Menghindari Kelahiran Prematur Pada Bayi

Post On: 30 August 2016
August 13, 2016

Menghindari Kelahiran Prematur Pada Bayi – Jika saat ini anda sedang hamil atau tengah menginginkan kehamilan, penting sekali untuk belajar mengenai kesehatan bagi ibu hamil dan bayinya. Masalahnya banyak komplikasi yang memungkinkan bayi terlahir secara prematur. Hal ini tentu saja tidak diinginkan oleh setiap pasangan. Untuk itulah, persiapan dan proses pada masa kehamilan harus diperhatikan dengan baik dan benar.

Menghindari Kelahiran Prematur Pada Bayi

Meskipun sekarang ini teknologi medis semakin berkembang pesat, dimana mampu membantu perawatan bayi premature. Namun demikian, bila bayi lahir terlalu dini maka organ penting di dalam tubuhnya tidak dipastikan sepenuhnya berkembang. Adapun salah satu penyebab bayi lahir prematur ialah adanya infeksi pada tubuh wanita. Untuk itu diperlukan cara menghindari kelahiran prematur pada bayi terjadi.

Menghindari Kelahiran Prematur Pada Bayi

  1. Mengecek Gizi Diet

Seorang ibu hamil harus memiliki pengetahuan secara lebih tentang nilai gizi sebagai pola makan yang sehat. Anda juga bisa berkonsultasi dengan bidan atau konsultan gizi untuk mengatur menu makan baik pada sehari-hari. Dengan demikian, anda juga perlu mengecek diet secara harian. Misalnya memperhatikan apakah diet harian telah mencukupi semua mineral dan nutrisui yang dibutuhkan bayi. Hal ini bertujuan untuk memastikan kesehatan bayi sampai dilahirkan.

  1. Menjaga Berat Badan

Dengan menjaga berat badan agat tetap ideal sangat penting dilakukan oleh ibu hamil. Meskipun ibu hamil akan mengalami kenaikan berat badan secara terus menerus, tetapi naiknya berat badan harus seimbang dengan usia bayi yang sedang dikandung. Selain itu, berat badan terlalu sedikit juga tidak baik untuk masa kehamilan begitupun sebaliknya. Oleh sebab itu, jagalah berat badan untuk tetap normal dan sempurna.

  1. Menghindari Dehidrasi

Ada juga hal-hal yang harus dihindari saat masa kehamilan tiba. Salah satunya adalah mengihindari terjadinya dehidrasi agar tidak mengalami kelahiran secara prematur. Dengan mencukupi kebutuhan air putih dalam setiap harinya, maka dirasa menurunkan risiko melahirkan bayi yang prematur. Sebaiknya minum air putih sebanyak 8 gelas sehari sehingga kebutuhan cairan dalam tubuh dapat terpenuhi.

  1. Menghindari Junk Food

Setidaknya anda memperhatikan makanan sehat saat hamil. Pasalnya sekarang ini banyak sekali makanan junk food yang sangat dilarang untuk dikonsumsi seorang ibu hamil. Makanan olahan tersebut sebaiknya dihindari karena mampu mempengaruhi dampak buruk bagi kesehatan, baik ibu hamil maupun bayi yang ada di dalam kandungannya. Gantilah mengonsumsi makanan yang dimasak sendiri di rumah.

  1. Melakukan Olahraga dan Istirahat

Berolahraga adalah cara terbaik yang dilakukan bagi ibu hamil. Namun, lakukan olahraga yang ringan saja seperti berjalan ataupun senam kehamilan. Jangan sampai berolahraga yang memberatkan tubuh sehingga menjadi beban anda sendiri. Tak hanya itu, anda juga perlu beristirahat dengan waktu yang cukup agar tubuh tetap rileks dan tidak stres. Hal ini sangat membantu ibu hamil pada saat kelahiran.

BACA  Ini Dia 6 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Trimester Ke-3

Cara menghindari kelahiran prematur pada bayi telah disampaikan di atas secara gamblang. Sebaiknya anda juga harus melakukan pemeriksaan medis secara rutin ke dokter kandungan atau bidan. Tujuannya untuk mengetahui kesehatan ibu hamil dan bayinya.

Tags: ,

Related to Menghindari Kelahiran Prematur Pada Bayi