetap rendah. Kehilangan sel darah merah yang begitu banyak tak bisa langsung digantikan oleh tubuh dalam waktu yang cepat. Inilah yang dapat menyebabkan anemia.

Anemia hemolitica

Anemia hemolitica terjadi ketika sel-sel darah menjadi sensitif. Dalam hal ini, sel-sel darah sangat mudah diihancurkan dalam limpa. Anemia jenis ini banyak terjadi pada penderita malaria dimana sangat banyak parasit yang masuk dalam sel darah merah.

Parasit tersebut mengambil nutrisi yang ada pada sel darah merah dan kemudian berkembang biak menjadi parasit dalam jumlah yang lebih banyak. Sel darah merah yang sensitif ini bisa juga disebabkan karena logam seperti arsen, perak, dan timah atau obat-obatan dan bahan kimial lainnya.

Sferositosis herediter

Anemia ini terjadi karena bentuk sel darah merah yang tidak sempurna. Normalnya bentuk dari sel darah merah adalah bulat dan pipih. Tetapi karena keturunan, bentuknya mungkin akan seperti bola atau bentuk irregular lainnya. Sel darah merah yang tidak sempurna ini dapat terperangkap di limpa dan menjadikan limpa bengkak. Jika limpa sudah bengkak, akan terjadi borok pada kaki dan perubahan pada tulang.

Talasemia

Ini merupakan jenis dari anemia hemolitica. Hemoglobin tidak terbentuk secara baik sehingga tidak bisa melakukan fungsinya. Biasanya talasemia disebabkan faktor keturunan. Agar bisa hidup lebih lama, penderita talasemia membutuhkan perawatan yang konsisten seperti transfusi darah secara berkala agar kadar hemoglobinnya tetap terjaga dan menjalani pemeriksaan ferritin serum untuk memeriksa kadar fe. Pengobatan lain yang bisa ditempuh oleh penderita talasemia yaitu teknologi sel punca atau transplantasi sumsum tulang belakang.

BACA  Ini Dia Manfaat Bayam Untuk Ibu Hamil

macam-macam anemia pada ibu hamil bisa disebabkan karena kekurangan zat besi atau asam folat. Berikut ini macam macam anemia pada kehamilan yaitu :

Anemia defisiensi zat besi

ini adalah salah satu dari macam macam anemia pada kehamilan. zat besi dalam tubuh yang kurang bbisa menyebabkan hemoglobin tidak mencukupi. Hemoglobin adalah protein yang bertugas membawa oksigen dari paru-paru ke tubuh. Ibu hamil yang kekurangan zat besi, oksigen tidak bisa diikat oleh darah dalam jumlah yang cukup.

Anemia defisiensi folat

Folat masuk bagian dari vitamin B. Tubuh membutuhkan folat dalam jumlah yang cukup banyak untuk membentuk sel darah merah. Ketika ibu hamil kekurangan folat, maka sel darah merah tidak bisa terbentuk dalam jumlah yang cukup sehingga oksigen tidak bisa diedarkan ke seluruh tubuh. Kekurangan folat juga bisa membuat calon bayi lahir cacat. Anemia defisiensi folat termasuk macam-macam anemia dalam kehamilan.

Anemia defisiensi vitamin B12

vitamin B12 juga dibutuhkan dalam jumlah yang cukup untuk bisa membentuk sel darah merah. Vitamin B12 ini tidak hanya didapatkan dari makanan saja tetapi juga dari suplemen tambahan. Untuk ibu-ibu yang tidak bisa mengkonsumsi sumber vitamin B12 yang terpadat pada susu, telur dan daging unggas harus berkonsultasi dengan dokter untuk mencukupi kebutuhan vitamin B12. Macam-macam anemia pada ibu hamil dapat diatasi dengan konsumsi cukup nutrisi.

Tags: , , , , , , , ,

Related to Macam – Macam Anemia dan Penyebabnya Pada Kehamilan Ibu Hamil