Makanan Sehat dan Dilarang Untuk Penderita Asam Urat

Post On: 23 November 2015
November 23, 2015

Bagi anda yang sedang menderita penyakit asam urat harus berhati – hati dalam mengonsumi bahan makanan tertentu agar nanti penyakit anda tidak kambuh. Dibawah ini beberapa Makanan untuk penderita asam urat yang sebaiknya dikonsumsi antara lain:

Ceri

Mengandung antosianin yang mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Antosianin ini mencegah pengkristalan asam urat dalam persendian. Ceri dapat menetralkan zat asam dan mencegah peradangan serta rasa nyeri. Untuk hasil yang optimal, konsumsi 200 gram ceri tiap hari.

Apel

Kandungan dalam buah apel yang bisa menurunkan kadar asam urat yaitu asam malat. Dengan mengkonsumsi apel, penderita akan terbantu mengurangi kadar asam uratnya. Agar mendapatkan khasiat apel, sebaiknya konsumsi minimal satu apel setelah selesai makan.apel memang makanan untuk penderita asam urat dan kolesterol yang enak.

apel-makanan-sehat-penderita-asam-urat

Jeruk nipis

Jeruk nipis mengandung asam sitrat dimana asam sitrat ini merupakan pelarut asam sitrat alami. Dengan mengkonsumsi segelas air perasan jeruk nipis sehari dua kali maka penderita asam urat sudah mendapatkan manfaat bagi tubuh.

Kacang panjang perancis

Makanan yang satu ini ternyata juga dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Agar hasilnya maksimal, konsumsilah jus kacang panjang perancis dua kali sehari.

Kacang pinto

Kacang pinto mengandung asam folat dimana asam folat ini sangat berguna menurunkan kadar asam urat yang sedang dialami. Sebaiknya kacang pinto ini dikonsumsi bersama lentil dan biji bunga matahari agar mendapatkan hasil sesuai yang diinginkan.

Makanan berserat tinggi

Makanan berserat adalah makanan sehat untuk penderita asam urat. Makanan yang menhandung tinggi serat antara lain sayuran dan buah-buahan seperti brokoli, apel, wortel, sledri, atau mentimun. Sebuah riset menunjukan bahwa mengkonsumsi makanan tinggi serat dapat menurunkan kadar asam urat hingga menjadi normal. Karena serat dapat membantu menyerap kelebihan asam urat dari tubuh melalui ginjal.

Pisang

Buah yang satu ini tidak hanya berfungsi menurunkan kadar asam yrat tetapi juga bisa mengurangi peradangan sendi dan pembengkakan akibat penyakit yang satu ini. Agar mendapatkan manfaat terbaik, makanlah pisang delapan sampai sembilan buah tiap hari selama tiga hingga empat hari.

BACA  Cara Mencegah Bisul Tumbuh Membesar

Coklat hitam

Siapa yang tidak suka dengan coklat? Makanan yang satu ini ternyata juga membantu menurunkan kadar asam urat karena kandungan senyawa teobromin. Senyawa yang satu ini bisa menjaga kadar asam urat menjadi normal.

Makanan yang Dilarang untuk Penderita Asam Urat

Kerang

penderita asam urat lebih baik menghindari makanan laut dan daging sebab kerang dan makanan laut mengandung purin yang akan diuraikan menjadi asam urat dalam tubuh. Sebaiknya, tidak mengkonsumsi makanan laut atau daging hingga melebihi 4-6 ons setiap harinya.

Ikan laut

Selain kerang, ikan laut juga masuk pantangan makanan untuk penderita asam urat. Beberapa jenis ikan laut yang perlu dihindari yaitu ikan asin, ikan teri dan ikan tuna. Ketiganya boleh dikonsumsi tapi hanya sesekali saja. Tidak boleh terus-terusan. Tetapi makanan lain seperti belut, udang, lobster dan kepiting relatif aman dikonsumsi oleh penderita asam urat.

Kalkun

Daging kalkun atau unggas bukan pilihan makanan yang baik untuk orang yang menderita asam urat. Sebab kedua jenis daging tersebut mengandung purin yang sangat tinggi. Jadi, jangan terlalu sering mengkonsumsinya dalam jumlah yang banyak. Di antara daging unggas, yang paling aman adalah bebek dan ayam. Pilihlah bagian paling aman dari kedua daging tersebut yaitu pada bagian kaki dan hindari bagian kulit dan dada ayam.

Soft drink

Seperti yang layak diketahui bahwa soft drink atau minumansejenisnya mengandung fruktosa dengan sirup jangung yang tinggi. Penderita asam urat sebaiknya menghindarinya. Sebab pemanis dalam minuman tersebut dapat merangsang tubuh menghasilkan asam urat yang lebih banyak. Sebuah studi menunjukan bahwa orang yang mengkonsumsi fruktosa dalam jumlah yang banyak lebih beresiko terkena asam urat. Kurangi minuman manis dan perbanyak makanan untuk penderita asam urat.

Tags: , , , , , , , ,

Related to Makanan Sehat dan Dilarang Untuk Penderita Asam Urat