Obat Bisul Tradisional untuk Bayi 3 dan 4 Bulan

Post On: 14 January 2016
July 30, 2016

Seorang bayi bisa dibilang sangat rentan terserang berbagai macam penyakit, termasuk penyakit kulit. Salah satu penyakit kulit yang kerap menyerang seorang bayi adalah bisul. Bisul memang bisa menyerang siapa saja termasuk bayi kita.

Tapi jangan khawatir, banyak obat bisul untuk bayi yang aman dan tak berbahaya. Bisul sendiri adalah infeksi kulit akibat dari gangguan pada peredaran darah. Gangguan pada peredaran darah tersebut membuat tumbuh sebuah benjolan kecil berwarna merah yang lama-kelamaan bisa membesar dan bernanah.

Penyakit kulit satu ini memang sangat merepotkan. Jika tumbuh di area-area tertentu, bisul bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari kita. Misalnya, bisul yang tumbuh di pantat membuat kita bisa sangat terganggu saat mencoba duduk.

Obat Bisul pada Bayi 3 dan 4 Bulan

obat-tradisional-bagi-bisul-pada-bayi-3-4-bulan

Atau bisul di wajah yang pasti akan menganggu penampilan kita sehari-hari. Bisul yang tumbuh pada bayi juga bisa sangat merepotkan para orang tua. Bayi yang belum bisa berbicara untuk berkomunikasi bisa saja menangis terus-menerus karena bisul. Oleh karena itu, ada baiknya kita mengetahui cara untuk mengobati bisul pada bayi.

Karena masih bayi, obat-obatan kimia sangat tidak disarankan. Obat-obatan kimiawi tersebut mempunyai efek negatif dan bisa saja mempengaruhi pertumbuhan serta perkembangan bayi tersebut. Oleh karena itu, menggunakan obat-obatan atau ramuan alami lebih direkomendasikan.

Banyak sekali ramuan atau obat-obatan tradisional yang bisa kita gunakan untuk menyembuhkan bisul pada bayi. Sebaiknya memilih ramuan yang aman dan tidak pahit karena obat tersebut akan diberikan kepada seorang bayi. Nah, berikut ini beberapa ramuan atau obat bisul pada bayi yang bisa kita berikan kepada bayi kita dengan aman.

  1. Temulawak

Obat tradisional untuk bayi yang pertama adalah ramuan temulawak. Temulawak memang obat yang identik dengan anak kecil atau bayi. Selain menyembuhkan berbagai macam penyakit untuk bayi dan menambah nafsu makan, temulawak juga berguna untuk menyembuhkan bisul pada bayi.

BACA  Cara Mengatasi Panas Dalam pada Anak, Bayi , Ibu Hamil Secara Alami

Caranya sangat muda, iris temulawak menjadi beberapa bagian kemudian rebus antara 10 hingga 15 menit. Setelah itu tiriskan dan ambil air rebusan temulawak tersebut. Untuk menghilangkan rasa pahit, kita bisa menambahkan gula atau madu. Setelah itu minumkan ramuan temulawak tersebut beberapa sendok kepada bayi kita.

  1. Parutan Mentimun

Jika tadi ramuan herbal yang diminum, kini giliran obat oles dari bahan alami. Bahannya pun cukup mudah ditemukan yaitu mentimum. Parut satu buah mentimun hingga menjadi halus. Setelah menjadi butiran halus, oleskan parutan mentimun tersebut di bagian tubuh bayi kita yang terdapat bisul. Obat bisul untuk bayi 3 bulan ini sangat aman karena mentimun sejuk saat tertempel pada kulit bayi.

  1. Daun Sirih

Daun sirih memang sudah dikenal sebagai tumbuhan yang berkhasiat. Salah satu khasiat dari daun sirih ini adalah menyembuhkan bisul. Ramuan tradisional ini sangat cocok digunakan untuk bayi atau anak kita. Caranya, ambil beberapa lembar daun sirih lalu cuci bersih. Setelah itu tumbuk hingga halus. Setelah halus kita bisa langsung mengoleskan pada kulit bayi yang muncul bisul.

  1. Cuka Apel

Bahan alami obat bisul untuk bayi 4 bulan selanjutnya adalah cuka apel. Asam yang terkandung pada cuka apel mampu membunuh bakteri yang bersemayam pada bisul. Kita cukup mengoleskannya pada bagian tubuh bayi kita yang ada bisulnya. Untuk mendapatkan cuka apel sendiri tak perlu susah-susah, karena sudah banyak dijual di apotek atau toko obat di sekitar kita.

Nah, itu dia beberapa pilihan obat bisul untuk bayi kita. Obat-obatan alami memang sangat disarankan untuk menyembuhkan bisul pada bayi kita. Boleh saja menggunakan obat dari bahan kimia, namun harus sesuai dengan anjuran dan petunjuk dari dokter.

Related to Obat Bisul Tradisional untuk Bayi 3 dan 4 Bulan