Penyebab Autis Hiperaktif pada Anak dalam Kandungan

Post On: 21 January 2016
July 30, 2016

Autisme merupakan suatu hal yang kadang menghantui para orang tua yang memiliki anak balita. Pemahaman tentang autisme harusnya dimiliki oleh para orang tua, dari gejala hingga penyebabnya. Sayangnya, belum banyak dari orang tua yang tahu mengenai penyebab anak autis ataupun gejala – gejalanya.

Dalam dunia medis, autis atau autisme sudah dikenal lama sebagai salah satu gangguan perkembangan syaraf pada anak. Gangguan pada perkembangan syaraf tersebut membuat anak kesulitan dalam berinteraksi maupun bersosialisasi dengan orang lain.

Gejala autisme sudah bisa dilihat pada anak yang masih balita. Anak-anak yang belum genap berusia 5 tahun biasanya sangat rentan mengidap autisme. Gejala-gejala yang bisa dilihat seperti; tidak bisa mengucapkan satu patah kata meski sudah berusia 3 tahun, menghindari kontak mata, tidak suka kontak fisik hingga melakukan suatu hal berulang-ulang.

Penyebab Autis dan Hiperaktif pada Anak dalam Kandungan

penyebab-autis-pada-anak-dalam-kandungan

Jika Anda memiliki anak berusia di bawah lima tahun yang mengalami gejala-gejala seperti yang sudah disebutkan, ada baiknya untuk segera membawanya ke dokter. Penanganan awal sangat penting karena akan menentukan apakah anak Anda mengidap autisme atau tidak.

Jangan sedih atau putus asa jika memang akhirnya anak Anda benar-benar mengidap autisme. Sebagai orang tua Anda harus sabar dalam mendidik anak tersebut agar bisa berkembang dengan baik. Untuk itulah pemahaman tentang autisme harus dimiliki oleh para orang tua maupun calon orang tua.

Baca Juga :

Obat Bisul Alami untuk Anak – Anak

Obat Batuk Kering untuk Anak – Anak

Ciri Ciri Penyakit Asma pada Anak

Salah satu hal yang mesti diketahui oleh para orang tua adalah penyebab autis pada anak. Mengetahui penyebab autis pada anak sangat berguna untuk langkah pencegahan. Berikut ini beberapa penyebab autis pada anak.

  1. Genetik

Salah satu faktor terbesar penyebab anak autis adalah faktor genetik atau keturunan. Menurut penelitian National Institute di Amerika, orang tua yang melahirkan anak autis memiliki peluang yang lebih besar untuk melahirkan anak autis lainnya. Jika mempunyai garis keturunan yang memiliki pengidap autis, kemungkinan untuk melahirkan anak yang juga mengidap autis cukup besar. Faktor gen ini bisa dibilang sebagai penyebab anak autis dalam kandungan.

  1. Penggunaan Obat-obatan
BACA  Penyebab Batuk Berdahak Pada Anak Kecil

Pemberian berbagai macam jenis obat-obatan kepada anak yang masih berusia di bawah 5 tahun juga bisa menjadi penyebab autisme. Banyak orang tua yang salah kaprah dan memberikan obat-obatan tanpa anjuran dokter kepada anak balitanya. Hal ini tentu sangat tidak direkomendasikan karena bisa membuat gangguan pada sistem syaraf anak Anda, hingga bisa mengidap autisme. Oleh karena itu, jangan sekali-kali memberikan obat-obatan yang tidak dianjurkan oleh dokter.

  1. Usia Orang Tua

Usia orang tua juga bisa menjadi penyebab anak menjadi autis. Usia dari kedua orang tua, terutama sang ibu yang sudah menginjak umur 40 tahun lebih, sangat berpotensi untuk melahirkan anak yang mengidap autisme. Hal ini sangat terkait dengan mutasi gen pada usia orang tua yang tak lagi produktif di usia-usia 40 hingga 50 tahun tersebut. Untuk itulah perencanaan kelahiran anak sangat dibutuhkan.

  1. Lingkungan

Faktor lingkungan juga berpengaruh terhadap perkembangan anak. Lingkungan sekitar atau gaya hidup orang tua yang tidak sehat bisa menjadi pemicu autisme pada anak. Pola makan yang tak beraturan, polusi udara di lingkungan tepat tinggal, hingga pengaruh didikan orang tua sangat berpotensi untuk membuat anak mengidap autisme.

Pola lingkungan dengan berbagai cara kehidupannya dapat membentuk karakter dan kebiasaan anak sehingga terkadang didapat seorang anak yang pasif namun dilingkungan yang lain ada anak yang hiperaktif. Lingkungan inilah menjadi penyebab anak autis dan hiperaktif, jadi jika ingin Anak Anda lebih aktif cobalah melibatkannya untuk interaksi aktif dilingkungan.

Itu tadi beberapa contoh penyebab anak autis yang mesti kita ketahui. Pengetahuan tentang autisme memang wajib dimiliki oleh para orang tua. Mengetahui seluk beluk tentang autisme berguna untuk mencegah anak kita mengidap gejala ini maupun membantu kita dalam membimbing anak kita yang mengidap autisme tersebut agar bisa tumbuh dengan lebih baik.

Related to Penyebab Autis Hiperaktif pada Anak dalam Kandungan