Penyebab dan Cara Mengobati Bisul di Kepala Anak dan Bayi

Post On: 15 January 2016
July 30, 2016

Pernahkah Anda mengalami penyakit bisul? Jika jawabannya pernah, Anda tentu pernah merasa tersiksa dengan penyakit kulit yang satu ini. Bisul bisa tumbuh di berbagai tempat pada tubuh kita, mulai dari di bagian badan, tangan atau kaki,  bahkan bisul di kepala juga banyak kasusnya.

Bisul di kepala dimungkinkan terjadi karena terjadinya infeksi pada bagian pembuluh darah di bagian kepala. Infeksi tersebut membuat bisul bisa muncul dan tumbuh subur di kepala kita. Karena tumbuh di kepala penanganannya cukup berbeda dengan bisul di tempat lain.

Penyebab bisul di kepala adalah bakteri yang meninfeksi kulit kepala kita. Sama seperti bisul lainnya, bisul di kepala bermula dari benjolan kecil yang lama-kelamaan tumbuh menjadi bisul yang cukup besar.  Bisul biasanya berwarna merah dan jika sudah memasuki tahap parah, terdapat nanah dalam benjolan bisul tersebut.

Penyebab dan Cara Mengobati Bisul di Kepala Anak dan Bayi

Jangan sembarangan memencet atau memecahkan bisul yang muncul pada tubuh kita, karena bukannya menghilangkan bisul, hal tersebut justru mengakibatkan infeksi lanjutan yang membuat bisul susah hilang dan meninggalkan bekas berwarna hitam.

Ada beberapa cara mengobati bisul di kepala kita. Pertama bisa menggunakan obat yang diberikan oleh dokter. Cara ini bisa kita gunakan jika bisul kita sudah berminggu-minggu dan tak hilang-hilang. Obat dari dokter biasanya berbentuk pil, kapsul, antibiotic hingga salep.

penyebab-cara-mengobati-bisul-kepala-anak-bayi

Cara kedua adalah dengan membuat ramuan tradisional dari bahan alami yang bisa kita oleskan pada bisul. Banyak bahan alami yang bisa kita oleh untuk dibuat obat oles khusus bisul. Cara ketiga adalah membuat obat tradisional yang bisa dikonsumsi.

Selain pengobatan dari luar menggunakan tumbuhan alami, kita juga bisa membuat obat herbal tradisional untuk diminum. Banyak ramuan tradisional berkhasiat yang dikenal mampu menyembuhkan penyakit bisul dari dalam. Nah, apa saja tumbuhan alami yang bisa kita ramu untuk menyembuhkan bisul, terutama bisul pada kepala kita? Berikut ini beberapa bahan alami berkhasiat yang bisa kita gunakan untuk menyembuhkan penyakit bisul pada kepala kita.

BACA  Berbagai Faktor Penyebab Bayi Lahir Cacat

Bawang Merah dan Putih

Bawang-bawangan ternyata bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit, termasuk bisul. Kandungan yang terdapat pada bawang putih dan bawang merah mampu membasmi bakteri yang menjadi penyebab munculnya bisul pada tubuh kita. Kita bisa menumbuk bawang hingga halus, setelah itu bisa kita oleskan pada bagian tubuh yang terkena bisul.

Daun Sirih

Tumbuhan ini memang memiliki beragam khasiat untuk kesehatan, salah satunya untuk menghilangkan bisul pada tubuh. Cara pengolahannya juga terbilang mudah, kita hanya perlu mengambil beberapa lembar daun Sirih. Cuci daun Sirih tersebut kemudian tumbuk hingga halus. Setelah halus kita bisa langsung mengoleskan pada bagian yang terkena bisul, cara ini juga dapat menyembuhkan penyakit bisul di kepala bayi.

Asam Jawa

Asam sangat bermanfaat untuk membunuh berbagai macam bakteri jahat penyebab bisul. Zat asam pada asam Jawa merupakan obat yang paling ampuh untuk menyembuhkan bisul. Cara penggunaannya pun mudah, kita bisa langsung mengoleskan asam Jawa pada bagian tubuh kita yang terserang penyakit bisul. Selain bisa digunakan untuk dewasa cara ini juga dapat digunakan untuk cara mengobati bisul di kepala anak.

Daun Bayam

Selain enak dikonsumsi, bayam juga bisa menjadi bahan ramuan tradisional untuk menyembuhkan bisul pada kepala. Caranya, ambil beberapa helai daun bayam segar setelah itu blender dengan menambahkan air. Setelah selesai, balut bisul kita dengan blenderan daun bayam tersebut.

Nah, itu dia beberapa ramuan tradisional yang bisa kita buat untuk menyembuhkan bisul pada kepala. Berbagai ramuan herbal tradisional tak kalah dengan obat kimiawi dari dokter. Jadi, jika Anda terkena bisul, jangan ragu untuk menggunakan ramuan tradisional untuk menyembuhkannya.

Related to Penyebab dan Cara Mengobati Bisul di Kepala Anak dan Bayi