Pantangan Bagi Penderita Penyakit Batu Ginjal

Post On: 27 December 2015
July 30, 2016

Meski penyakit batu ginjal disebabkan oleh banyak faktor, namun faktor terbesar yang menjadi penyebabnya adalah faktor makanan. Itu sebabnya sangat penting untuk mengetahui pantangan batu ginjal, guna menghindari beberapa jenis makanan tertentu yang dapat memperparah serangan batu ginjal.

Sebab jika batu ginjal semakin besar dan kondisinya semakin parah, maka akan berdampak pada serangan gagal ginjal yang berisiko terhadap keselamatan jiwa.

Pantangan untuk Penderita Sakit Batu Ginjal

pantangan-untuk-penyakit-batu-ginjal

Makanan menjadi faktor utama dari serangan batu ginjal, karena batu ginjal terbentuk dari residu makanan yang menggumpal dan mengeras hingga membentuk kristal-kristal yang  menutupi saluran urine, sehingga ginjal tidak dapat menjalankan fungsinya secara maksimal dalam menyaring kotoran di dalam darah serta membuangnya bersama air kencing.

Dengan mengetahui pantangan sakit batu ginjal, penderita tidak akan sembarangan dalam mengkonsumsi makanan, sebab beberapa jenis makanan dapat membuat pembesaran batu ginjal berlangsung lebih cepat. Sehingga pengobatan dengan cara apapun tidak akan ada gunanya jika tetap saja mengkonsumsi makanan yang menjadi pantangan.

Berikut beberapa pantangan bagi penderita batu ginjal:

  • Hindari Mengkonsumsi Protein Hewani

Protein hewani baik yang berasal dari hewan yang hidup di darat maupun yang hidup dilaut sebaiknya dihindari karena dapat memperparah serangan batu ginjal. Daging merah misalnya, dengan kandungan protein yang tinggi membuat ginjal bekerja terlalu keras dalam memecah protein, sehingga racun yang disaringnyapun juga memiliki kadar yang cukup tinggi. Selain itu, terdapat asam oksalat yang dapat memperbesar risiko batu ginjal.

Begitu juga dengan ikan, selain mengandung protein yang tinggi, juga memiliki kandungan kalsium dan zat purin yang dapat menyebabkan asam urat tinggi, sehingga menambah beban risiko bagi penderita batu ginjal.

  • Hindari Mengkonsumsi Protein Nabati dari Kedelai dan Jenis Kacang-kacangan

Selain mengandung protein tinggi yang memaksa ginjal harus bekerja keras dalam menjalankan fungsinya sementara kondisi ginjal sendiri dalam keadaan tidak normal,  kedelai dan jenis kacang-kacangan juga mengandung asam oksalat dengan kadar yang tinggi.

BACA  Cara Mengatasi Bau Mulut dan Gigi Kuning Berkarang dengan Cepat

Baca Juga :

Gejala Sakit Gagal Ginjal Awal Kronis Akut

Pertolongan Pertama pada Penderita Asma Kambuh

Cara Menghilangkan Penyakit Asam Urat Secara Alami

Contoh Makanan Penurun Asam Urat Tinggi

Asam oksalat sangat berbahaya bagi penderita batu ginjal, karena dapat mengikat kalsium yang menjadi penyebab pembentukan batu ginjal. Asam oksalat juga banyak terdapat pada tomat dan sayuran yang berwarna gelap, seperti bayam, kangkung, selada, daun singkong, dan sejumlah sayuran lainnya. Itu sebabnya makanan ini termasuk salah satu pantangan untuk penderita batu ginjal.

  • Jauhi Susu dan Berbagai Produk dari Susu

Tingginya kandungan kalsium yang terdapat pada susu membuatnya dapat meningkatkan risiko batu ginjal, apalagi susu juga mengandung kalium dan magnesium yang dapat memperparah batu ginjal. Dengan adanya ketiga jenis mineral tersebut, susu beserta makanan lain yang terbuat dari susu tidak baik bagi penderita batu ginjal.

  • Jangan Meminum Minuman Manis, Berkarbon dan Berkafein

Minuman manis dan berkarbon atau bersoda juga pantangan penyakit batu ginjal karena dapat memicu produksi asam urat dan mengandung sejumlah senyawa yang dapat meningkatkan risiko gagal ginjal, seperti asam oksalat, kalsium, natrium dan kreatinina. Begitu pula dengan minuman berkafein seperti kopi, tidak baik bagi penderita batu ginjal karena dapat mengganggu sistem pembuluh darah serta memaksa ginjal untuk bekerja lebih berat.

  • Batasi Makanan yang Mengandung Natrium dan Sodium

Senyawa natrium dan sodium dapat meningkatkan kadar asam oksalat yang dapat memperparah kondisi batu ginjal. Itu sebabnya penggunaan garam sebagai campuran makanan sebisa mungkin dikurangi dengan batasan antara 2.500 – 3.500 mg/hari, karena garam merupakan sumber natrium.

Selain beberapa jenis makanan sebagaimana tersebut di atas, masih ada beberapa jenis makanan yang menjadi pantangan batu ginjal, seperti: makanan yang mengandung serat tidak larut, Vitamin C,  serta makanan dengan kadar kalsium yang tinggi.

Related to Pantangan Bagi Penderita Penyakit Batu Ginjal