Penyebab Batuk Berdahak Pada Anak Kecil

Post On: 5 March 2017
March 5, 2017

Ketika anak sedang mengalami sakit tentu saja bunda akan merasa bingung dan pusing tujuh keliling mengatasi masalah sakit yang dialami anak. Jangankan ketika demam, kadang anak kita sedang batuk saja bisa membuat kita pusing tujuh keliling untuk mengatasinya. Karena memang kasihan kalau melihat anak–anak sedang batuk. Rasanya capek sekali ia merasakan batuk yang membuatnya jadi susah tidur. Apalagi kalau batuknya berdahak. Itu sebabnya kita perlu tahu tentang Penyebab Batuk Berdahak Pada Anak Kecil.

Penyebab Batuk Berdahak Pada Anak Kecil

Lalu bagaimana ya cara untuk mengatasi batuk pada anak utamanya ketika anak batuk berdahak? Eits, bunda sebelum bunda atasi batuk pada anak, bunda terlebih dahulu harus tahu dulu apa yang membuat anak batuk. Ada banyak sekali Penyebab Batuk Berdahak Pada Anak Kecil. Bunda mau tahu apa saja penyebab batuk pada anak tersebut? Disini kami akan berikan informasi lengkapnya untuk Anda bunda!

Penyebab Batuk Berdahak Pada Anak Kecil

Mari kita bahas beberapa penyebab batuk berdahak pada anak kecil yang biasanya suka terjadi di lingkungan keluarga. Beberapa penyebab batuk berdahak pada anak kecil diantaranya :

Radang tenggorokan

Peradangan memang merupakan penyebab umum penyakit batuk pada anak. Radang dapat menyebabkan anak mengalami batuk kering dan juga batuk berdahak. Hal ini karena adanya gangguan pada saluran nafas yang dapat membuat tubuh anak jadi tidak nyaman dan secara reflek ingin menumpas hal tersebut dan dengan cara batuk.

Infeksi saluran pernapasan atas

ISPA atau infeksi saluran pernapasan atas ini juga menjadi salah satu sebab batuk terjadi pada anak. Infeksi ini bisa terjadi karena bakteri atau virus seperti Mycoplasma pneumoniae, respiration syncytial virus chlamydiam pneumonia dan juga adenovirus. Infeksi yang satu ini juga dapat diakibatkan karena gejala lain seperti TBC, sinusitis, dan juga karena bronkhitis.

BACA  Cara Mengatasi Masalah Keracunan Makanan pada Anak

Udara kotor

Polusi kendaraan atau juga asap rokok juga termasuk udara kotor yang dapat menyebabkan batuk terjadi pada anak. Kedua benda ini sangat tidak bersahabat pada saluran nafas anak karena hal ini dapat memicu iritasi dan juga masalah radang. Bunda perlu usahakan untuk jaga anak dari polusi ini agar supaya tidak mudah terserang batuk.

Asam lambung

Asam lambung juga menjadi salah satu penyebab batuk berdahak pada anak. Hal ini terjadi ketika asam lambung pada anak tiba-tiba naik dan mengganggu tenggorokan. Kejadian yang seperti ini sering membuat anak tidak nyaman bahkan tiba–tiba terbangun dari tidurnya.

Banyaknya lendir di tenggorokan

Ketika pada tenggorokan terlalu banyak lendir juga dapat mengakibatkan batuk. Mereka yang terkena sinusitis juga bisa memproduksi lendir lebih banyak sehingga batuk berdahakpun muncul pada anak.

Demikian sedikit informasi yang kali ini bisa kami berikan untuk Anda. Semoga informasi diatas mengenai Penyebab Batuk Berdahak Pada Anak Kecil bermanfaat. Kenali penyebabnya dan atasi segera.

Sharing is caring!

Tags: ,

Related to Penyebab Batuk Berdahak Pada Anak Kecil