Pengobatan Batu Ginjal Secara Tradisional

Post On: 27 December 2015
July 30, 2016

Mahalnya biaya operasi dan obat-obatan serta rasa takut pada proses pembedahan, membuat pengobatan batu ginjal secara tradisional hingga kini masih banyak dilakukan oleh para penderita batu ginjal. Apalagi proses pengobatan secara tradisional selama ini terbukti ampuh jika dilakukan secara rutin.

Terlepas dari pilihan cara pengobatan yang dilakukan, pengendapan batuan kristal yang dinamakan batu ginjal memang harus ditangani dengan serius, baik dengan pengobatan medis maupun pengobatan secara tradisional terhadap batu ginjal.

Sebab keberadaan batu ginjal tidak hanya menimbulkan rasa sakit dan mengeluarkan darah pada saat kencing, tapi juga menghalangi cairan racun yang akan dikeluarkan dari tubuh sehingga menyebabkan gagal ginjal yang dapat mengancam jiwa penderita.

Pengobatan Secara Tradisional terhadap Penyakit Batu Ginjal

pengobatan-batu-ginjal-secara-tradisional

Menurut sebuah penelitian, penderita gagal ginjal yang ada di Indonesia saat ini sebanyak lebih dari 50 ribuan, dan dari jumlah tersebut hanya sekitar 40.000 orang yang mampu melakukan cuci darah disebabkan karena mahalnya biaya pengobatan.

Untuk itulah, sebelum batu ginjal merusak fungsi ginjal, sebaiknya dilakukan pengobatan sejak dini. Jika pengobatan dengan cara medis tidak mampu dilakukan karena keterbatasan biaya, gunakan pengobatan tradisional terhadap batu ginjal, karena hasilnya juga sama jika pengobatan dilakukan secara rutin.

Beberapa herbal untuk pengobatan batu ginjal secara tradisional diantaranya adalah:

  1. Kumis Kucing

Kandungan garam kalium dan ortosifonin yang terdapat pada daun kumis kucing, membuatnya bermanfaat dalam melarutkan fosfat, oksalat, serta asam urat yang terdapat dalam ginjal sehingga dapat mencegah terjadinya pengendapan batu ginjal.

Selain itu, dengan sifat anti-peradangan yang dimiliki, kumis kucing juga dapat membantu kelancaran keluarnya air seni. Pengobatan tradisional batu ginjal dengan memanfaatkan kumis kucing dilakukan dengan cara merebus daun kumis kucing dan meminum air rebusannya secara rutin.

  1. Ramuan Cuka Apel, Jeruk Lemon dan Minyak Zaitun

Selain mengurangi rasa nyeri saat kencing dan rasa sakit pada bagian pinggang yang dirasakan penderita batu ginjal, ramuan cuka apel, jeruk lemon dan minyak zaitun juga dapat meluruhkan batu ginjal jika diminum secara rutin. Cara membuatnya dengan mencampur ketiga bahan tersebut ditambah air secukupnya.

  1. Daun Sukun
BACA  Ciri Ciri Gejala Orang Penyakit Anemia dan Penyebabnya

Daun sukun juga dapat mengobati batu ginjal secara tradisional, bahkan dapat mengembalikan fungsi ginjal yang rusak, tentunya secara bertahap dan dalam tempo yang relatif lama. Pembuatan ramuan daun sukun dilakukan dengan merebus 5 – 6 lembar daun sukun ke dalam air, hingga daun tersebut hancur di dalam air. Biarkan sejenak sampai dingin, saring dan buang ampasnya, serta minum air ramuan sehari dua kali setelah makan.

  1. Jeruk Nipis

Meminum air perasan jeruk nipis yang dicampur dengan air hangat, juga dapat meluruhkan batu ginjal serta mengembalikan fungsi ginjal yang rusak.

  1. Kacang Merah

Herbal lainnya yang dapat meluruhkan batu ginjal adalah kacang merah. Pemanfaatannya dilakukan dengan cara merebus kacang merah hingga matang, dan menggunakan air rebusannya yang telah disaring untuk diminum dalam keadaan hangat.

  1. Kacang Polong

Selain kacang merah, kacang polong juga dapat dipakai untuk mengobati batu ginjal, hanya saja cara pemanfaatannya yang berbeda. Jika kacang merah diambil air rebusannya, maka untuk kacang polong yang dikonsumsi adalah kacangnya yang telah direbus selama sekitar 6 jam dan membiarkannya terlebih dahulu hingga dingin sebelum dimakan.

  1. Seledri

Daun seledri yang dijadikan teh dapat mengurangi risiko pembentukan ginjal serta berfungsi sebagai tonik untuk memperkuat fungsi  ginjal.

Demikian pengobatan batu ginjal secara tradisional yang dapat dijadikan sebagai alternatif untuk mengatasi batu ginjal. Untuk memperoleh hasil sesuai yang diharapkan, lakukan pengobatan secara rutin dan penuh kesabaran, sebab butuh rentang waktu yang relatif lama dibandingkan pengobatan dengan menggunakan cara medis.

Baca Juga :

Gejala Sakit Gagal Ginjal Awal , Kronis dan Akut

Pertolongan Pertama pada Penderita Asma Kambuh

Pantangan Bagi Penyakit Asam Urat

Ciri Ciri Gejala Orang Penyakit Anemia

Related to Pengobatan Batu Ginjal Secara Tradisional