Cara Sederhana Mengatasi Batuk Pada Anak

Post On: 3 April 2017
April 3, 2017

Ketika anak sedang mengalami kondisi batuk, biasanya orang tua ingin mengatasi batuk pada anak dengan segera. Pada umumnya mereka akan langsung memberikan anak obat batuk yang dapat dengan mudah dibeli di warung atau toko-toko. Apakah langkah seperti ini tepat? Memang, orang tua yang memberikan langkah penanganan tidak boleh disalahkan akan tetapi juga belum tentu tepat. Karena ketika anak batuk seharusnya orang tua mengenali dulu apa penyebab batuk pada anak. Kalau perlu orang tua jangan langsung membelikan obat di warung atau toko dulu, lebih baik orang tua melakukan langkah sederhana dan alami dulu untuk meredakan dan meringankan batuk pada anak. Ada kok cara sederhana yang bisa dilakukan orang tua dalam rangka mengatasi batuk pada anak. Seperti apa cara mengatasi batuk pada anak? Kami akan berikan informasi lengkapnya untuk Anda disini!

Mengatasi Batuk Pada Anak

Mengatasi Batuk Pada Anak Dengan Cara Sederhana Dan Mudah

Ini merupakan tindakan awal dan tindakan pertolongan pertama terbaik untuk meringankan dan meredakan batuk pada anak. Seperti apa cara sederhananya?

  • Anda berikan susu dengan takaran yang dibutuhkan dan jika anak Anda memang masih dalam kondisi menyusu, maka ada baiknya Anda juga berikan ASI kepada anak Anda guna melawan infeksi karena batuknya.
  • Anda ajak anak untuk mengatur waktu istirahat dan juga bermainnya. Upayakan anak untuk membatasi waktu bermainnya dan memperbanyak waktu istirahat serta tidurnya.
  • Jika anak Anda sedang mengalami demam, Anda berikan saja obat pereda demam khusus anak dengan Anda berikan dosis yang juga tepat kepada anak Anda.
  • Ketika anak mengalami batuk biasanya juga diiringi dengan kondisi hidung tersumbat. Ada baiknya Anda berikan uap panas dalam ruangan untuk membantu anak Anda melegakan saluran pernapasannya. Dan pastikan Anda menjaga anak ketika menghirup uap ini supaya tidak berpotensi melukai anak Anda.
  • Berikan juga ramuan herbal di waktu pagi dan sore untuk meredakan batuknya. Anda berikan campuran air lemon dan juga madu kepada anak.
BACA  Cara Mengatasi Panas Dalam pada Anak, Bayi , Ibu Hamil Secara Alami

Batuk memang reaksi alami pada tubuh anak, akan tetapi tentu saja orang tua harus paham dan tanggap dengan tanda-tanda bahaya. Jika anak Anda mengalami batuk diiringi gejala lain tentunya Anda perlu bawa anak segera ke dokter. Beberapa gejala lain batuk pada anak yang perlu diwaspadai diantaranya :

  • Anak Anda mengalami demam yang berlangsung lebih dari tiga hari.
  • Batuk yang menyebabkan muntah pada anak
  • Anak kesulitan bernapas
  • Dahak anak berwarna kuning, hijau dan juga kecoklatan.

Demikian sedikit informasi yang kali ini bisa kami berikan untuk Anda. Semoga informasi diatas mengenai Cara Sederhana Mengatasi Batuk Pada Anak bermanfaat. Jaga kesehatan anak Anda selalu bunda.

Sharing is caring!

Tags: , ,

Related to Cara Sederhana Mengatasi Batuk Pada Anak