Obat Batuk Kering Untuk Anak Anak 1 dan 2 Tahun

Post On: 31 December 2015
July 30, 2016

Serangan batuk, apalagi batuk kering yang menimbulkan rasa gatal pada tenggorokan, akan membuat anak mudah rewel, karena gangguan yang ditimbulkannya untuk ukuran anak balita memang sangat menyiksa. Di apotek dan toko-toko obat sebenarnya banyak tersedia obat batuk kering untuk anak dengan berbagai merek.

Namun, sebelum membeli dan memberikannya pada anak, sebaiknya meminta rekomendasi dari dokter terlebih dahulu, sebab obat-obat tersebut belum tentu dapat menyembuhkan jika tidak sesuai dengan penyebab dari batuk.

Sebagaimana diketahui, batuk sebenarnya bukan merupakan penyakit, melainkan reaksi alami dari tubuh sebagai bentuk dari mekanisme pertahanan tubuh dalam melindungi saluran pernapasan yang mengalami gangguan dengan cara mengeluarkan partikel-partikel asing seperti virus, bakteri, debu, sisa makanan, asap, dan juga lendir atau dahak. Itu sebabnya untuk mendapatkan obat batuk kering untuk anak anak yang sesuai, terlebih dahulu harus diketahui penyebab dari serangan batuk tersebut.

Obat Batuk Kering dan Gatal untuk Anak Anak

jeruk-nipis-obat-batuk-kering-anak-anak-1-2-tahun

Jika serangan batuk tersebut disebabkan karena penyakit ringan, seperti influenza misalnya, obat-obat yang dijual bebas di apotek dan toko-toko mungkin bisa dijadikan sebagai solusi pengobatan. Tapi jika disebabkan karena penyakit berat pada infeksi saluran seperti asma, TBC, alergi serta penyakit berat yang lain, obat-obat batuk tersebut tidak akan mampu menyembuhkan.

Untuk mengatasi batuk kering pada anak yang disebabkan penyakit ringan pun disarankan untuk tidak menggunakan obat-obat berbahan kimia, karena sesedikit apapun bahan kimia yang terdapat pada obat, dapat menimbulkan dampak negatif pada tubuh anak yang kondisinya masih lemah. Apalagi obat batuk kering untuk anak anak yang terbuat dari bahan alami jenisnya cukup beragam dan pemanfaatannya juga cukup mudah.

Salah satu diantara obat batuk kering dan gatal untuk anak yang terbuat dari bahan alami adalah dengan memanfaatkan daun sirih, jeruk nipis dan jahe. Cara pemanfaatannya adalah dengan merebus 5 lembar daun siri bersama 2 gelas air.

Biarkan rebusan tersebut hingga mendidih dan tersisa setengahnya. Setelah itu dinginkan dan saring. Tambahkan jahe yang telah di diiris tipis-tipis atau dimemarkan ke dalam air rebusan, tambahkan pula air jeruk nipis secukupnya dan minumkan pada anak minimal sehari sekali.

BACA  Cara Mengatasi Batuk Pada Bayi Baru Lahir

Herbal lainnya untuk obat batuk kering anak adalah dengan memanfatkan jahe dan kencur. Penggunaannya dengan mememarkan atau mengiris tipis-tipis kedua rempah-rempah tersebut dan mencampurnya dengan air mendidih. Aduk hingga merata dan biarkan beberapa saat hingga air menjadi dingin. Selanjutnya berikan kepada anak untuk diminum sehari 3 kali.

Obat Batuk Kering untuk Anak 1 dan 2 Tahun

Bagi anak yang masih berusia 1 – 2 tahun, kedua ramuan tersebut di atas tentunya sulit untuk diberikan, sebab rasanya sangat tidak bersahabat bagi lidah anak-anak. Karena itu gunakan obat batuk kering untuk anak 1 tahun lainnya yang disukai oleh mereka sehingga mudah diberikan dan dikonsumsi tanpa harus dipaksa. Obat batuk yang dimaksud adalah madu.

Cairan yang dihasilkan lebah ini mengandung antioksidan yang dapat membunuh virus dan bakteri, sekaligus menghangatkan badan. Selain itu, kandungan nutrisi madu yang lengkap akan meningkatkan daya tahan tubuh bayi dari serangan penyakit serta menyembuhkan penyakit yang menyerang. Untuk anak berusia 1 tahun takaran madu yang diberikan sebanyak ½ sendok teh dan diberikan sehari 2 kali.

Madu juga dapat dipakai sebagai obat batuk kering untuk anak 2 tahun, hanya saja takarannya harus ditambah, yakni 1 sendok teh sekali minum dan sehari diminum 2 kali. Selain madu, obat batuk kering lainnya yang aman dikonsumsi dengan rasa yang disukai anak-anak adalah buah pir. Saat batuk menyerang, berikan buah pir yang sudah dikupas kulitnya pada anak, maka saat itu juga batuknya akan reda meski tidak sembuh secara total.

Demikian beberapa obat batuk kering untuk anak yang dapat dicoba, yang dipastikan akan aman karena memanfaatkan bahan-bahan yang ada di alam.

Related to Obat Batuk Kering Untuk Anak Anak 1 dan 2 Tahun