Mendukung Prestasi Si Kecil Mulai Dari Rumah

Post On: 30 November 2016
November 2, 2016

Mendukung Prestasi Si Kecil Mulai Dari Rumah – Semua orangtua tentu menginginkan anaknya menjadi anak yang selalu sukses dan membanggakan. Nah jika anak bunda masih sekolah, maka sukses dalam belajarnya tentunya menjadi salahs satu impian setiap orang tua. Jika pada dasarnya orang tua menganggap apa saja yang terjadi di sekolah merupakan tanggung jawab dari seorang guru, maka sebaiknya kamu bisa merubah cara pandang tersebut. Pasalnya kesuksesan seorang anak di sekolah juga dipengaruhi oleh apa yang dia dapatkan di rumah.

Mendukung Prestasi Si Kecil Mulai Dari Rumah

Mendukung Prestasi Si Kecil Mulai Dari Rumah

Nah berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendukung prestasi si kecil mulai dari rumah  agar sukses dan berhasil dalam belajarnya di sekolah.

Menciptakan Suasana yang Menyenangkan di Rumah

Suasana yang menyenangkan di rumah juga akan mempengaruhi minat si kecil untuk belajar dan mengulang pelajaran yang sudah diajarkan di sekolahnya. Suasanya yang tenang dan menyenangan tentunya akan mengurangi resiko si kecil tertekan. Jadi sebagai orang tua, kamu bisa membuat suasana menyenangkan mulai dari rumah.

Tanamkan Sikap Realistis

Sebaiknya sebagai orang tua jangan memaksakan kehendak yang kamu inginkan kepada anak. Pasalnya mereka juga memiliki sebuah kebebasan untuk memilih. Pada saat dia menghadapi suatu tantangan, memberi pandangan tentang hal yang realistis. Seperti halnya pandangan bahwa dalam hidup kadang mengalami kegagalan.

Bersikap Terbuka

Tidak perlu sembunyi dan tertutup pada si kecil. Sebagai orang tua bunda bisa mengajak si kecil berbicara, duduk bersama dan mendengarkan si kecil bercerita serta memberikan tanggapan pada apa yang dia ceritakan akan membantunya untuk berdiskusi. Bersikaplah terbuka, karena hal itu akan membantu si kecil bersikap dewasa.

BACA  Jenis Makanan Sehat Untuk Pertumbuhan Anak

Tanyakan Kegiatan Apa Saja di Sekolah

Setelah pulang sekolah, bunda bisa mengajak si kecil untuk mengobrol apa saja yang dia lakukan selama di sekolah. Ajak dia bicara dan dengarkan secara saksama apa yang dia ceritakan. Berikan pujian pada saat dia menceritakan semua tentang prestasinya selama di sekolah. Semua orang tentunya menyukai pujian, dan termasuk si kecil juga akan senang ketika mereka dipuji sesederhana apa pun prestasi yang mereka lakukan.

Dampingi Si Kecil Saat Belajar

Pada saat si kecil sedang melakukan pekerjaan rumah, sebagai orangtua bunda bisa memberikan pengertian bahwa pekerjaan rumah bukanlah suatu beban tapi sebuah proses belajar. Mungkin proses pemahaman ini akan sulit dan sedikit rumit untuk di pahami oleh si kecil, namun dengan kesabaran pasti bisa teratasi. Dan berikan juga pemahaman kepada si kecil bahwa hasil bukan menjadi yang terpenting namun proses lah yang menjadi hal penting dalam hidup.

Mendukung Prestasi Si Kecil Mulai Dari Rumah

Jangan Terlalu Banyak Bermain Gadget

Bermain dengan gadget adalah suatu kenikmatan yang sangat berarti bagi anak kita. Pada umumnya supaya anak kita tidak rewel, biasanya orang tua memberikan kebebasan bagi sang anak untuk bermain dengan gadget. Padahal kebebasan bermain dengan gadget itu bisa menimbulkan efek buruk. Salah satunya adalah anak menjadi penyendiri dan tidak mudah bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu ada baiknya orang tua memberikan aturan bagi sang anak dalam bermain dengan gadget.

Mendukung tumbuh kembang si kecil memang menjadi penting. Mendukung prestasi dan membuat anak bangga terhadap kita. Semoga bermanfaat.

Tags:

Related to Mendukung Prestasi Si Kecil Mulai Dari Rumah