Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan Pencernaan Dan Diet

Post On: 6 January 2016
January 6, 2016

Kita mungkin hanya mengenal nasi putih sebagai sumber karbohidrat utama sehari-hari. Padahal, ada sumber karbohidrat lain yang bisa dikonsumsi sebagai pengganti nasi putih, yaitu nasi merah. Nasi merah sendiri terbuat dari beras merah. Banyak sekali manfaat beras merah bagi kesehatan yang bisa kita dapat jika mengkonsumsinya.

Beras merah sendiri sangat dianjurkan bagi orang yang ingin menurunkan berat badan. Jumlah kalori pada beras merah lebih sedikit jika dibandingkan dengan beras putih biasa. Meskipun sama-sama sumber karbohidrat, namun beras merah lebih cepat mengenyangkan dan juga lebih menyehatkan.

Manfaat Utama Beras Merah untuk Diet dan Pencernaan

Manfaat beras merah sangat banyak dan beragam. Kandungan gizi dan vitamin yang terdapat pada beras merah memang sangat berguna bagi kesehatan. Lalu, manfaat apa saja yang akan kita peroleh jika mengkonsumsi beras merah ini? Nah, berikut ini beberapa manfaat utama beras merah yang bisa kita peroleh.

manfaat-beras-merah-untuk-kesehatan-tubuh

  1. Diet

Sebagian besar masyarakat mengenal beras merah sebagai sumber karbohidrat pengganti beras putih biasa. Kandungan kalori yang rendah pada beras merah sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan atau diet. Anda akan lebih cepat kenyang jika mengkonsumsi beras merah meskipun porsinya lebih sedikit. Manfaat beras merah untuk diet memang sudah menjadi rahasia umum di kalangan masyarakat Indonesia.

  1. Menurunkan Kolesterol

Beras merah mengandung banyak sekali yang berguna untuk menurunkan kolesterol. Kolesterol yang tinggi sangat berbahaya bagi tubuh kita. Nah, untuk mengontrol kolesterol dalam tubuh, Anda bisa mengkonsumsi beras merah. Rendahnya kalori dan lemak pada beras merah sangat berguna untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh Anda.

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Selain menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, konsumsi beras merah juga bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung. Jika kadar kolesterol turun, kita akan terhindar dari serangan penyakit jantung. Di Indonesia sendiri, penyakit Jantung masih menduduki peringkat pertama sebagai penyakit paling mematikan. Nah, oleh karena itu konsumsilah beras merah untuk menggantikan beras putih biasa agar Anda terhindar dari masalah penyakit jantung.

BACA  Pengertian Anemia Aplastik dan Pernisiosa Menurut Ahli

Baca Juga :

Macam – Macam Anemia dan Penyebabnya

Cara Mengatasi Bau Badan Pria dan Wanita

Obat Batuk Kering untuk Anak – Anak

Mengatasi Batuk Pilek pada Bayi

  1. Melancarkan Pencernaan

Beras merah kaya akan serat, dan kita sudah banyak yang tahu jika serat sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Manfaat beras merah untuk pencernaan merupakan salah satu alasan mengapa beras merah sangat dianjurkan oleh dokter. Serat yang terkandung dalam beras merah mampu melancarkan berbagai masalah pada pencernaan, seperti sembelit atau susah buang air besar.

  1. Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas sangat berbahaya bagi tubuh kita karena sumber berbagai macam penyakit mematikan seperti Kanker. Beras merah memiliki anti-oksidan yang sangat tinggi. Kandungan anti-oksidan yang sangat tinggi tersebut sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. Selain anti-oksidan, kandungan Mineral yang tinggi juga mampu untuk menangkal radikal bebas pada tubuh.

  1. Menurunkan Gula Darah

Gula darah yang tinggi dan tak terkontrol merupakan sumber dari berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah diabetes. Diabetes adalah penyakit berbahaya yang disebabkan oleh tingginya kadar Glukosa atau gula darah dalam tubuh. Nah, untuk mengontrol dan menurunkan gula darah, ada baiknya jika mengkonsumsi beras merah sebagai makanan pokok Anda sehari-hari.

  1. Kesehatan Tulang

Beras merah juga mengandung banyak kalsium dan magnesium. Kedua zat tersebut sangat berguna untuk menyehatkan dan menguatkan tulang Anda. Dengan mengkonsumsi beras merah secara teratur dan cukup, kesehatan tulang Anda akan tetap terjaga.

Demikian tadi manfaat beras merah untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan. Berbagai macam manfaat untuk kesehatan tersebut membuat beras merah sangat cocok bagi Anda yang mempunyai healthy lifestyle atau gaya hidup sehat.

Related to Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan Pencernaan Dan Diet