Penyebab Alergi Udara Dingin Pada Kulit Manusia

Post On: 22 November 2015
July 30, 2016

Sebagian orang tidak tahan dengan udara dingin yang menyerang tubuhnya. Kondisi ini dinamakan dengan alergi dingin. Orang yang menderita alergi dingin ini akan menunjukkan gejala yang beragam mulai gatal-gatal pada kulit sampai dengan demam.

Alergi dingin bisa diatasi dengan beberapa cara yaitu dengan berendam dalam air hangat agar suhu tubuh dapat meningkat dan menetralisir hawa dingin sekitar. Bisa juga dengan mengkonsumsi obat-obatan yang mengandung anti histamin agar gejala alergi bisa mereda.

Yang paling penting dalam mengatasi alergi dingin adalah mengetahui penyebab alergi dingin dan apa penyebab alergi dingin yang dapat menyebabkan alergi. Dengan mengetahui penyebab, penderita alergi dapat mengantisipasi terjadinya alergi.

Penyebab Alergi Udara Dingin pada Kulit

penyebab-alergi-dingin-pada-kulit

Berikut ini adalah penyebab alergi udara dingin yang biasanya menyerang seseorang:

  • Musim hujan akan membuat jumlah jamur dan bakteri semakin meningkat. Banyaknya jumlah bakteri dan jamur ini menyebabkan kulit terasa gatal. Inilah salah satu penyebab alergi dingin pada kulit. Karena itu, bersihkan kulit secara teratur agar jamur dan bakteri bisa lenyap.
  • Kelembaban udara yang meningkat. Udara yang lembab akan menyebabkan kulit bertambah sensitif sehingga kulit lebih peka terhadap rasa dingin. Biasanya ini terjadi saat musim hujan dimana kelembaban udara naik secara tiba-tiba dan menyebabkan alergi dingin pada beberapa orang.
  • Rumah yang cuacanya dingin. Tinggal di rumah yang memiliki cuaca dingin akan membuat potensi untuk menderita alergi dingin meningkat. Sebagian rumah memiliki udara yang dingin misalnya pada rumah yang atapnya tinggi atau langit-langitnya tinggi. Suhu udara di dalamnya cenderung lebih dingin daripada suhu udara di luar. Inilah yang dapat menyebabkan cuaca dingin.
  • Sistem imun yang rendah. Sistem imun juga bisa menjadi penyebab alergi dingin. Ini terjadi saat seseorang sedang tidak dalam kondisi yang fit. Alergi dingin akan muncul bila daya tahan tubuh anda sedang tidak maksimal sehingga kulit akan terasa gatal dan bengkak. Gejala berupa rasa gatal dan bengkak ini timbul karena tubuh akan mengeluarkan histamin secara berlebihan supaya tubuh tidak merasakan dingin lagi.
  • Suhu tubuh yang berbeda dengan suhu sekitar. Suhu tubuh manusia terkadang lebih tinggi daripada suhu sekitar sehingga kedinginan dan menyebabkan alergi.
BACA  Cara Mengatasi Penyakit Tulang Osteoporosis Dini Secara Alami

Alergi dingin juga bisa disebabkan oleh penyakit atau gangguan kesehatan seperti hepatitis dan kanker. Kedua penyakit berbahaya tersebut bisa meningkatkan resiko alergi dingin. Selain itu, alergi dingin dapat disebabkan oleh keturunan.

Meskipun ini jarang terjadi, tapi orang tua yang memiliki riwayat alergi dingin biasanya akan menurun pada anaknya. Anak yang terlahir dari orang tua yang menderita alergi dingin mempunyai resiko terkena alergi lebih tinggi daripada anak yang tidak terlahir dari orang tua yang menderita alergi.

Infeksi juga bisa menyebabkan alergi dingin. Orang yang sedang terkena infeksi lebih berpotensi menderita alergi dingin dan mereka lebih sensitif terhadap udara dingin. Alergi dingin juga bisa dialami oleh orang yang tengah menderita infeksi seperti radang paru-pari atau pneumonia.

Faktor usia. Biasanya anak-anak dan remaja lebih rentan terkena alergi dingin tetapi biasanya alergi ini bisa menghilang beberapa tahun kemudian. Penyebab alergi dingin pada anak biasanya karena berenang di air dingin, konsumsi makanan dan minuman dingin, menyentuh benda dingin dan keringat yang menguap dari kulit. Reaksi alergi dingin pada anak muncul karena histamin dan zat kimia lain dilepaskan akibat pengaruh cuaca dingin.

Tags: , , , , , , , ,

Related to Penyebab Alergi Udara Dingin Pada Kulit Manusia