Pengertian Anemia Aplastik dan Pernisiosa Menurut Ahli

Post On: 22 November 2015
July 30, 2016

Pernahkah anda mengalami gejala seperti lesu, bagian mata yang memucat dan tubuh merasa lemas? Jika pernah maka kemungkinan anda menderita anemia. Anemia lebih sering dikenal sebagai kelainan karena kekurangan sel darah merah yang ada pada tubuh.

Anemia ini ada berbagai macam jenisnya dan bisa menyerang laki-laki maupun perempuan. Untuk lebih memahami tentang anemia, berikut ini ada pengertian tentang anemia dan macam-macamnya. Baik secara umum atau menurut ahli.

Pengertian Anemia

Anemia adalah Jumlah sel darah merah atau hemoglobin (protein pembawa oksigen) pada sel darah merah berada di bawah normal. Hemoglobin ini berfungsi mengangkut oksigen dari jantung dan mengantarkannya ke seluruh tubuh.

pengertian-anemia-menurut-ahli

Sehingga beberapa bagian tubuh akan kekurangan pasokan oksigen dan lemas. Anemia merupakan penyakit darah yang paling sering ditemukan. Penyebab anemia tersering adalah sel darah merah yang rusak dalam jumlah banyak, perdarahan yang berlebihan atau kurangnya sel darah merah.

Anemia seringkali menimpa ibu yang tengah mengandung. Meskipun berbahaya, anemia pada ibu hamil tetap bisa diatasi. Berikut ini pengertian anemia pada ibu hamil dan penjelasannya.

Pengertian Anemia pada Ibu Hamil

Anemia pada ibu hamil disebabkan karena peningkatan jumlah plasma dan eristrosit. Plasma akan meningkat 3 kali lipat dari jumlah eritrosit sehingga menurunkan perbandingan hemoglobin-hematokrit. Anemia pada ibu hamil sebenarnya merupakan kondisi normal atau fisiologis.

Tetapi meskipun demikian bisa menyebabkan gangguan pada ibu dan janin jika tidak ditangani secara cepat. Seorang ibu hamil dikatakan mengidap anemia jika kadar Hb kurang dari 11 gr/dl pada trisemester pertama dan ketiga.

Penyebab utama terjadi anemia pada ibu hamil antara lain adanya ganggaun pada produksi hemoglobin karena penyakit tertentu atau karena kurang zat besi. Sedangkan penyebab lainnya yaitu infeksi parasit, kegagalan sumsum tulang atau penyakit tertentu.

BACA  Beberapa Penyebab Asam Urat Tinggi Dalam Tubuh

Pengertian Anemia Aplastik

Anemia aplastik merupakan kondisi dimana tubuh berhenti memproduksi sel darah baru dalam jumlah yang cukup. Hal ini disebabkan sumsum tulang mengalami kerusakan sehingga tidak bisa memproduksi sel darah baru.

Sumsum tulang ialah material yang menghasilkan sel induk atau stem cell yang akan berubah menjadi sel-sel yang lain. Sumsum tulang ini, pada anemia aplastik, mengalami aplastik (kosong) sehingga sel darah yang diproduksi sangat sedikit.

Pengertian Anemia Pernisiosa

Anemia pernisiosa adalah penyakit yang disebabkan berkurangnya produksi sel darah merah karena defisiensi vitamin B12 dan asam folat. Fungsi vitamin B12 adalah membentuk sel darah merah dalam susmsum tulang yang aktif. Kekurangan vitamin B12 ini bisa disebabkan kurangnya konsumsi nutrisi yang mengandung vitamin tersebut atau ketidakmampuan tubuh menyerap vitamin B12 dari pencernaan.

Pengertian Anemia Menurut Para Ahli

Suatu kondisi dimana jumlah hemoglobin dan eritrosit atau sel darah merah kurang dari normal. Hemoglobin dalam sel darah merah mengangkut oksigen dari paru-paru dan mengedarkannya ke seluruh tubuh. Seseorang divonis menderita anemia jika konsentrasi Hemoglobin (Hb) kurang dari 13,5 G/DL (laki-laki) dan 11,5 G/DL (untuk perempuan) serta level hematokrit yang kurang dari 41% (laki-laki) dan 36% (perempuan).

Itulah beberapa pengertian anemia yang perlu diketahui. Anemia bisa diatasi jika tahu penyebabnya. Misalnya jika anemia karena perdarahan akibat kecelakaan maka dilakukan transfusi dan jika terjadi anemia karena kekurangan nutrisi maka bisa diatasi dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi. Anemia pada dasarnya tidak terlalu berbahaya jika masih ringan namun dapat mengganggu aktivitas karena kondisi tubuh yang lemas.

Tags: , , , , , , , ,

Related to Pengertian Anemia Aplastik dan Pernisiosa Menurut Ahli