Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Seorang Ibu Hamil

Post On: 4 October 2016
September 17, 2016

Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Seorang Ibu Hamil – Sebenarnya bolehkan ibu hamil mengkonsumsi kelapa muda? Masa kehamilan memang cukup berat dijalani ibu hamil. Selain keluhan kehamilan yang sering terjadi, ada juga beberapa informasi atau kabar burung yang membuat resah. Bahkan tidak sedikit yang justru mempercayainya karena dianggap bisa mempengaruhi kehamilannya. Salah satu seputar kehamilan yang berhubungan dengan konsumsi kelapa muda. Beberapa daerah meyakini kandungan nutrisi dari kelapa akan membantu proses persalinan, namun ibu hamil justru cemas saat mengkonsumsi kelapa muda karena ada juga masyarakat yang percaya kelapa muda bisa memicu keguguran.

Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Seorang Ibu Hamil

Rasa dari air kelapa muda lebih manis dibandingkan air kelapa tua. Hal ini dikarenakan kandungan air kelapa muda memiliki kadar gula yang lebih tinggi. Banyak ibu hamil yang merasa cemas saat akan mengkonsumsi air kelapa muda, karena beranggapan bisa berakibat terjadinya keguguran. Berdasarkan penelitian secara medis mengungkapkan bahwa, kandungan kelapa muda tidak berpengaruh buruk pada kondisi kehamilan. Hal ini berhubungan dengan kandungan zat dari kelapa muda aman dikonsumsi ibu hamil dalam jumlah yang wajar.

Kini hasil penelitian telah menemukan hubungan kandungan air kelapa muda dengan kehamilan yaitu dalam hal manfaatnya mampu menjaga kebersihan air ketuban sehingga membantu dalam menjaga kehamilan. Air ketuban yang tidak jernih atau keruh bisa membahayakan keselamatan bayi bila tidak segera mendapatkan penanganan serius. Sampai saat ini belum ada bukti penelitian dari kandungan air kelapa muda yang membahayakan kehamilan atau menyebabkan keguguran.

Penyebab umum terjadinya keguguran pada saat kehamilan yaitu adanya kerusakan kromosom saat pembelahan janin. Adapun penyebab lainnya yang mengakibatkan keguguran diantaranya yaitu terjadinya infeksi mikroorganisme yang menyerang ibu hamil, penyakit kronis, rahim yang abnormal atau adanya kelainan hormonal. Risiko terjadinya keguguran lebih tinggi bagi Anda yang pola hidupnya tidak sehat, misalnya kebiasaan buruk seperti merokok, konsumsi minuman keras dan narkoba. Selain itu, bisa juga dikarenakan faktor psikis yang akan meningkatkan risiko keguguran.

BACA  9 Tips Agar Semangat Bekerja Pasca Melahirkan

Beberapa penelitian tentang manfaat air kelapa muda untuk seorang ibu hamil menyarankan agar supaya ibu hamil untuk mengkonsumsi air kelapa karena kandungan yang ada pada air kelapa akan mengurangi lemak yang menempel di bagian kulit bayi saat dilahirkan. Air kelapa yang akan menyeimbangkan kesehatan selama kehamilan, sementara buahnya yang berwarna putih baik untuk dikonsumsi ibu hamil karena mengandung zat yang mampu menyeimbangkan elektrolit.

Kandungan nutrisi lainnya yang ada dalam air kelapa seperti klorida, magnesium dan kalium, sodium, protein dan kandungan gula alami. Semua kandungannya sangat baik untuk menunjang kesehatan kehamilan. Konsumsi air kelapa juga sebagai solusi, mengingat ibu hamil yang disarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang terlalu manis karena memicu diabetes ataupun berat badan berlebih pada bayi Anda. Manfaat dari mengkonsumsi air kelapa bisa mengatasi berbagai keluhan kehamilan, diantaranya yaitu pencernaan yang terganggu selama kehamilan seperti sembelit.

Dengan demikian air kelapa muda tidak ada hubungannya dengan penyebab terjadinya kegugaran pada ibu hamil. Keguguran bisa dikarenakan pola hidup yang tidak sehat dan faktor abnormal yang terjadi dalam tubuh ibu hamil. Ibu hamil justru sangat disarankan untuk mengkonsumsi air kelapa guna menjaga kebersihan air ketuban. Selain itu, bisa menjaga kesehatan ibu hamil karena kandungannya mampu menyeimbangkan hormon yang menyebabkan keluhan kehamilan.

Semoga ulasan diatas dapat menjawab pertanyaan kita tentang manfaat air kelapa muda untuk seorang ibu hamil. Semoga dapat bermanfaat, dan salam sehat!

Tags: , , ,

Related to Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Seorang Ibu Hamil