Pantangan Makanan Penderita Penyakit Asam Urat

Post On: 1 June 2017
June 1, 2017

Pantangan Makanan Penderita Penyakit Asam Urat – Ketika asam urat didalam tubuh manusia berada diatas ambang batas normal, hal ini dikarenakan zat purin didalam tubuh yang terlalu tinggi. Ada banyak faktor yang menjadi penyebab mengapa zat purin didalam tubuh manusia terlalu tinggi. Beberapa faktor tersebut yang menjadi penyebab zat purin didalam tubuh terlalu tinggi adalah karena konsumsi makanan yang terlalu tinggi kandungan kolesterol, konsumsi makanan yang terlalu tinggi kandungan garam atau yang lainnya.

Bagi Anda yang memang mengalami kondisi dimana zat purin didalam tubuh terlalu tinggi, ada beberapa pantangan makanan penderita penyakit asam urat yang Anda perlu tahu dan tentu saja Anda perlu jauhi. Apa sajakah pantangan makanan penderita penyakit asam urat tersebut? Disini kami akan berikan informasi lengkapnya untuk Anda!

Pantangan Makanan Penderita Penyakit Asam Urat

Pantangan Makanan Penderita Penyakit Asam Urat

Seperti yang kami telah jelaskan di muka bahwa penyakit asam urat ada karena kandungan purin didalam tubuh yang terlalu tinggi dimana sebenarnya setiap manusia didalam tubuhnya pasti memiliki kandungan purin namun jika dalam kondisi abnormal atau berlebih tentunya akan membuat ginjal tak akan mampu mengeluarkan zat tersebut.

Akibatnya penderita asam urat akan mengalami penumpukan purin di persendiannya. Hal ini dapat memberikan dampak nyeri, bengkak dan juga meradang serta efek-efek lainnya. Lantas apa saja pantangan makanan penderita penyakit asam urat?

Jeroan

Jeroan memang punya cita rasa yang nikmat bahkan kalau disantap bersama nasi hangat terasa benar-benar meleleh di lidah. Akan tetapi jeroan ini kurang baik jika digunakan untuk dikonsumsi mereka yang menderita penyakit asam urat karena didalam jeroan terdapat kandungan purin yang sangat tinggi.

BACA  Cara Tradisional Memutihkan Gigi yang Kuning Secara Alami

Seafood

Anda salah satu pecinta makanan seafood? Apapun jenis seafoodnya baik itu udang, cumi – cumi, sotong, kerang,  remis, tiram, kepiting, ikan teri dan juga ikan sarden sangat tidak baik dikonsumsi penderita penyakit asam urat karena dapat menimbulkan penumpukan purin didalam darah.

Daging-dagingan

Didalam daging sebenarnya terdapat kandungan lemak, kolesterol dan juga purin yang tinggi. Seperti daging kambing, daging sapi dan juga daging kuda. Karena itu ada baiknya penderita penyakit asam urat menghindari makanan daging-dagingan tersebut.

Kacang-kacangan

Kacang – kacangan memang bahan alami yang kaya khasiat dan sangat baik dikonsumsi tubuh. Akan tetapi bagi penderita penyakit asam urat tentu saja kacang- kacangan tidak baik dikonsumsi karena dapat menimbulkan purin melonjak tinggi nantinya. Ketika penderita asam urat mengonsumsi kacang-kacangan rasa nyeri akan semakin parah dirasakan. Mulai dari kacang kedelai, kacang tanah, kacang hijau, emping atau olahan-olahan kacang seperti tempe, taoco dan lainnya.

Buah-buahan tertentu

Didalam buah-buahan seperti durian, air kelapa dan juga nanas terdapat kandungan purin yang tinggi karena itu buah-buahan seperti ini sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi penderita penyakit asam urat.

Karena itu Anda yang menderita penyakit asam urat sangat perlu menghindari beberapa ragam makanan penyebab asam urat tersebut. Semoga informasi yang kami berikan diatas mengenai Pantangan Makanan Penderita Penyakit Asam Urat bermanfaat.

Sharing is caring!

Tags: , ,

Related to Pantangan Makanan Penderita Penyakit Asam Urat