Mengenali Batuk Pada Anak Serta Pengobatannya

Post On: 13 March 2017
March 13, 2017

Orang tua manapun pastinya tidak akan pernah ingin jika anaknya mengalami kondisi sakit termasuk juga batuk. Akan tetapi di tengah anomali cuaca yang terjadi, memang sangat sulit mencegah dan menghindar dari virus. Virus biasanya lebih mudah menyebar pada anak. Begitu pula dengan virus batuk. Umumnya virus itu akan membuat batuk pada anak.

Ketika anak sedang batuk, biasanya bunda dibuat bingung dan kalap. Pada umumnya, batuk ini akan mereda dengan sendirinya setelah dua minggu. Akan tetapi hal ini juga bukan berarti Anda bisa menganggap remeh batuk pada anak anda tersebut. Sebagai orang tua, anda perlu mengkaji dan mengetahui lebih lanjut mengenai jenis–jenis batuk dan juga mengenali tanda–tanda jika batuknya menjadi lebih parah atau bahkan jika telah terjadi komplikasi. Bunda perlu kenal batuk yang terjadi pada anak. Untuk lebih mengenalinya, bunda bisa simak informasi lengkapnya berikut bunda!

Batuk Pada Anak

Kenali Batuk Pada Anak Sebelum Terlambat

Sebagaimana orang dewasa, anak–anak juga dapat mengalami masalah batuk kering maupun batuk berdahak. Batuk kering sendiri merupakan upaya untuk menghilangkan gangguan yang terjadi karena adanya rasa gatal pada bagian belakang tenggorokan. Hal ini juga terjadi karena adanya pembengkakan pada tenggorokan dan juga pada saluran pernapasan. Sementara itu batuk berdahak pada anak merupakan sebuah cara alami pada tubuh anak untuk mengeluarkan dahak dari paru–paru anak.

Ketika anak mengalami batuk biasanya juga diikuti dengan beberapa gejala lain seperti hidung tersumbat, demam, mata merah, tidak nafsu makan, yang nantinya memberikan dampak anak menjadi rewel.

Lantas ketika anak mengalami kondisi batuk bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk meringankan batuk anak?

Meringankan Batuk Pada Anak Dengan Alami

Sekarang memang ada banyak obat untuk mengatasi batuk anak yang terjual bebas di pasaran atau toko. Akan tetapi tidak semua obat tersebut baik untuk anak. Bahkan kalau tidak cocok dan tidak sesuai dosis dapat memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan anak ke depannya. Ketika Anda akan meringankan batuk pada anak, ada beberapa cara yang Anda bisa coba terapkan diantaranya :

  • Berikan susu murni untuk melawan infeksi batuk dan upayakan anda perbanyak waktu istirahat anak.
  • Jika bayi memang memiliki demam, Anda bisa berikan obat pereda demam khusus untuk bayi dengan dosis yang tepat. Berikan uap panas didalam ruangan anak untuk membantu melegakan saluran pernapasan anak. Akan tetapi kalau memberikan uap panas harus anda selalu jaga supaya anak tidak terluka.
  • Dan anda juga bisa berikan obat herbal berupa jeruk nipis dicampur dengan madu untuk diberikan kepada anak.
BACA  Mengatasi Batuk Pilek Pada Bayi 1 , 2 , 3 , 4 Bulan

Demikian sedikit informasi yang kali ini bisa kami berikan untuk Anda. Semoga informasi diatas dapat berguna disaat anak kita mengalami batuk.

Tags: ,

Related to Mengenali Batuk Pada Anak Serta Pengobatannya