Pantangan Makanan Penderita Penyakit Ambeien

Post On: 14 January 2016
July 30, 2016

Ambeien adalah penyakit yang menyerang bagian dubur. Penyakit ini datang karena infeksi pada saluran pencernaan yang mengakibatkan terdapat luka atau benjolan pada bagian dubur. Jika Anda mengidap penyakit ambeien, Anda harus sangat menjaga makanan yang dikonsumsi.

Hal itu karena pantangan ambeien yang cukup banyak dan beragam. Ambeien atau seringkali disebut wasir kadang dianggap remeh sebagai penyakit kulit biasa. Padahal, ambeien ini bisa dibilang sebagai penyakit berbahaya yang jika tak ditangani dengan serius bisa menyebabkan komplikasi dan berujung dengan kematian.

Penyakit ini juga akan sangat mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Misalnya tidak bisa duduk dengan nyaman atau sering merasakan gatal di sekitar area dubur. Hal ini tentu menjadi permasalahan lain yang mesti diperhatikan dengan seksama.

Pantangan Untuk Penderita Penyakit Ambeien

pantangan-makanan-penderita-penyakit-ambeien

Banyak cara untuk mengatasi ambeien hingga bisa sembuh sepenuhnya. Kuncinya adalah kemauan keras dari si penderita dalam proses penyembuhan. Ada obat yang bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit ini. Tapi, mengkonsumsi obat saja tidak cukup jika tak dibarengi dengan menjaga pola makan. Untuk itulah ada beberapa makanan pantangan untuk ambeien.

Baca Juga :

Cara Mencegah Bisul Tumbuh Membesar

Penyebab Timbul Bisul di Ketiak

Manfaat Beras Merah bagi Penderita Diabetes

Ada beberapa makanan yang tidak boleh atau tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita ambeien. Lalu, apa saja pantangan penderita ambeien? Nah, berikut ini beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh para penderita ambeien.

  1. Makanan Serba Pedas

Pantangan pertama bagi para penderita ambeien yang pertama adalah makanan serba pedas. Makanan serba pedas biasanya mengandung cabai atau lada. Cabai bisa membuat ambeien atau wasir Anda semakin parah. Zat-zat yang terkandung dalam cabai yang pedas bisa membuat luka pada dubur menjadi semakin parah. Oleh karena itu, hindarilah mengkonsumsi makanan-makanan yang serba pedas, seperti sambal, kari, hingga rending.

  1. Makanan Asam
BACA  Ciri Ciri Penderita Terkena Penyakit Batu Ginjal

Selain makanan yang serba pedas, Anda juga tidak disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mempunyai kadar asam yang tinggi. Sama seperti makanan yang serba pedas, makanan yang asam sangat tidak baik untuk pencernaan. Jika pencernaan terganggu, bisa berdampak negatif pada bagian dubur yang terserang wasir.

  1. Makanan Berlemak

Pantangan makanan penyakit ambeien selanjutnya adalah makanan-makanan berlemak. Makanan berlemak yang biasa dimasak dengan santan wajib hukumnya untuk dihindari. Kandungan lemak yang tinggi bisa memperparah luka pada bagian dubur yang sudah terinfeksi. Maka dari itu, hindarilah masakan-masakan berkuah santan atau daging-dagingan.

  1. Buah Apel dan Jeruk

Buah-buahan segar dan berserat menjadi makanan yang sangat disarankan untuk dikonsumsi para penderita wasir. Namun tak semua buah-buahan bisa bebas dikonsumsi. Ada beberapa jenis buah yang menjadi pantangan untuk ambeien, diantaranya adalah apel dan jeruk.

Seperti yang diketahui, apel dan jeruk merupakan buah yang memiliki kadar kemasaman yang cukup tinggi. Rasa asam dari kedua buah tersebut bisa membuat luka pada dubur akibat ambeien menjadi lebih parah. Oleh karena itu, hindari apel dan jeruk.

  1. Jeroan

Bagi Anda yang menderita wasir, ucapkan selamat tinggal kepada aneka olahan jeroan. Jeroan merupakan salah satu pantangan yang tidak boleh dikonsumsi oleh para penderita wasir. Kandungan lemak dan kolesterol yang sangat tinggi menjadikan jeroan menjadi musuh utama bagi para penderita ambeien atau wasir.

Nah, itu tadi beberapa pantangan ambeien yang bisa dijadikan referensi dan pembelajaran jika Anda atau kerabat Anda terkena penyakit ambeien. Anda sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang telah disebutkan di atas. Sebaiknya, penderita ambeien mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung banyak serat agar bisa cepat sembuh.

Related to Pantangan Makanan Penderita Penyakit Ambeien