Penyakit Lupus Berbahaya Atau Tidak?

Post On: 24 March 2018
March 24, 2018

Apa Itu Penyakit Lupus?

Penyakit lupus adalah merupakan sebuah penyakit yang menyerang imun manusia. Penyebab penyakit lupus adalah karena adanya peradangan yang telah kronis dan membuat kekebalan tubuh menyerang kita. Terdengar membingungkan namun kenyataannya memang begitu. Pada umumnya sistem imun itu melindungi tubuh kita dari zat asing yang sudah masuk di dalam tubuh kita, namun pada keadaan penyakit ini, justru sistem imun yang justru berbondong– bondong menyerang tubuh kita. Hal ini disebabkan karena sistem imun kita kehilangan kemampuannya untuk membedakan mana zat asing dan sel tubuh kita sendiri.

Apakah berbahaya? Tentu saja. Bahkan bisa dikatakan bahwa penyakit lupus ini adalah penyakit pertarungan seumur hidup karena sampai saat inipun masih belum ada keterangan para ahli yang menyebutkan adanya obat untuk mengatasi penyakit lupus secara ampuh.

Sampai saat ini hanya ada cara untuk meminimalisir dampak penyakit lupus berkembang luas. Lalu sebenarnya mengapa penyakit lupus ini tergolong penyakit yang mematikan?

Penyakit Lupus

Benarkah Penyakit Lupus Mematikan?

Ya, penyakit lupus adalah juga merupakan salah satu penyakit yang notabenenya sangat membahayakan. Di dunia ini saja orang yang sakit lupus mencapai sekitar 5 juta orang bahkan bisa juga lebih dari 100 ribu kasus yang terjadi tentang penyakit lupus didalam satu tahun. Penyakit lupus ini berbanding terbalik dengan penyakit AIDS.

Jika penyakit AIDS ini menyerang tubuh dan kemudian melemahkan imun penderita sementara kalau penyakit lupus akan membuat tubuh penderita kebanyakan imun yang akhirnya imun tersebut malah berbalik menyerang tubuh penderita sendiri.

Nantinya penyakit lupus yang menyerang antibodi akan menimbulkan sebuah reaksi pada kulit penderita. Dan pada umumnya akan ditandai pada bagian hidung dan juga pipi yang tiba – tiba berubah warna menjadi warna yang merah. Nantinya warna merah yang timbul pada penderitanya dapat berupa bercak atau dapat menyerupai ruam. Penyakit ini dapat menyerang organ bahkan ketika menyerang organ tertentu akan timbul gejala yang menyerupai penyakit lainnya.

Penyakit yang satu ini juga sangat membahayakan karena imunitas yang nantinya akan menyerang balik tubuh penderita memiliki sekitar 3 jenis yang dibedakan sesuai dengan organ yang diserang olehnya. Beberapa jenis lupus diantaranya Cutaneus Lupus yaitu penyakit lupus yang paling ringan dan hanya menyerang pada bagian kulit saja.

Sementara jenis kedua yaitu System Lupus Erythematosus yaitu lupus yang menyerang beragam organ tubuh bagian dalam seperti jantung, darah, ginjal dan juga dapat menyerang otak. Jenis selanjutnya yaitu drug induced lupus yaitu jenis penyakit lupus yang disebabkan karena mengonsumsi obat dengan kandungan zat kimia tertentu didalamnya.

Kalau jenis yang ketiga dapat disembuhkan dengan berhenti mengonsumsi obat yang bersangkutan. Dalam hal penyembuhan penyakit lupus disarankan untuk memperhatikan pola makan harian karena sangat berpengaruh pada kesembuhan penderita.

Demikian sedikit informasi yang kali ini bisa kami berikan untuk Anda. Semoga informasi diatas mengenai Penyakit Lupus bermanfaat. Kami berharap pembaca menjadi mengerti dan mengetahui apakah penyakit lupus berbahaya atau tidak.

Sharing is caring!

Tags: ,

Related to Penyakit Lupus Berbahaya Atau Tidak?